Tim Penyusun Akan Kaji Ulang TPP Nakes Tabalong

H Jurni : Jangan Ada yang Dirugikan Karena Lemahnya Kebijakan

TANJUNG, kontrasonline.com – Seperti yang dijanjikan Komisi 1 DPRD Tabalong beberapa waktu lalu, Wakil Rakyat di Bumi Saraba Kawa kembali memanggil Dinas Kesehatan dan tim penyusun Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi ASN lingkup Dinas Kesehatan (Dinkes), Rumah Sakit Umum Daerah dan Puskesmas.

Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Tabalong Hj. Rini Irawanty  menuturkan tim penyusun akan melakukan evaluasi terhadap TPP.

“Tim perumus akan melakulan kaji ulang, mudah-mudahan hasilnya sesuai dengan harapan kawan-kawan tenaga kesehatan (Nakes)” ujarnya pada kontrasonline.com usai rapat kerja, Selasa (23/5) siang.

Rini mengatakan apa yang diinginkan Nakes juga mendapat dukungan dari komisi 1.

“Komisi 1 mendukung dan sangat setuju. Ini hak mereka, sesuai dengan pengorbanan dan kinerjanya” tandasnya.

Disisi lain, Ia juga menyayangkan kepala Puskesmas tidak dilibatkan oleh tim penyusun dalam pembahasan TPP serta tidak diberi sosialisasi terkait TPP yang diputuskan sebelumnya.

“Karena Kepala Puskesmas tidak dilibatkan dan diberi sosialisasi makanya tidak bisa memberi penjelasan pada jajaran dibawahnya” bebernya.

Rini juga menegaskan pihaknya akan memanggil Dinkes maupun Tim penyusun TPP apabila sudah selesai membuat rumusan.

“Kita akan panggil lagi untuk minta keterangan bagaimana hasilnya” tegasnya.

“Untuk pertemuan berikutnya kami juga akan memanggil perwakilan Nakes untuk diskusi di forum untuk mengetahui kondisi dilapangan” timpalnya.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua DPRD Tabalong, Jurni, SE.

Jurni menegaskan apa yang disampaikan oleh perwakilan Nakes di dalam forum rapat sudah sangat jelas.

“Perwakilan Nakes sudah sangat jelas menyampaikan perhitungannya, mereka hanya menuntut itu, tidak lebih. Kalau ASN lain ada kenaikan mereka jua harus sama kenaikannya” tandasnya.

“Jangan ada yang dirugikan karena lemahnya kebijakan yang tim lakukan. Sebagai wakil rakyat kami akan perjuangkan hak-hak mereka. Anggaran terkait hal ini sudah kami setujui terhitung Januari 2023” sambungnya.

Terpisah, Sekretaris Dinkes Tabalong H. Ahmad Rivai, SKM, M.Kes, M.Si menyatakan akan ada kenaikan TPP bagi Nakes bagi pegawai dilingkup Dinkes dan jajarannya.

“Setelah dihitung ulang ada rencana kenaikan meski tidak terlalu tinggi, ada penyesuaian” katanya.

Ia menambahkan usulan dari Nakes diakomodir sambil menghitung kemampuan keuangan daerah.

Disinggung apa pembayarannya nanti bisa berlaku surut, Rivai mengatakan hal tersebut tergantung tim penyusun menghitungnya seperti apa.

“Tergantung tim nanti menghitungnya seperti apa. Dinkes tidak termasuk di dalam tim penyusun tapi kita akan proaktif memberi masukan” jelasnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setda Tabalong Subhan menerangkan tim penyusun akan menindaklanjuti hasil pertemuan ini.

“Sesuai arahan Bupati kita akan hitung kembali TPP Nakes ini sesuai ketentuan yang berlaku. Tergantung izin dari Kemendagri apa bisa di anggaran perubahan ini, kalau tidak bisa kita masukan di tahun 2024” terangnya.

Subhan menegaskan Bupati Tabalong mendukung dan mengarahkan supaya dilakukan proses sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kalau bisa tidaknya berlaku surut kita cari aturan hukumnya, mudah-mudahan bisa. Kita akan konsultasi dengan bidang Hukum provinsi” imbuhnya.

Ia merincikan tim penyusun terdiri dari Bappedalitbang, Bapenda, BPKAD, Diskominfo dan Setda bagian Hukum, Ortal, Asisten dan diketuai oleh Sekda.

Kepala BPKAD Tabalong Husin Anshari memaparkan dari sisi keuangan daerah posisi belanja pegawai saat ini berada di 31,38 persen.

“Oleh Kemendagri dibatasi, range untuk belanja pegawai sampai tahun 2025 dikisaran 30- 35 persen” ungkapnya.

Husin pun mengatakan tim penyusun akan coba menghitung terhadap formula yang ada dan mengkonsultasikannya ke Kemendagri.

“Keputusan terakhir rekomendasi Kemendagri. Setelah formulasi ini selesai akan disampaikan ke Kemendagri untuk mendapat rekomendasi” ucapnya.

Dari sisi keuangan daerah, kenaikan TPP ini tidak bermasalah.

“Secara APBD tidak masalah, keuangan daerah mencukupi” pungkas Husin. (Boel)

Artikel terkait

DPRD Tabalong Paripurnakan Pengunduran Diri Wabup

TANJUNG, kontrasonline.com - Menanggapi  permohonan pengunduran diri Wakil Bupati Tabalong H. Mawardi, DPRD Tabalong menggelar Rapat Paripurna ke 8 masa sidang ll tahun 2023. Ketua...

Akhirnya Lokasi Puskesmas Jaro Sepakat di Desa Namun

TANJUNG, kontrasonline.com - Setelah melalui pembahasan panjang dan alot, akhirnya lokasi Relokasi Puskesmas Jaro berhasil disepakati. Kesepakatan secara lisan inipun dituangkan secara tertulis dan dibuat...

Komisi I DPRD Tabalong Ingatkan Kesra Tentang Bantuan Masjid dan Pesantren

TANJUNG, kontrasonline.com - Membahas persoalan dana Hibah untuk Pesantren, Komisi l DPRD Tabalong mengadakan Rapat Kerja dengan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat daerah Tabalong. Ketua...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Hipmi Tabalong Salurkan 15 Ribu Bibit Cabai Tiung Tanjung ke Masyarakat

TANJUNG, kontrasonline.com - 15 ribu bibit cabai tiung Tanjung dibagikan Hipmi Tabalong di wilayah Utara Bumi Saraba Kawa. Bibit tiung Tanjung dibagikan secara simbolis oleh...

Tabalong Minta Dukungan Kementan Promosikan Cabai Tiung Tanjung

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani yakin Tiung Tanjung menjadi Cabai pilihan di Indonesia. Hal itu ia ungkapkan usai pencanangan kampung benih Tiung...

Dua Residivis Narkotika Berulah, Polisi Tabalong Tangkap Kembali Para Pelaku

TANJUNG, kontrasonline.com - Petugas gabungan Polres Tabalong berhasil meringkus dua pria diduga terkait kepemilikan narkotika. Dua pria yang diamankan ini merupakan residivis dalam kasus yang...

Jalin Hubungan dengan Media, PT. Adaro Gelar Press Tour

SEMARANG, kontrasonline.com - PT Adaro Indonesia bersama mitra kerja menggelar press tour bersama awak media kabupaten Tabalong dan Barito Selatan ke kota Semarang Jawa...

Curi Kotak Amal dan Sepeda Motor, Pria Asal Kalteng Dibekuk Polisi Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Satreskrim Polres Tabalong meringkus seorang pria berinisial IN (29) usai diduga melakukan sejumlah pencurian di wilayah Bumi Saraba Kawa. Pria yang merupakan...
error: Maaf, Content is protected !!