Pengembangan Karier, 370 ASN Tabalong Ikuti Assesment

TANJUNG, kontrasonline.com – Ratusan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah kabupaten Tabalong mengikuti kegiatan Assesment atau Penilaian Kompetensi.

Kegiatan ini dibuka langsung Sekda Tabalong, Hj. Hamida Munawarah di wisma tamu Bersinar Pembataan, Senin (22/5).

Kepala BKPSDM Tabalong, H Rusmadi menyampaikan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 370 orang.

“Meliputi seluruh pejabat pengawas, pejabat fungsional hasil penyetaraan dan sebagian pejabat fungsional ahli muda” ucapnya.

Rusmadi menuturkan kegiatan ini berlangsung selama empat hari dimulai tanggal 22 sampai 25 Mei 2023.

“Terdiri enam sesi, penilaian dan pemetaan kompetensinya menggunakan metode Computer Assisted Competency Test (CACT) BKN” tuturnya.

Ia menerangkan tujuan Assesment ini yaitu mengetahui sejauh mana kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan dan perilaku yang perlu dimiliki oleh setiap Pegawai ASN agar dapat melaksanakan tugas secara efektif.

“Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan sumber daya manusia (SDM), sebagai dasar pengembangan karir individu berbasis kompetensi, sebagai salah satu sarana menemukan dan mempersiapkan talenta terbaik untuk mengisi posisi yang mendukung urusan inti organisasi dalam rangka optimalisasi pencapaian tujuan organisasi dan akselerasi pembangunan nasional” terangnya.

Selanjutnya, mendorong peningkatan profesionalisme jabatan, kompetensi dan kinerja talenta serta memberikan kejelasan dan kepastian karier talenta dalam rangka akselerasi pengembangan karier yang berkesinambungan.

“Memastikan tersedianya pasokan talenta untuk menyelaraskan ASN yang tepat dengan jabatan yang tepat pada waktu yang tepat berdasarkan tujuan strategis, misi dan visi organisasi” ujar Rusmadi.

Sementara itu, Sekda Tabalong, Hj Hamida Munawarah menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Tabalong dalam mempersiapkan kader-kader bangsa yang ada di Bumi Sarabakawa untuk memegang jabatan-jabatan yang strategis.

“Tentunya dalam hal membangun daerah serta dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Tabalong, terlebih lagi nantinya Tabalong sebagai salah satu kabupaten Penyangga Nusantara, sudah seyogyanya ASN-ASN kita harus memiliki kualifikasi dan memiliki daya saing kedepannya” ucapnya.

Ia mengatakan sebagaimana pemetaan jabatan merupakan salah satu pekerjaan rumah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Apalagi saat ini dinamika dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, sangat memerlukan kesiapan ASN yang berkompeten dan berdaya saing” katanya.

Ia pun menambahkan seluruh jajaran birokrasi dituntut untuk memiliki kemampuan dan kompetensi sesuai tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan.

“Besar harapan kami agar kegiatan assesment ini benar-benar dimanfaatkan oleh peserta secara maksimal, sehingga hasil yang dicapai nantinya lebih optimal” ujarnya

“Kedepan hasil assessment ini akan menjadi dasar pengembangan karir individu berbasis kompetensi, serta sebagai bahan penyusunan rencana pengembangan kompetensi ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong” pungkas Hamida.

Dalam kegiatan ini, turut dihadiri Wakil kepala BKN RI, Supranawa Yusuf, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN, Bajoe Loedi Hargono, Assesor Ahli Utama Puspenkom BKN, Jules R. M. Sibarani, Kepala Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin, A. Darmuji dan Kabid PDSK BKN, Ria S. (Can)

Artikel terkait

Susun Perencanaan Pembangunan 2025-2045, Pemkab Tabalong Gelar Uji Publik

TANJUNG, kontrasonline.com - Perlindungan lingkungan hidup menjadi dasar rumusan dan implementasi rencana pembangunan daerah. Hal itu disampaikan Sekda Tabalong, Hj. Hamida Munawarah saat membuka uji...

7 Tahun Terakhir, Tren Kasus DBD di Tabalong Terus Menurun

BANJARMASIN, kontrasonline.com – Pemerintah Kabupaten Tabalong terus melakukan segala upaya untuk meminimalisir angka kasus Demam Berdarah (DBD), kini hampir tak ditemukan lagi adanya warga...

Kalsel Sepakat Jadi Gerbang IKN

Bupati Anang : Puji Inisiatif Gubernur Kalsel Paman Birin Jadikan Kalsel Gerbang IKN BANJARBARU, kontrasonline.com – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin...

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Peringati Maulid, H Mawardi Ingatkan Para Pemimpin Tabalong Teladani Nabi Muhammad SAW

TANJUNG, kontrasonline.com - Wakil Bupati Tabalong H. Mawardi ingin para pemimpin di Bumi Saraba Kawa bisa meneladani kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Hal itu Ia sampaikan...

Buruan Daftar! Pemkab Tabalong Adakan Lomba Desain Logo Harjad ke-58

TANJUNG, kontrasonline.com - Pemkab Tabalong mengadakan lomba desain Logo untuk hari jadi kabupaten ke-58. Lomba yang dibuka sejak 18 September tadi berhadiah uang Rp 5...

Aparat Tidak Netral Akan Terjadi Kegaduhan Luar Biasa

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani mengingatkan jajarannya agar menjaga netralitas pada Pemilu dan Pilkada mendatang. Hal tersebut Ia sampaikan saat membuka sosialisasi...

Tabalong Dapat “Jatah” 3.500 Ha Lepas Kawasan Hutan

TANJUNG, kontrasonline.com - Ribuan Hektar kawasan hutan di sejumlah wilayah Tabalong akan dilepaskan. Rencana pelepasan Kawasan hutan tersebut usai pemkab mendapat "jatah" dari program Balai...

Komisi III DPRD Tabalong Pinta PUPR Inventarisir Asset Jalan Pertamina

TANJUNG, kontrasonline.com - Saat Rapat Kerja  dengan Dinas PUPR, Komisi lll DPRD Tabalong meminta untuk dilakukan inventarisir asset milik PT. Pertamina yang menjadi kepentingan...
error: Maaf, konten dilindungi !!