Dispersip Tabalong Gandeng UPT Perpustakaan Muara Uya Laksanakan GLT dan Inklusi Sosial

TANJUNG, kontrasonline.com – Pemkab Tabalog melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) terus berupaya meningkatkan pengetahuan dengan memberikan informasi dan pembelajaran.

Salah satu upaya yakni melalui Gerakan Literasi Tabalong (GLT).

Kasi Pembinaan Perpustakaan dan Kearsipan Dispersip Tabalong, Fajar Kusumanto menuturkan GLT sendiri merupakan program dari Pemerintah Daerah untuk mendukung dan meningkatkan kegiatan Literasi ke masyarakat dan khususnya diwilayah perdesaan.

“Kemarin (Selasa), kami telah melaksanakan kegiatan GLT di UPT Perpustakaan Muara Uya dengan pembelajaran Penanganan dan Pencegahan Stunting atau Pendek Stunting. Yang memberi paparan Ahli Gizi UPT Puskesmas Jaro, Diani Olivia sari” terangnya.

Fajar mengatakan sasaran dan peserta kegiatan adalah Kader PKK, Remaja dan BPD yang berasal dari 3 Desa.

“Kader PKK, Remaja dan BPD berasal dari desa Uwie, Simpung Layung dan Muara Uya” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini para peserta dapat mengetahu sejak dini tanda- tanda Stunting dan mengetahui cara pencegahannya.

Fajar menyatakan pihaknya sudah melaksanakan GLT dua kali dan Inklusi Sosial enam kali kegiatan.

“GLT target kita lima kali dalam satu tahun, sedangkan Inklusi Sosial targetnya 49 kali kegiatan se Tabalong. Kedepannya akan banyak dilaksanakan di UPT perpustakaan Muara Uya” imbuhnya.

“Perpustakaan siap memfasilitasi masyarakat untuk melaksanakan kegiatan yang berkembang. Kegiatan yang melibatkan masyarakat saat ini merupakan pengembangan Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial” sambungnya.

Ia mengungkapkan perpustakaan merupakan salah satu wadah informasi yang disediakan untuk masyarakat dengan berbagai jenis buku bacaan.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Uwie, Agus Hariono mengatakan informasi maupun pengetahuan penanganan dan pencegahan Stunting merupakan hal yang sangat penting.

“Adanya pengetahuan atau informasi ini kita dapat lebih menerapkan pola hidup sehat dan cerdas di kehidupan sehari-hari. Kami juga mendukung program yang telah di laksanakan di UPT Perpustakaan Muara Uya karena sangat bagus dan sangat bermanfaat” timpalnya.

Agus juga menghimbau masyrakat khususnya warga Desa Uwie agar turut aktif mengikuti pembelajaran seperti ini dimasa mendatang.

Terpisah, Pustakawan UPT Muara Uya, Syam juga menghimbau masyarakat di wilayah kecamatan Muara Uya dan sekitarnya bisa memanfaatkan UPT Perpustakaan yang dikelolanya untuk mencari informasi dan menambah pengetahuan.

“Kami juga siap memfasilitasi kegiatran GLT maupun Inklusi sosial yang salah satunya yaitu memberikan Pelatihan Wirausaha kepada masyarakat dengan narasumber yang kompeten guna untuk mendukung Tabalong menjadi Serambi depan dan penyangga IKN” pungkasnya. (Sm)

Artikel terkait

Desa Ampukung Wakili Tabalong Program P2K2

Camat Kelua Beri Dukungan Penuh TANJUNG, kontrasonline.com - Desa Ampukung kecamatan Kelua akan mewakili kabupaten Tabalong ke tingkat provinsi Kalsel dalam program Pelaksana Peningkatan Kualitas...

Gelar Muslub, PABPDSI Tabalong Punya Sosok Ketua Baru

TANJUNG, kontrasonline.com - Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Tabalong menggelar musyawarah luar biasa, Rabu (24/5) kemarin. Kegiatan ini digelar sehubungan dengan pengunduran...

Ribuan Warga Hadiri Tabligh Akbar Syukuran Hari Jadi Desa Lok Batu

TANJUNG, kontrasonline.com - Memperingati hari jadi yang ke 23, desa Lok Batu kecamatan Haruai menggelar syukuran dengan Tabligh Akbar. Meski sebelumnya sempat turun rintik hujan...

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Hipmi Tabalong Salurkan 15 Ribu Bibit Cabai Tiung Tanjung ke Masyarakat

TANJUNG, kontrasonline.com - 15 ribu bibit cabai tiung Tanjung dibagikan Hipmi Tabalong di wilayah Utara Bumi Saraba Kawa. Bibit tiung Tanjung dibagikan secara simbolis oleh...

Tabalong Minta Dukungan Kementan Promosikan Cabai Tiung Tanjung

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani yakin Tiung Tanjung menjadi Cabai pilihan di Indonesia. Hal itu ia ungkapkan usai pencanangan kampung benih Tiung...

Dua Residivis Narkotika Berulah, Polisi Tabalong Tangkap Kembali Para Pelaku

TANJUNG, kontrasonline.com - Petugas gabungan Polres Tabalong berhasil meringkus dua pria diduga terkait kepemilikan narkotika. Dua pria yang diamankan ini merupakan residivis dalam kasus yang...

Jalin Hubungan dengan Media, PT. Adaro Gelar Press Tour

SEMARANG, kontrasonline.com - PT Adaro Indonesia bersama mitra kerja menggelar press tour bersama awak media kabupaten Tabalong dan Barito Selatan ke kota Semarang Jawa...

Curi Kotak Amal dan Sepeda Motor, Pria Asal Kalteng Dibekuk Polisi Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Satreskrim Polres Tabalong meringkus seorang pria berinisial IN (29) usai diduga melakukan sejumlah pencurian di wilayah Bumi Saraba Kawa. Pria yang merupakan...
error: Maaf, Content is protected !!