Rabu, Februari 1, 2023

Sambangi Tabalong, Bawaslu Kalsel Ingatkan Ini

TANJUNG, kontrasonline.com – Bawaslu provinsi Kalimantan Selatan dipimpin langsung Ketua, Azhar Ridhanie didampingi jajarannya menyambangi kabupaten Tabalong dalam rangka safari pengawasan.

Azhar dan rombongan langsung disambut jajaran Bawaslu serta Panwascam se-Tabalong di halaman kantor Bawaslu setempat, Senin (16/1).

Ketua Bawaslu Kalsel, Azhar Ridhanie menuturkan kedatangan pihaknya ke Bumi Sarabakawa dalam rangka safari pengawasan yang merupakan bagian dari program pihaknya

“Tujuannya untuk dapat meningkatkan kinerja atau kerja-kerja pengawasan untuk menghadapi pemilu di tahun 2024” tuturnya.

Azhar menyebutkan selain itu safari pengawasan ini untuk membangun soliditas kelembagaan.

“Ini juga dalam rangka untuk membangun soliditas kelembagaan yang kita miliki sesuai dengan tingkatannya mulai dari provinsi, kabupaten/kota sampai Panwascam” sebutnya.

Kedatangan pihaknya juga untuk melihat kesiapan sarana prasarana yang dimiliki oleh Bawaslu kabupaten/kota dan Panwascam se-Kalimantan Selatan.

“Apakah sudah siap dalam menghadapi pemilu di tahun 2024, tentu saja kegiatan ini sangat penting karena kami hadir di sini ingin menggambarkan bahwa kerja-kerja pengawasan itu dilaksanakan dan ditopang atas soliditas yang kita bangun bersama karena tidak mudah untuk melakukan suatu proses pengawasan di setiap tahapan-tahapan Pemilu” terangnya.

Sumber daya manusia juga harus diperhatikan untuk menunjang pengawasan Pemilu.

“Sumber daya manusia ini tentu saja dapat dibangun melalui kultur atau karakter disiplin yang baik. Karakter disiplin ini harus selalu terpatri dalam kerja-kerja pengawasan yang kita lakukan” ujar Azhar.

Azhar menjelaskan SDM juga perlu ditingkatkan di jajaran Panwascam agar semua kerja berjalan dengan baik.

“Kerja pengawasan ini diawali dengan memahami aspek regulasi yang kita lakukan bagaimana kemudian kita melakukan suatu proses pengawasan mengutamakan aspek pencegahan di setiap tahapan-tahapan pemilu” jelasnya.

Maka kemudian Panwascam perlu memetakan titik kerawanan-kerawanan yang terjadi di tempat masing-masing.

“Ini penting dilakukan disetiap tahapan-tahapan Pemilu agar semua yang kita lakukan itu dalam rangka untuk mempermudah kerja-kerja pengawasan” ucapnya.

“Harapan kami kegiatan kali ini merupakan gambaran untuk menyiapkan kapasitas kita setidaknya ada hubungan baik antara komisioner dan komisioner antara komisioner dan sekretariat” timpal Azhar.

Azhar mengatakan dengan kerja pengawasan yang baik maka dapat memberikan kontribusi besar bagi proses keberlangsungan integritas penyelenggaraan pemilu yang jujur adil dan luber.

“Kami berharap ada motivasi dan semangat dalam rangka untuk menghadapi kerja-kerja pengawasan di Tabalong, hal ini bisa selalu terpatri dalam setiap pengawasan yang dilakukan” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekertariat Bawaslu Kalsel, Teuku Dahsya menyampaikan dalam rangka Pemilu serentak bukan hanya dilihat dari sisi personil tapi juga aspek pendukung yakni sarana prasarana.

“Kita akan turun kelapangan untuk melihat bagaimana kesiapan personel kita, sarana dan prasarana sehingga ini meyakinkan kita bahwa ketika tahapan ini memang sedang berjalan kita sudah siap” ujarnya.

“Bukan hanya siap dari sisi personil, tetapi siap dengan sarana dan pendukung di setiap kecamatan yang ada” sambungnya.

Teuku mengatakan pihaknya sudah melakukan sejak jauh-jauh hari untuk menyiapkan segala halnya.

“Kita sudah melakukan himbauan-himbauan itu dari sebelum safari pengawasan ini, dan kita berharap ini juga secara berkala dilakukan bukan hanya provinsi namun juga dilakukan jajaran sekertariat kabupaten di wilayah masing-masing” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Integritas PPS Jadikan Pemilu 2024 Berjalan “Luber”

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani meminta Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 agar menjaga integritas dalam bekerja. Hal itu ia ungkapkan usai...

Tantangan Berat Pemilu Jadi “Momok” Pendaftar Panwaslu Perempuan di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Kurangnya minat pendaftar perempuan di Panwaslu kelurahan dan desa ditengarai karena tantangan yang cukup berat pada penyelenggaraan Pemilu akan datang. Hal itu...

30 Desa Kosong Pelamar Perempuan, Bawaslu Tabalong Perpanjang Masa Rekrutmen Panwaslu Kelurahan dan Desa

TANJUNG, kontrasonline.com - Tidak adanya pelamar perempuan di sejumlah desa di beberapa kecamatan membuat proses pendaftaran panwaslu kelurahan/desa di perpanjang. Perpanjangan ini pun resmi diumumkan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Berdalih Faktor Ekonomi, Ogok dan Tinghuy Jajakan Ribuan Obat Terlarang di Muara Uya

TANJUNG, kontrasonline.com - Kapolres Tabalong, AKBP Anib Bastian menyebut tersangka inisial RM alias Ogok (25) dan JW alias Tinghuy (20) mengaku menjual ribuan obat...

Sangadji Digantikan Teman Masa Kecilnya

TANJUNG, kontrasonline.com - Wajah berseri dengan seulas senyum nampak menghiasi wajah "Srikandi Tabalong" yang terpilih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Tabalong. Usai seremoni dan prosesi pelantikan,...

Hj Hamida Sekda Perempuan Pertama di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Mendapatkan jabatan baru sebagai Sekretaris daerah (Sekda) dilingkup pemkab Tabalong sesuai surat keputusan  Bupati Tabalong Nomor 800.1.3.3/21/2023 tentang pengangkatan pejabat pimpinan...

Hj. Hamida Resmi Duduki Jabatan Sekda Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Terjawab sudah teka-teki siapa yang bakal mengisi kursi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabalong. Hj. Hamida Munawarah, ST, MT yang sebelumnya menjabat...

Anang Pinta Baznas Tabalong Berperan Tekan Angka Kemiskinan

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani menginginkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dapat berperan menekan angka kemiskinan di Bumi Sarabakawa. Hal itu Ia...
error: Maaf, Content is protected !!