Rabu, Februari 1, 2023

Meriahnya Peringatan Sewindu Jaranan Mekar Sari Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Puluhan pasang mata dari anak-anak hingga orang dewasa tak melepaskan pandangannya saat anggota Jaranan Mekar Sari menampilkan keseniannya.

Bertempat di pondok seni Mekar Sari jalan pandan arum RT 21 kelurahan Belimbing Raya kecamatan Murung Pudak kesenian khas jawa tersebut menghibur masyarakat yang datang menyaksikan, Minggu (15/1).

Pertunjukan anggota Mekar Sari menggunakan pakaian khas dan membawa kuda yang terbuat dari anyaman bambu diiringi musik tradisional meriuhkan suasana saat itu.

Tak hanya tarian kuda lumping, dalam pertunjukan itu mereka juga mempertontonkan kekuatan supranatural berbau magis seperti atraksi mengunyah kaca sampai mencambuk diri menggunakan cambuk khas Jaranan.

Ketua Jaranan Mekar Sari, Sukamto Saputra menuturkan hiburan yang dipertontonkan kali ini merupakan peringatan hari jadi komunitasnya.

“Ini acara peringatan sewindu jaranan Mekar Sari yang ke 8, Alhamdulillah hari ini bisa terlaksana” ujarnya kepada kontrasonline.com.

Sukamto menyampaikan selain memperingati hari jadi komunitasnya, kegiatan kali ini juga ditunjukkan untuk menghibur masyarakat.

“Tujuan kami mengadakan acara ini selain untuk syukuran, juga untuk menghibur anggota serta masyarakat yang hadir” ujarnya.

Ia pun menerangkan sejak pagi hari dilaksanakan hingga sore tiba masyarakat sangat antusias menyaksikan pertunjukan kesenian kuda lumping Mekar Sari.

“Masyarakat sangat antusias menyaksikan pertunjukan kesenian kami, Alhamdulillah kita bisa menghibur masyarakat” terangnya.

Tak hanya masyarakat, beberapa komunitas Jaranan wilayah Murung Pudak dan Tanjung serta pejabat pemerintahan hingga aparat desa juga menghadiri acara peringatan sewindu Mekar Sari.

“Alhamdulillah ada perwakilan-perwakilan yang datang, seperti dari dinas, polsek, camat dan lurah” ucap Kamto sapaan akrabnya.

Kamto menginginkan kedepan seni pertunjukan Jaranan di Tabalong makin eksis dan berkembang.

“Saya ingin melestarikan budaya peninggalan nenek moyang kita dulu, itu saja niat dan tujuan saya” katanya.

Terkait Mekar Sari, Ia pun membeberkan komunitas tersebut merupakan peninggalan almarhum ayahnya yang kemudian Ia teruskan.

Atraksi makan beling anggota mekar sari

“Mekar Sari dulu bapak saya menjadi pimpinannya, karena bapak meninggal tahun 1969 sejak itu vakum hingga puluhan tahun” bebernya.

Berjalannya waktu, anggota Mekar Sari yang masih ada kemudian mendatangi dirinya untuk meminta kembali menghidupkan komunitas jaranan tersebut.

“Anggota-anggota yang lama datang ke tempat saya meminta untuk menghidupkan kembali akhirnya mulai lagi. Itu dari tahun 2015 saya diberikan amanah sebagai ketua Mekar Sari hingga sekarang” ujarnya.

“Saya pimpin ini sudah berumur delapan tahun, mudah-mudahan Mekar Sari terus konsisten bermain dan mengenalkan kesenian Jaranan atau kuda lumping di masyarakat Tabalong” pungkas Kamto. (Can)

Sukamtho Sauptra mengadakan ritual sebelum acara dimulai

Artikel terkait

UPBS Tumpuan Masyarakat Padamkan Kebakaran

TANJUNG, kontrasonline.com - Satu-satunya tumpuan dan harapan masyarakat untuk memadamkan api tidak lain adalah saudara-saudara yang tergabung di dalam regu pemadam kebakaran atau UPBS. Hal...

Puluhan Tim Adu Kemampuan di Lomba Ketangkasan Pemadam Kebakaran Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Puluhan UPBS se-Tabalong mengikuti lomba ketangkasan pemadam kebakaran yang dilaksanakan di jalan Jenderal Ahmad Yani kelurahan Mabu'un samping kantor DPRD Tabalong,...

Pengurus SMSI Banjar- Banjarbaru Dilantik

BANJARBARU, kontrasonline.com - Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru periode 2022-2026 dilantik, di Aula Gawi Sabarataan, Kantor Wali Kota...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Berdalih Faktor Ekonomi, Ogok dan Tinghuy Jajakan Ribuan Obat Terlarang di Muara Uya

TANJUNG, kontrasonline.com - Kapolres Tabalong, AKBP Anib Bastian menyebut tersangka inisial RM alias Ogok (25) dan JW alias Tinghuy (20) mengaku menjual ribuan obat...

Sangadji Digantikan Teman Masa Kecilnya

TANJUNG, kontrasonline.com - Wajah berseri dengan seulas senyum nampak menghiasi wajah "Srikandi Tabalong" yang terpilih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Tabalong. Usai seremoni dan prosesi pelantikan,...

Hj Hamida Sekda Perempuan Pertama di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Mendapatkan jabatan baru sebagai Sekretaris daerah (Sekda) dilingkup pemkab Tabalong sesuai surat keputusan  Bupati Tabalong Nomor 800.1.3.3/21/2023 tentang pengangkatan pejabat pimpinan...

Hj. Hamida Resmi Duduki Jabatan Sekda Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Terjawab sudah teka-teki siapa yang bakal mengisi kursi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabalong. Hj. Hamida Munawarah, ST, MT yang sebelumnya menjabat...

Anang Pinta Baznas Tabalong Berperan Tekan Angka Kemiskinan

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani menginginkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dapat berperan menekan angka kemiskinan di Bumi Sarabakawa. Hal itu Ia...
error: Maaf, Content is protected !!