Rabu, Februari 1, 2023

Bawaslu Tabalong Sampaikan 10 Poin Himbauan Pencalonan DPD

TANJUNG, kontrasonline.com – Proses pencalonan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Provinsi Kalimantan Selatan yang sedang berlangsung di wilayah Bumi Sarabakawa menjadi atensi Bawaslu Tabalong.

Terkait dengan hal ini, Bawaslu Tabalong telah menyampaikan himbauan kepada KPU setempat pada tanggal 5 Januari tadi.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas, Bawaslu Kabupaten Tabalong, M. Fahmi Failasopa menyampaikan dalam himbauan itu ada 10 poin yang disampaikan.

“Diantaranya KPU Tabalong dapat membuka akses data dan dokumen dukungan minimal pemilih bakal calon DPD kepada pengawas pemilu, KPU melaksanakan proses verifikasi administrasi (vermin) sesuai dengan peraturan perundang-undangan berlaku dalam hal ini yaitu peraturan KPU nomor 10 tahun 2022” ujarnya kepada kontrasonline.com, Kamis (12/1).

Selanjutnya, dalam proses verifikasi administrasi pihaknya meminta KPU dapat melakukan pencermatan terhadap data dukungan pemilih bakal calon DPD.

“Dimana didalamnya ada ketentuan bahwa jabatan-jabatan tertentu dilarang memberikan dukungan terhadap calon DPD diantaranya anggota TNI/Polri, ASN baik PNS maupun P3K kemudian penyelenggara pemilu baik dari jajaran KPU Bawaslu sampai tingkat bawahnya, termasuk juga Kepala Desa dan Perangkat Desa” ucapnya.

Fahmi juga menyebutkan dari 13 bakal calon DPD yang menyerahkan dukungan ke KPU Provinsi, 10 diantaranya memiliki dukungan di wilayah Kabupaten Tabalong.

“Jadi tiga diantaranya tidak memiliki dukungan di kabupaten Tabalong” sebutnya.

Ia menerangkan saat ini pihaknya sedang melakukan pencermatan terhadap 849 jumlah dukungan pemilih di wilayah kabupaten Tabalong.

“Dimana 849 dukungan pemilih ini tersebar di 12 kecamatan se-Kabupaten Tabalong. Dukungan terbanyak itu terdapat di kecamatan Banua Lawas sebanyak 205 pemilih pendukung bakal calon DPD, dan paling sedikit di kecamatan Pugaan yaitu sembilan dukungan pemilih calon DPD” terangnya.

Pihaknya juga melakukan proses pencermatan terhadap proses verifikasi administrasi yang dilakukan oleh rekan-rekan KPU Tabalong melalui sistem informasi pencalonan (Silon).

“Kami juga telah menerima akses terhadap Silon, kami melakukan pencermatan terhadap jumlah dukungan yang diserahkan berikut juga data-data lainnya seperti misalnya kesesuaian data yg diinput, usia dan status pekerjaan dari pendukung bakal calon DPD” katanya.

“Sehingga ini menjadi fokus kita kedepan kalau ada yang belum memenuhi syarat, nanti kami akan sampaikan rekomendasi saran perbaikan kepada kawan-kawan KPU Tabalong” timpal Fahmi.

Fahmi membeberkan untuk proses verifikasi dukungan bakal calon DPD ini ada dua tahapan yaitu melalui proses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual yang dilakukan oleh jajaran KPU Tabalong.

“Setelah selesai verifikasi administrasi itu nanti dilakukan kembali proses verifikasi faktual, nanti secara sampel dukungan calon DPD ini akan didatangi oleh petugas KPU dan diawasi juga oleh jajaran Bawaslu, masyarakat yang kemudian pada proses verifikasi faktual ditemui oleh petugas dan menyatakan diri tidak mendukung, maka Ia bisa mengisi formulir pernyataan tidak mendukung bakal calon DPD itu sehingga itu dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) atau dukungan belum memenuhi syarat (BMS) sehingga bisa ditindaklanjuti untuk diperbaiki oleh calon DPD yang bersangkutan” bebernya.

Ia mengatakan dalam himbauan juga disampaikan agar KPU dalam proses verifikasi administrasi ini melakukan pencermatan terhadap dukungan ganda.

“Ada dukungan ganda identik dalam satu calon dan dukungan ganda antar calon DPD, ini juga merupakan potensi-potensi dukungan pemilih menjadi belum memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Integritas PPS Jadikan Pemilu 2024 Berjalan “Luber”

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani meminta Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 agar menjaga integritas dalam bekerja. Hal itu ia ungkapkan usai...

Tantangan Berat Pemilu Jadi “Momok” Pendaftar Panwaslu Perempuan di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Kurangnya minat pendaftar perempuan di Panwaslu kelurahan dan desa ditengarai karena tantangan yang cukup berat pada penyelenggaraan Pemilu akan datang. Hal itu...

30 Desa Kosong Pelamar Perempuan, Bawaslu Tabalong Perpanjang Masa Rekrutmen Panwaslu Kelurahan dan Desa

TANJUNG, kontrasonline.com - Tidak adanya pelamar perempuan di sejumlah desa di beberapa kecamatan membuat proses pendaftaran panwaslu kelurahan/desa di perpanjang. Perpanjangan ini pun resmi diumumkan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Berdalih Faktor Ekonomi, Ogok dan Tinghuy Jajakan Ribuan Obat Terlarang di Muara Uya

TANJUNG, kontrasonline.com - Kapolres Tabalong, AKBP Anib Bastian menyebut tersangka inisial RM alias Ogok (25) dan JW alias Tinghuy (20) mengaku menjual ribuan obat...

Sangadji Digantikan Teman Masa Kecilnya

TANJUNG, kontrasonline.com - Wajah berseri dengan seulas senyum nampak menghiasi wajah "Srikandi Tabalong" yang terpilih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Tabalong. Usai seremoni dan prosesi pelantikan,...

Hj Hamida Sekda Perempuan Pertama di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Mendapatkan jabatan baru sebagai Sekretaris daerah (Sekda) dilingkup pemkab Tabalong sesuai surat keputusan  Bupati Tabalong Nomor 800.1.3.3/21/2023 tentang pengangkatan pejabat pimpinan...

Hj. Hamida Resmi Duduki Jabatan Sekda Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Terjawab sudah teka-teki siapa yang bakal mengisi kursi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabalong. Hj. Hamida Munawarah, ST, MT yang sebelumnya menjabat...

Anang Pinta Baznas Tabalong Berperan Tekan Angka Kemiskinan

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani menginginkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dapat berperan menekan angka kemiskinan di Bumi Sarabakawa. Hal itu Ia...
error: Maaf, Content is protected !!