Rabu, Februari 1, 2023

Komisi II DPRD Tabalong Evaluasi Bantuan Program Ternak

TANJUNG, kontrasonline.com – Komisi II gelar rapat kerja dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) untuk mengevaluasi bantuan program ternak tahun 2021 dan 2022.

Usai rapat Wakil Ketua Komisi ll DPRD Tabalong, Mursalin, SE mengatakan hasil evaluasi terhadap program ternak Disbunnak tidak terlalu valid.

“Ada beberapa hal yang perlu dilakukan perbaikan baik dari segi data ataupun realisasi dan peningkatan dari perkembangan peternakan yang disalurkan pada kelompok tani” ujarnya pada Rabu (11/1).

Ia menyampaikan  jumlah bantuan yang disalurkan pun masih kurang.

“Masih kurang, tidak sampai 5 persen dari kebutuhan daerah” ungkapnya.

Legislator dari Utara ini juga menyatakan pihaknya menekankan supaya pengembangan sapi dan ternak unggas supaya ditingkatkan.

“Termasuk adanya pemantauan dan pengawasan yang serius” tandasnya.

Ia mengungkapkan dari hasil tinjauan lapangan sebelumnya bantuan dari Disbunnak ada beberapa yang tidak tepat sasaran, misalnya di kecamatan Jaro.

“Contohnya di Jaro, seyogianya tidak layak dibantu karena di situ sudah ada program PT. Adaro, akhirnya tumbang tindih. Ada juga kelompok yang tidak punya kandang,  sapinya ditempatkan pada tempat tidak layak berteduh” timpalnya.

Ia menegaskan komisi ll akan turun kelapangan untuk memastikan bantuan yang disalurkan apakah tepat sasaran sekaligus melihat perkembangannya.

” kita juga akan turun ke Kecamatan lainnya” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Disbunnak Tabalong Ir. Norzain A. Yani, M.Si, menuturkan tahun 2021 bantuan sektor peternakan untuk peternak di Tabalong berupa ternak sapi dan kambing  ada programnya.

“Untuk tahun 2022 karena ada wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), bantuan ternak sapi dan kambing tidak bisa dilaksanakan. Bantuan dialihkan ke ternak itik dan ayam” bebernya.

Bantuan unggas yang diberikan berupa jenis ayam kampung unggul Balitnak (KUB) dan itik dari jenis Mojosari dalam bentuk DOD umur 1- 7 hari.

Norzain juga menyampaikan perkembangan ternak sapi tahun 2021 yang kebanyakan berada di kecamatan Jaro mengalami peningkatan.

“Hasil pantauan kami populasinya meningkat, dari 94 ekor menjadi 100. Memang ada kasus kematian tapi banyak juga kasus kelahiran” ucapnya.

Begitu juga unggas mengalami peningkatan. “Populasi khususnya jenis itik terutama di wilayah Selatan Tabalong juga mengalami peningkatan” pungkasnya. (Boel)

Artikel terkait

Berlaku Tahun Ini, Tunjangan BPD di Tabalong Naik 50 Persen

TANJUNG, kontrasonline.com - Membahas kenaikan tunjangan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Tabalong, Komisi l DPRD mengadakan Rapat Kerja dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa...

Masih Alot, Komisi I dan Dinkes Tabalong Belum Sepakat Lokasi Relokasi Puskesmas Jaro

TANJUNG, kontrasonline.com - Hingga pertemuan yang ke 3 antara Dinas Kesehatan (Dinkes) dan SKPD terkait dengan Komisi l DPRD Tabalong, lokasi untuk Relokasi Puskesmas...

Ini Lokasi Rencana Relokasi Puskesmas Jaro, Mana yang Akan Dipilih?

TANJUNG, kontrasonline.com - Seperti kesepakatan sebelumnya, Komisi l DPRD Tabalong bersama Dinas kesehatan dan SKPD terkait lainnya melakukan kunjungan lapangan ke tempat yang direncanakan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Berdalih Faktor Ekonomi, Ogok dan Tinghuy Jajakan Ribuan Obat Terlarang di Muara Uya

TANJUNG, kontrasonline.com - Kapolres Tabalong, AKBP Anib Bastian menyebut tersangka inisial RM alias Ogok (25) dan JW alias Tinghuy (20) mengaku menjual ribuan obat...

Sangadji Digantikan Teman Masa Kecilnya

TANJUNG, kontrasonline.com - Wajah berseri dengan seulas senyum nampak menghiasi wajah "Srikandi Tabalong" yang terpilih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Tabalong. Usai seremoni dan prosesi pelantikan,...

Hj Hamida Sekda Perempuan Pertama di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Mendapatkan jabatan baru sebagai Sekretaris daerah (Sekda) dilingkup pemkab Tabalong sesuai surat keputusan  Bupati Tabalong Nomor 800.1.3.3/21/2023 tentang pengangkatan pejabat pimpinan...

Hj. Hamida Resmi Duduki Jabatan Sekda Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Terjawab sudah teka-teki siapa yang bakal mengisi kursi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabalong. Hj. Hamida Munawarah, ST, MT yang sebelumnya menjabat...

Anang Pinta Baznas Tabalong Berperan Tekan Angka Kemiskinan

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani menginginkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dapat berperan menekan angka kemiskinan di Bumi Sarabakawa. Hal itu Ia...
error: Maaf, Content is protected !!