Senin, November 28, 2022

Ikuti Pelatihan Pokdarwis, Rusmiati Ingin Kunjungan Wisata Hikun Agri Park Meningkat

TANJUNG, kontrasonline.com – Pelatihan Pendampingan dan Pembinaan Pokdarwis yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan di Hotel Aston Tanjung disambut positif para peserta, Rabu (23/11).

Peserta yang terdiri dari kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se-Tabalong sangat bersemangat mendengarkan pemaparan sejumlah narasumber yang hadir.

Salah satu peserta Rusmiati yang merupakan Ketua Pokdarwis Hikun Agri Park menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Dispar Kalsel itu.

“Semoga kedepannya ini menjadi wawasan tambahan bagi Pokdarwis di Tabalong” ujarnya kepada kontrasonline.com saat ditemui disela-sela kegiatan.

Rusmiati menginginkan kegiatan seperti ini bisa sering dilaksanakan baik dari dinas setempat maupun provinsi.

“Karena sifatnya untuk pengembangan SDM, kalau bisa lebih sering karena pariwisata terus berkembang dan berkelanjutan dan kita harus mengupdate kemampuan dan keahlian pelaku pariwisata” pintanya.

Ia menuturkan saat ini wisata yang dikelolanya terus melakukan pembenahan pasca pandemi Covid-19.

“Selepas pandemi Covid-19 dua tahun kita vakum, kita mulai berbenah dari segi fasilitas termasuk dari peningkatan SDM sendiri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan kabupaten maupun dinas pariwisata provinsi” tuturnya.

Ia mengatakan saat ini tingkat kunjungan di Hikun Agri Park berangsur mengalami peningkatan pengunjung.

“Iya ada peningkatan, tapi lebih kepada wisata edukasinya setelah Covid-19 yang digalakkan itu wisata belajar dari anak-anak sekolah, hampir setiap minggu dari sekolah melakukan kunjungan wisata edukatif” katanya.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Disporapar Tabalong, Lilis Marta Diana menyampaikan kali ini seluruh Pokdarwis yang dilibatkan.

“Ada 27 kelompok sadar wisata, ditambah dengan putra putri pariwisata sebagai ujung tombak pembangunan pariwisata dan KNPI sebagai penggerak generasi muda Tabalong, totalnya ada 70 orang peserta yang ikut” ujarnya.

Lilis menuturkan dalam kegiatan ini pihaknya juga memberikan wawasan terkait kebijakan kepariwisataan.

“Motivasinya kita ingin SDM yang kita miliki ini diharapkan nantinya mereka dapat melakukan kegiatan pembangunan kepariwisataan yang tidak tergantung dengan dana tetapi dengan kesadaran sebagaimana Pokdarwis itu adalah kelompok yang sadar akan posisinya sebagai pembangun pariwisata yang tanpa pamrih” tuturnya.

Ia pun dalam kesempatannya memberikan apresiasi kepada Dispar Kalsel yang telah memilih Tabalong sebagai tempat pelaksanaan Pelatihan Pendampingan dan Pembinaan Pokdarwis Kalsel.

“Kita sangat senang dan bangga, kami berikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dispar provinsi yang telah memberikan ruang dan waktu untuk peningkatan SDM ini” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Tim KAN Asesmen Laboratorium DLH Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Tim Assesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan asesmen di UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong. Asesmen yang dilakukan tim...

Monumen Lain Bisa Dibersihkan Vertical Rescue

TANJUNG, kontrasonline.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong mengapresiasi pembersihan yang dilaksanakan oleh Vertical Rescue di Monumen Tanjung Puri, Sabtu (26/11). Plt Kepala Bidang Tata...

Jelang HUT ke 57 Tabalong, Vertical Rescue dan DLH Bersihkan Tugu Obor

TANJUNG, kontrasonline.com - Monumen Tanjung Puri atau sering dikenal Tugu Obor yang terletak di kelurahan Mabu'un kecamatan Murung Pudak terlihat sedang dilakukan perawatan. Perawatan monumen...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Anang Pinta Korpri Tabalong Pangkas Pelayanan Ruwet, Berbelit-belit dan Menyulitkan Rakyat

Korpri harus menjadi Pionir dalam berinovasi TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani menginginkan anggota Korpri di Bumi Saraba Kawa bisa berinovasi di era...

Modus Jual-Beli Arisan Online, Warga Tamiyang Tanta Diringkus Polisi

Warga desa Lumbang Kecamatan Muara Uya alami kerugian hingga Rp 173 juta TANJUNG, kontrasonline.com – Perempuan berinisial FM (23) warga desa Tamiyang kecamatan Tanta harus...

Sabet Prestasi Nasional, PAI Tabalong Kembali Bawa Nama Harum Bumi Sarabakawa

TANJUNG, kontrasonline.com - Dewan Pengurus Cabang Perhimpunan Anggrek Indonesia (DPC PAI) kabupaten Tabalong kembali membawa nama harum Bumi Sarabakawa. Kali ini perkumpulan pencinta anggrek tersebut...

Tim KAN Asesmen Laboratorium DLH Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Tim Assesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan asesmen di UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong. Asesmen yang dilakukan tim...

Monumen Lain Bisa Dibersihkan Vertical Rescue

TANJUNG, kontrasonline.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong mengapresiasi pembersihan yang dilaksanakan oleh Vertical Rescue di Monumen Tanjung Puri, Sabtu (26/11). Plt Kepala Bidang Tata...
error: Maaf, Content is protected !!