Senin, November 28, 2022

Ini Syarat Untuk Menjadi Anggota PPK dan PPS Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Ingin berpartisipasi menjadi bagian penyelenggara pemilu tahun 2024?

Masyarakat Bumi Saraba Kawa yang berminat untuk menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), informasi ini jangan dilewatkan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabalong akan melakukan rekrutmen badan adhoc yakni PPK dan PPS melalui Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU Dan Badan Adhoc (SIAKBA) untuk Pemilu Serentak Tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah.

“Dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan rekrutmen badan adhoc yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS)” ujarnya pada kontrasonline.com, Jum’at (11/11) di Jelita Hotel Tanjung.

Ia menyampaikan jumlah PPK dan PPS yang akan direkrut.

“Untuk PPK di setiap kecamatan dibutuhkan 5 orang dan PPS disetiap Desa dan Kelurahan akan direkrut masing-masing 3 orang” bebernya.

“Kalau perekrutan KPPS masih lama lagi” timpalnya.

Meskipun demikian Ardiansyah masih belum bisa memastikan kapan tanggal pendaftaran atau rekrutmen dimulai.

“Tanggalnya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari KPU Pusat. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan juknis sudah terbit” bebernya.

Adapun syarat untuk menjadi anggota PPK dan PPS yakni :

  • Warga negara indonesia
  • Berusia paling rendah 17 (tujuh belas ) tahun
  • Setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, UUD Negara Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.
  • Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil
  • Tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau sekurang kurangnya dalam waktu 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan.
  • Berdomisili dalam wilayah kerja PPK dan PPS.
  • Mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyasalahgunaan narkotika.
  • Berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas atau sederajat.
  • Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang dianacam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.
  • Persyaratan usia utuk kpps dengan mempertimbangkan rentang usia 17 sampai 55 tahun terhitung dari hari pemungutan suara.

Ia menegaskan untuk rekrutmen ini proses Pendaftaran dan Administrasi melalui sistem aplikasi SIAKBA.

“Prosesnya tidak bisa lagi secara manual, tetapi melalui teknologi berupa sistem Website. Semua ketentuan syarat dan blanko ada di sistem SIAKBA” tegasnya.

“Untuk website SIAKBA silakan Searching di google, ketik siakba.kpu.go.id” sambungnya.

Bagi warga masyarakat yang ingin mendaftarkan diri namun jaringan internetnya tidak memadai Ardiansyah mempersilakan datang ke Sekretariat KPU di beralamat di Jalan Tanjung Selatan Nomor 1 (seberang kantor Samsat lama).

“Silakan datang, nanti akan dibantu” pungkasnya. (Boel)

Artikel terkait

KPU Tabalong Sosialisasikan PKPU Nomor 7 Tahun 2022

TANJUNG, kontrasonline.com - Dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 mendatang diharapkan para penyelenggara pemilu dapat berkomitmen melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik. Hal itu...

Pelajar SLB Negeri Tabalong Antusias Ikuti Sosialisasi Pemilih Milenial

TANJUNG, kontrasonline.com - Sejumlah pelajar tingkat SLTA di wilayah kota kabupaten Tabalong antusias mengikuti sosialisasi dan pendidikan pemilih segmen pemilih milenial menyongsong Pemilu serentak...

Sosialisasi Pemilih Milenial, KPU Tabalong Sasar Pelajar

TANJUNG, kontrasonline.com - Sosialisasi tentang kepemiluan terus dilakukan KPU kabupaten Tabalong kepada masyarakat di Bumi Sarabakawa. Kali ini, sosialisasi dilaksanakan kepada kaum milenial di wilayah...

2 KOMENTAR

  1. Maaf sebelumnya, ingin bertanya. Nomer dan tanggal pada berkas pendaftaran ini bisa didapatkan dimana kalau boleh tau?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Anang Pinta Korpri Tabalong Pangkas Pelayanan Ruwet, Berbelit-belit dan Menyulitkan Rakyat

Korpri harus menjadi Pionir dalam berinovasi TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani menginginkan anggota Korpri di Bumi Saraba Kawa bisa berinovasi di era...

Modus Jual-Beli Arisan Online, Warga Tamiyang Tanta Diringkus Polisi

Warga desa Lumbang Kecamatan Muara Uya alami kerugian hingga Rp 173 juta TANJUNG, kontrasonline.com – Perempuan berinisial FM (23) warga desa Tamiyang kecamatan Tanta harus...

Sabet Prestasi Nasional, PAI Tabalong Kembali Bawa Nama Harum Bumi Sarabakawa

TANJUNG, kontrasonline.com - Dewan Pengurus Cabang Perhimpunan Anggrek Indonesia (DPC PAI) kabupaten Tabalong kembali membawa nama harum Bumi Sarabakawa. Kali ini perkumpulan pencinta anggrek tersebut...

Tim KAN Asesmen Laboratorium DLH Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Tim Assesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan asesmen di UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong. Asesmen yang dilakukan tim...

Monumen Lain Bisa Dibersihkan Vertical Rescue

TANJUNG, kontrasonline.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong mengapresiasi pembersihan yang dilaksanakan oleh Vertical Rescue di Monumen Tanjung Puri, Sabtu (26/11). Plt Kepala Bidang Tata...
error: Maaf, Content is protected !!