Selasa, November 29, 2022

Perangkat Desa Se Tabalong Ikuti Bimtek

Wabup : aparat desa merupakan muara dari berbagai informasi

TANJUNG, kontrasonline.com – Wakil Bupati Tabalong, H. Mawardi menginginkan adanya peningkatan kapasitas dan wawasan bagi aparat desa.

Hal itu Ia sampaikan saat kegiatan Bimbingan Teknis Administrasi Pemerintahan Desa Bagi Aparatur Pemerintah desa, BPD dan Kecamatan Se-Kabupaten Tabalong di Hotel Aston Tanjung, Senin (7/11).

“Ini sangat penting dalam usaha kita meningkatkan peran dan fungsi sebagai sebagai salah satu bagian dari garda terdepan pelayanan publik di kabupaten Tabalong” ujarnya dihadapan ratusan perangkat desa.

Mawardi menyebutkan hal ini sebagai salah satu upaya serius dalam kegiatan membangun tingkat ekonomi di wilayah pedesaan.

“Sudah saatnya pemberdayaan ekonomi masyarakat desa ditingkatkan, untuk mendukung implementasi hal tersebut diperlukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang mengisyaratkan perlu adanya perubahan paradigma dan orientasi, pengetahuan, keterampilan dan perilaku masyarakat pedesaan” sebutnya.

Ia menuturkan pemberdayaan masyarakat pedesaan merupakan konsep pola pengembangan SDM sampai dengan tingkat kemandirian yang ditandai dengan adanya produktivitas, efisiensi dan partisipasi masyarakat.

“Pengembangan kapasitas tersebut dimulai dari proses perencanaan pembangunan hingga pada proses akhir yaitu evaluasi pembangunan. Diantaranya dalam hal menginventarisasi, mengkategori dan mengelola sumber potensi yang dimiliki oleh desa untuk pencapaian tujuan pembangunan” tuturnya.

Ia menerangkan pemerintahan desa yang didalamnya ada para aparat desa merupakan muara dari berbagai informasi tentang kondisi terkini di masyarakat.

“Untuk itu komunikasi dan koordinasi secara berjenjang perlu terus dibina dan ditingkatkan, sehingga pelaksanaan tugas dan kewajiban di masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Sebagai bagian yang integral dari sistem pemerintahan di daerah, maka aparatur desa memiliki tanggungjawab untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, tugas pokok dan fungsi kepemerintahan, serta mempertanggungjawabkan keseluruhan mekanisme hasil pelaksanaan tugas.

“Pelaksanaan tugas tersebut membutuhkan kemampuan dan ketrampilan aparatur dalam mengelola administrasi, secara sistematis, akurat dalam data, sederhana dalam penyajian yang mudah dimengerti serta dapat dipertanggungjawabkan” bebernya.

Mawardi mengatakan tantangan yang dihadapi oleh Pemerintahan Desa dalam memenuhi kewajiban serta mendapat pemenuhan hak dalam konsep birokrasi pemerintah Kabupaten Tabalong mengindikasikan tiga hal pokok yang perlu mendapat perhatian.

“Yakni kualitas sumber daya aparatur, sarana dan prasarana pendukung dan pembiayaan program atau kegiatan” katanya.

“Untuk itu kualitas sumber daya aparatur secara bertahap ditingkatkan melalui kegiatan yang bercorak akademik dengan tetap memperhatikan perkembangan kemampuan individu, seperti kegiatan Bimtek pada hari ini” timpalnya.

Ia pun berharap melalui kegiatan bimtek dapat membantu para peserta untuk mampu mengelola administrasi pemerintahan secara lebih baik.

“Dan dapat memenuhi standar pelayanan serta berguna dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat” harap Mawardi.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Tabalong, H. Erwan menyampaikan bimtek ini bertujuan untuk membentuk figur administrasi mampu dengan baik dan benar dalam menyelenggarakan fungsi penatausahaan organisasi.

“Pemerintahan Desa, BPD dan lainnya diharapkan disiplin dalam melakukan pencatatan dan pembukuan registrasi serta laporan sesuai ketentuan yang berlaku” ucapnya.

Erwan mengatakan materi yang disampaikan kali ini diantaranya fungsi administrasi, pengelolaan administrasi pemerintah desa dalam rangka pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

“Kemudian tata usaha dalam menuju administrasi organisasi, pengelolaan administrasi BPD, penduduk, pembangunan dan keuangan desa” sambungnya.

Diketahui, kegiatan bimtek ini dihadiri pemerintahan desa diantaranya 121 sekertaris desa, 121 kaur umum, 121 Badan Pemusyawarahan Desa (BPD) dan kantor Kecamatan yang terdiri dari 12 orang pejabat administrasi umum. Bimtek ini dilaksanakan terhitung tanggal 7 hingga 10 November 2022. (Can)

Artikel terkait

Sinergi Desa Kasiau dengan Perusahaan untuk Tingkatkan Kesejahteraan Warga

TANJUNG, kontrasonline.com - Kepiawaian kepala desa Kasiau Mujiono, SP dalam berkolaborasi dengan perusahaan yang ada diwilayahnya patut dicontoh oleh Kades lainnya dilingkup Bumi Saraba...

Dr Erwan : Musrenbangdes Akan Membuat Desa Kasiau Semakin Maju

TANJUNG, kontrasonline.com - Memberi arahan dan "menjenguk masyarakat", Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tabalong, Dr H. Erwan Mardani menghadiri kegiatan pelaksanaan Musrenbang desa...

Serap Aspirasi Masyarakat, Pemdes Kasiau Gelar Musrenbang

TANJUNG, kontrasonline.com - Menyerap aspirasi warganya, desa Kasiau kecamatan Murung Pudak melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Desa. Kepala Desa Kasiau, Mujiono, SP menyampaikan ada...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Anang Pinta Korpri Tabalong Pangkas Pelayanan Ruwet, Berbelit-belit dan Menyulitkan Rakyat

Korpri harus menjadi Pionir dalam berinovasi TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani menginginkan anggota Korpri di Bumi Saraba Kawa bisa berinovasi di era...

Modus Jual-Beli Arisan Online, Warga Tamiyang Tanta Diringkus Polisi

Warga desa Lumbang Kecamatan Muara Uya alami kerugian hingga Rp 173 juta TANJUNG, kontrasonline.com – Perempuan berinisial FM (23) warga desa Tamiyang kecamatan Tanta harus...

Sabet Prestasi Nasional, PAI Tabalong Kembali Bawa Nama Harum Bumi Sarabakawa

TANJUNG, kontrasonline.com - Dewan Pengurus Cabang Perhimpunan Anggrek Indonesia (DPC PAI) kabupaten Tabalong kembali membawa nama harum Bumi Sarabakawa. Kali ini perkumpulan pencinta anggrek tersebut...

Tim KAN Asesmen Laboratorium DLH Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Tim Assesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan asesmen di UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong. Asesmen yang dilakukan tim...

Monumen Lain Bisa Dibersihkan Vertical Rescue

TANJUNG, kontrasonline.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong mengapresiasi pembersihan yang dilaksanakan oleh Vertical Rescue di Monumen Tanjung Puri, Sabtu (26/11). Plt Kepala Bidang Tata...
error: Maaf, Content is protected !!