Senin, November 28, 2022

Dorong Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu, Bawaslu Provinsi Kalsel Sosialisasi Di Utara Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan forum warga dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Tabalong.

Dalam kegiatan ini Ketua Bawaslu Kalsel, Azhar Ridhanie pun turun langsung untuk mensosialisasikan hal tersebut.

Kegiatan yang digelar di desa Nalui kecamatan Jaro ini dihadiri sejumlah perwakilan ketua RT dan tokoh masyarakat dari tiga desa di wilayah Utara Tabalong yakni Desa Nalui, Jaro serta Namun.

“Kegiatan ini dilaksanakan tujuannya agar dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengawasan Pemilu serentak 2024 nanti” ujar Ketua Bawaslu Kalsel, Azhar Ridhanie, Senin (7/11).

Azhar memaparkan terkait kepemiluan, partisipasi pemilih hingga pengawasan terhadap pelanggaran pemilu.

“Pemilu itu adalah kedaulatan rakyat, dan kedaulatan rakyat itu adalah bagian dari kekuasaan rakyat untuk memilih para calon-calon yang dikehendaki. itu yang disebut bagian dari pemilu” ucapnya.

Ia mengatakan pemilu kedepan akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 dan saat ini sudah mulai masuk beberapa tahapan.

“Tahun 2024 ada tiga proses pemilihan diantaranya pemilihan anggota DPR, pemilihan Presiden dan kepala daerah seperti Gubernur, Walikota dan Bupati, itu secara serentak dilaksanakan” katanya.

“Begitu pentingnya pemilu ini bagi kita semua, apabila kita tidak berpartisipasi kita akan rugi karena kesejahteraan kita semua tergantung pilihan kita semua. Keikutsertaan warga sangat menentukan dalam pemilu” timpalnya.

Terkait pengawasan pelanggaran pemilu, ada beberapa poin yang Ia sampaikan agar bisa diketahui masyarakat.

“Pelanggaran pemilu contohnya seperti aparat pemerintahan ikut politik praktis, misalnya kades ikut berkampanye untuk salah satu partai politik atau calon itu tidak boleh, kades memobilisasi untuk memilih salah satu calon juga tidak boleh” terangnya.

Azhar menyampaikan seorang kades dalam kepemiluan harus independent atau netral.

“Jabatan jangan dijadikan untuk kepentingan politik dan itu tidak boleh. Tapi Alhamdulillah di Tabalong tidak ada, ketaatan aparatur sangat bagus” ucapnya.

Kemudian pelanggaran lain yang sering ditemukan seperti berkampanye di tempat ibadah dan tempat pendidikan.

“Menurut undang-undang itu tidak boleh karena tempat ibadah khusus beribadah saja, jangan sampai Caleg memasang spanduk ini tidak boleh. Tempat-tempat Pendidikan juga tidak boleh” bebernya.

Selain itu, Ia juga menyampaikan terkait money politik yang sering dijumpai dalam pelaksanaan pemilu di Indonesia.

“Money politik itu tidak boleh diterima duitnya, dalam undang-undang yang memberi itu bisa dijerat pidana bisa juga diskualifikasi dan dicabut haknya menjadi Caleg. Saudara-saudara ini sudah terbiasa dengan pemilihan dan pemilu, tinggal bentuk keikutsertaan saudara-saudara, namun keikutsertaan kalian tidak bisa diukur dengan uang” tutur Azhar.

Azhar mengatakan apabila masyarakat ada menemukan pelanggaran terkait kepemiluaan bisa melaporkan ke jajarannya.

“Kalau ditemukan di kecamatan bisa melaporkan ke Panwaslu apabila permasalahan belum selesai akan di tangani Bawaslu kabupaten hingga provinsi dan pusat. Mudah-mudahan tahun 2024 tidak ada pelanggaran berarti, kami harapkan partisipasi masyarakat untuk mensukseskan pemilu mendatang bisa semakin tinggi” tandasnya.

Sementara itu, Kades Nalui, Sudik mengapresiasi Bawaslu Kalsel dan Tabalong sudah mengadakan forum di wilayahnya.

“Kita sangat berterimakasih mendapat kepercayaan ini, semoga dengan acara ini kita bisa memberikan pengetahuan pada masyarakat kita agar pemilu kedepan dapat berjalan lancar dan demokratis” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, acara juga dihadiri Muhammad Radini selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kalsel dan Kabag Pengawasan, Humas dan Datin Bawaslu Kalsel, H. Supriyanto Noor serta Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan beserta jajarannya dan pihak kepolisian. (Can)

Artikel terkait

KPU Tabalong Sosialisasikan PKPU Nomor 7 Tahun 2022

TANJUNG, kontrasonline.com - Dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 mendatang diharapkan para penyelenggara pemilu dapat berkomitmen melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik. Hal itu...

Pelajar SLB Negeri Tabalong Antusias Ikuti Sosialisasi Pemilih Milenial

TANJUNG, kontrasonline.com - Sejumlah pelajar tingkat SLTA di wilayah kota kabupaten Tabalong antusias mengikuti sosialisasi dan pendidikan pemilih segmen pemilih milenial menyongsong Pemilu serentak...

Sosialisasi Pemilih Milenial, KPU Tabalong Sasar Pelajar

TANJUNG, kontrasonline.com - Sosialisasi tentang kepemiluan terus dilakukan KPU kabupaten Tabalong kepada masyarakat di Bumi Sarabakawa. Kali ini, sosialisasi dilaksanakan kepada kaum milenial di wilayah...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Anang Pinta Korpri Tabalong Pangkas Pelayanan Ruwet, Berbelit-belit dan Menyulitkan Rakyat

Korpri harus menjadi Pionir dalam berinovasi TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani menginginkan anggota Korpri di Bumi Saraba Kawa bisa berinovasi di era...

Modus Jual-Beli Arisan Online, Warga Tamiyang Tanta Diringkus Polisi

Warga desa Lumbang Kecamatan Muara Uya alami kerugian hingga Rp 173 juta TANJUNG, kontrasonline.com – Perempuan berinisial FM (23) warga desa Tamiyang kecamatan Tanta harus...

Sabet Prestasi Nasional, PAI Tabalong Kembali Bawa Nama Harum Bumi Sarabakawa

TANJUNG, kontrasonline.com - Dewan Pengurus Cabang Perhimpunan Anggrek Indonesia (DPC PAI) kabupaten Tabalong kembali membawa nama harum Bumi Sarabakawa. Kali ini perkumpulan pencinta anggrek tersebut...

Tim KAN Asesmen Laboratorium DLH Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Tim Assesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan asesmen di UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong. Asesmen yang dilakukan tim...

Monumen Lain Bisa Dibersihkan Vertical Rescue

TANJUNG, kontrasonline.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong mengapresiasi pembersihan yang dilaksanakan oleh Vertical Rescue di Monumen Tanjung Puri, Sabtu (26/11). Plt Kepala Bidang Tata...
error: Maaf, Content is protected !!