Senin, November 28, 2022

PT AAL-1 Tabalong Kembali Laksanakan Program Astra Berbagi Ilmu

TANJUNG, kontrasonline.com – Pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik ataupun dinas Pendidikan saja tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak.

 Termasuk dalam hal ini adalah pemerintah maupun Dunia Usaha dan Dunia Industry (DUDI).

 Sebagai bentuk perhatian pada dunia pendidikan,  PT Astra Agro Lestari (AAL) -1 Tabalong berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tabalong.

Melalui program Astra Berbagi Ilmu, PT. AAL -1  melaksanakan sinkronisasi program  Dunia Industri/ Usaha dengan dunia Pendidikan di SMKN 1 Muara Uya untuk program studi Agrobisnis.

Kepala Team Community Development PT. AAL -1 Suparmono menuturkan Program Astra Berbagi Ilmu Merupakan Program rutin yang di laksanakan Perusahaan sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan di sekolah lingkar perusahaan dan sekitarnya.

Kegiatan tersebut dimulai dengan sosialisasi program kepada sekolah-sekolah yang berada di lingkar PT AAL -1.

“Kegiatan ini sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19 dan PPKM yang membatasi Peserta didik untuk melakukan Tatap Muka di Sekolah” bebernya, Selasa (27/9).

Dalam penyampaiannya Suparmono banyak memberikan motivasi pada Peserta Didik agar siap di dunia kerja.

Ia mengatakan pengembangan diri mutlak diperlukan bagi Peserta Didik untuk kesiapan dalam dunia kerja.

 “Ilmu yang kita dapat di sekolah formal belum tentu terpakai secara keseluruhan, untuk itu perlu pengembangan diri dan Pentingnya mengasah skill yang dimiliki” tandasnya.

“Doa restu orang tua dan selalu berusaha untuk tidak mengecewakannya juga dibutuhkan agar setiap langkah dalam kehidupan bisa lebih baik dan lancar” timpal Suparmono.

Hal senada juga disampaikan divisi Sustainability PT. AAL -1 Tabalong, M. Nurul Huda.

Huda menambahkan tujuan dari kegiatan Astra Berbagi Ilmu adalah memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar perusahaan atau sekolah yang berada di  Tabalong.

“Kami juga memberikan pemahaman sejak dini kepada peserta didik bahwa sawit merupakan sahabat lingkungan dan juga komoditas yang bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan petani sawit” ungkapnya.

Ia juga berharap lewat kegiatan ini warga sekolah terutama Peserta Didik bisa mengetahui ilmu tentang Industri kelapa Sawit yang bisa memberikan kesejahteraan dan mampu memberikan pemahaman bahwa sawit tidak merusak lingkungan jika dilakukan pengelolaan secara profesional.

“Kegiatan ini merupakan program kolaborasi dari divisi Sustainability PT Astra Agro Lestari -1 Tabalong dengan Team Community Development Officer” imbuhnya.

Kegiatan Astra mengajar ini pun mendapatkan sambutan luar biasa dari warga sekolah

Kepala Sekolah SMKN 1 Muara Uya, Rita Herlina, S.P, M.Pd, mengatakan kegiatan Astra mengajar  ini luar biasa dan sangat bermanfaat bagi warga sekolah baik Guru maupun Peserta Didik.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya kerjasama dalam hal pendidikan melalui program guru tamu SMKN 1 Muara Uya yang berkolaborasi dengan program Astra Berbagi Ilmu. Kami juga berharap ada kerjasama program magang baik sebelum lulus melalui prakerin dan program magang kerja untuk peserta didik yang sudah lulus dan belum mendapatkan kesempatan kerja” ujarnya.

“Ke depan mudah-mudahan PT AAL -1 memberi kesempatan kepada warga sekolah untuk melakukan kunjungan ke dalam perusahaan sebagai salah satu Wisata Edukasi kepada peserta didik dan guru” pungkasnya.

Program Astra Berbagi Ilmu ini melibatkan puluhan peserta didik dan perwakilan guru.

Dari PT. AAL -1, materi langsung diberikan oleh Suparmono dan M.Nurul Huda.

Salah satu materi yang disampaikan adalah Sejarah kepala Sawit dan manfaat bagi kehidupan serta Sawit Sebagai Sahabat Lingkungan. (Rel/Boel)

Artikel terkait

Warga Binaan Lapas Sudah Rasakan manfaat CSR PT Pertamina EP Tanjung

TANJUNG, kontrasonline.com – Bantuan PT Pertamina EP Tanjung Field berupa program budidaya tanaman hidroponik di Lapas Tanjung kini sudah membuahkan hasil. Warga binaan Lapas Tanjung...

Mengintip CSR Bidang Ekonomi PT Pertamina EP Tanjung di Murung Pudak

TANJUNG, kontrasonline.com - Keberadaan PT. Pertamina EP Tanjung Field juga memberi manfaat pada warga sekitar perusahaan. PT. Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Regional 3 Zona 9...

PT. HKB Berikan Bantuan Mobil Ambulan Ke Masjid Nurul Rahman

TANJUNG - Bentuk tanggung jawab dan kepedulian terhadap warga Desa Padang Panjang, PT. Harapan Kita Bersama (HKB) memberi bantuan berupa satu unit mobil ambulan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Anang Pinta Korpri Tabalong Pangkas Pelayanan Ruwet, Berbelit-belit dan Menyulitkan Rakyat

Korpri harus menjadi Pionir dalam berinovasi TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani menginginkan anggota Korpri di Bumi Saraba Kawa bisa berinovasi di era...

Modus Jual-Beli Arisan Online, Warga Tamiyang Tanta Diringkus Polisi

Warga desa Lumbang Kecamatan Muara Uya alami kerugian hingga Rp 173 juta TANJUNG, kontrasonline.com – Perempuan berinisial FM (23) warga desa Tamiyang kecamatan Tanta harus...

Sabet Prestasi Nasional, PAI Tabalong Kembali Bawa Nama Harum Bumi Sarabakawa

TANJUNG, kontrasonline.com - Dewan Pengurus Cabang Perhimpunan Anggrek Indonesia (DPC PAI) kabupaten Tabalong kembali membawa nama harum Bumi Sarabakawa. Kali ini perkumpulan pencinta anggrek tersebut...

Tim KAN Asesmen Laboratorium DLH Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Tim Assesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan asesmen di UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong. Asesmen yang dilakukan tim...

Monumen Lain Bisa Dibersihkan Vertical Rescue

TANJUNG, kontrasonline.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong mengapresiasi pembersihan yang dilaksanakan oleh Vertical Rescue di Monumen Tanjung Puri, Sabtu (26/11). Plt Kepala Bidang Tata...
error: Maaf, Content is protected !!