Selasa, November 29, 2022

PAI Tabalong Sabet Sejumlah Prestasi di Harjad Banjarmasin

TANJUNG, kontrasonline.com – Dewan Pengurus Cabang Perhimpunan Anggrek Indonesia (DPC PAI) kabupaten Tabalong menyabet sejumlah prestasi dalam Festival Anggrek Seribu Sungai di Banjarmasin.

Event yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi (Harjad) ke-496 kota Banjarmasin diikuti pecinta anggrek se-Kalsel bahkan menjangkau peserta dari Kalimantan Tengah.

DPC PAI Tabalong yang mengutus delapan anggotanya mampu “berbicara” di event tersebut yang dilaksanakan pada 29 September hingga 1 Oktober 2022 di Screen House Banua Anyar, Banjarmasin.

Salah satu anggota DPC PAI Tabalong, Suparman menuturkan dalam festival tersebut pihaknya mengikuti sejumlah kategori yang dilombakan.

“Ada tiga lomba yang diikuti yaitu lomba anggrek tiga kelas, lomba landscape anggrek dan lomba orchid arrangement atau orchid container garden” tuturnya ketika dihubungi kontrasonline.com, Jum’at (30/9).

Suparman menyebutkan untuk lomba anggrek pihaknya membawa enam tanaman anggrek.

“Kami membawa enam anggrek, tiga anggrek yang meraih juara. Diantaranya kelas non bunga juara 1 dengan jenis anggrek Grammatophyllum Speciosum, kemudian kelas Phalainopsis spesies juara 3 dengan jenis anggrek dibawa Phalainopsis Modesta serta kelas Dendrobium spesies juara 3 jenis anggreknya Morbelianum” sebutnya.

Ia pun menyampaikan selain di lomba anggrek, pihaknya juga meraih juara di lomba landscape anggrek dan lomba orchid arrangement atau orchid container garden.

“Di lomba Arrangement kita meraih juara harapan kedua dan ketiga dari 11 peserta, sedangkan di lomba landscape anggrek kita meraih juara enam” ujar Arman sapaan akrabnya.

Prestasi yang diraih DPC PAI Tabalong ini tak terlepas dari persiapan yang dilakukan sebelum menghadapi Festival Anggrek Seribu Sungai di Banjarmasin.

“Persiapannya itu sekitar tiga minggu, itu kita mencari bahan seperti akar pohon, lumut buat lomba kategori dekorasi landscape dan kalau anggrek ini rawatan punya seluruh anggota kemudian dipilih yang mana terbaik buat diikutkan lomba” ucapnya.

Arman bersama rekannya yang mewakili DPC PAI Tabalong pun merasa bangga bisa mengharumkan nama Bumi Sarabakawa di tingkat provinsi.

“Merasa bangga dan senang karena bisa juara, jadi tambah semangat untuk belajar tentang Anggrek” katanya.

Prestasi ini pun menjadi pembuktian DPC PAI Tabalong kepada pemerintah daerah bahwa mereka bisa mengharumkan nama Bumi Sarabakawa di Kalsel.

“Dari sini siapa tahu ada perhatian lebih dari pemerintah daerah, walaupun kami berangkat dengan swadaya anggota kali ini” bebernya.

Arman berharap prestasi ini tak membuat mereka jumawa dan akan terus mendalami tentang tanaman Anggrek.

“Harapannya kedepan bisa terus berprestasi dan prestasinya terus meningkat dari sebelumnya, dan kita juga tetap mempromosikan anggrek di Tabalong supaya masyarakat lebih mengenal berbagai macam tanaman Anggrek” harapnya.

Diketahui, penyerahan hadiah juara akan dilaksanakan hari ini yang diserahkan oleh Walikota Banjarmasin dan Festival Anggrek Seribu Sungai itu ditutup besok harinya. (Can)

Artikel terkait

Sabet Prestasi Nasional, PAI Tabalong Kembali Bawa Nama Harum Bumi Sarabakawa

TANJUNG, kontrasonline.com - Dewan Pengurus Cabang Perhimpunan Anggrek Indonesia (DPC PAI) kabupaten Tabalong kembali membawa nama harum Bumi Sarabakawa. Kali ini perkumpulan pencinta anggrek tersebut...

UPBS Jaro Bantu Bersihkan Rumah Warga dan Jalan Pasca Banjir

TANJUNG, kontrasonline.com - Warga yang terdampak banjir akibat luapan sungai di desa Solan kecamatan Jaro mulai membersihkan lingkungannya. Pembersihan sisa lumpur akibat luapan air sungai...

Sosialisasi Narkotika Hingga Wawasan Kebangsaan di Camping Pemuda di Taman Hutan Kota Tanjung

TANJUNG, kontrasonline.com - Dibalik pepohonan dan temaramnya cahaya nampak beberapa peserta serius mendengarkan sosialisasi yang disampaikan narasumber di acara Camping Pemuda di Taman Burung...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Anang Pinta Korpri Tabalong Pangkas Pelayanan Ruwet, Berbelit-belit dan Menyulitkan Rakyat

Korpri harus menjadi Pionir dalam berinovasi TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani menginginkan anggota Korpri di Bumi Saraba Kawa bisa berinovasi di era...

Modus Jual-Beli Arisan Online, Warga Tamiyang Tanta Diringkus Polisi

Warga desa Lumbang Kecamatan Muara Uya alami kerugian hingga Rp 173 juta TANJUNG, kontrasonline.com – Perempuan berinisial FM (23) warga desa Tamiyang kecamatan Tanta harus...

Sabet Prestasi Nasional, PAI Tabalong Kembali Bawa Nama Harum Bumi Sarabakawa

TANJUNG, kontrasonline.com - Dewan Pengurus Cabang Perhimpunan Anggrek Indonesia (DPC PAI) kabupaten Tabalong kembali membawa nama harum Bumi Sarabakawa. Kali ini perkumpulan pencinta anggrek tersebut...

Tim KAN Asesmen Laboratorium DLH Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Tim Assesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan asesmen di UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong. Asesmen yang dilakukan tim...

Monumen Lain Bisa Dibersihkan Vertical Rescue

TANJUNG, kontrasonline.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong mengapresiasi pembersihan yang dilaksanakan oleh Vertical Rescue di Monumen Tanjung Puri, Sabtu (26/11). Plt Kepala Bidang Tata...
error: Maaf, Content is protected !!