Senin, November 28, 2022

Kebijakan Keimigrasian Harus Melayani Investasi

TANJUNG, kontrasonline.com – Kantor Imigrasi kelas I TPI Banjarmasin Kemenkumham Kalsel menggelar rapat kordinasi tim pengawasan orang asing (Timpora) di hotel Aston Tanjung, Selasa (27/9).

Kegiatan tersebut dilaksanakan bagi Timpora tingkat kabupaten dan kecamatan se-kabupaten Tabalong dan Balangan.

Kepala Divisi Keimigrasian (Kadiv Imigrasi) kelas I TPI Banjarmasin Kemenkumham Kalsel, Junita Sitorus menutup rakor kali ini adalah rekomendasi amanah dari undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian.

“Karena imigrasi tidak mampu mengawasi orang asing secara mandiri sendiri maka dibuat Timpora yang terdiri dari instansi terkait” tuturnya saat menyampaikan sambutan.

Junita menyebutkan keberadaan pihaknya di kabupaten ini dalam rangka melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan keimigrasian.

“Rapat Timpora ini dikerjakan dalam rangka pertukaran informasi, jadi tim yang dibentuk tiap kabupaten ini harus melakukan sharing informasi, masukan dan memberikan pertimbangan kepada kepala kantor imigrasi sebagai ketua Timpora dalam rangka pengawasan orang asing” sebutnya.

Ia pun membeberkan kebijakan keimigrasian tentang pengawasan orang asing sedang digaris bawahi oleh presiden RI, Jokowi.

“Tiga minggu yang lalu ada pernyataan Presiden tentang iklim investasi di Indonesia yang tidak adaktif dengan kebijakan keimigrasian” bebernya.

Kebijakan keimigrasian harus melayani terhadap investasi dan masuknya tenaga asing ke Indonesia.

“Pengawasan keimigrasian adalah hal yang kedua, jadi layanan investasi dan masuknya tenaga kerja asing yang mendukung iklim investasi mendapat sorotan dan prioritas secara kebijakan nasional keimigrasian” terangnya.

Dalam kebijakan keimigrasian pun imigrasi telah memangkas waktu layanan, yang semula 14 hari sekarang dua hari untuk layanan izin tinggal.

“Ini sangat perlu kita garis bawahi dalam pengawasan orang asing, bisa kami sampaikan bahwa masuknya proses orang asing sampai dia tinggal dan berinvestasi di Indonesia adalah layanan visa dulu, kemudian layanan izin tinggal lalu kita awasi oleh Timpora” ujar Junita.

Junita menyampaikan apa yang diindikasikan oleh Presiden bahwa pengawasan orang asing jangan terlalu keras.

“Kalau keras sehingga tidak baik untuk iklim investasi. Jika ditemukan pelanggaran keimigrasian baru dilakukan pengawasan, apabila tidak ada hal-hal dicurigai dan tidak ada hal-hal yang perlu untuk ditindaklanjuti pengawasan keimigrasian agar dilakukan secara terhormat” ucapnya.

“Saya mengingatkan bahwa pengawasan keimigrasian dilakukan dengan cara elegan, santun dan ramah. Kalau yang bersangkutan melakukan pelanggaran tinggal kita angkut tidak perlu dengan wajah tidak ramah” timpalnya.

Ia mengatakan hukum penegakan keimigrasian tentang pelanggaran keimigrasian sudah terstruktur dan sudah ada dasar-dasarnya.

“Jadi jika yang bersangkutan dicurigai melakukan pelanggaran keimigrasian silahkan dikontak kepala kantor imigrasi agar dilakukan pendalaman lebih lanjut” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Tim KAN Asesmen Laboratorium DLH Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Tim Assesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan asesmen di UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong. Asesmen yang dilakukan tim...

Monumen Lain Bisa Dibersihkan Vertical Rescue

TANJUNG, kontrasonline.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong mengapresiasi pembersihan yang dilaksanakan oleh Vertical Rescue di Monumen Tanjung Puri, Sabtu (26/11). Plt Kepala Bidang Tata...

Jelang HUT ke 57 Tabalong, Vertical Rescue dan DLH Bersihkan Tugu Obor

TANJUNG, kontrasonline.com - Monumen Tanjung Puri atau sering dikenal Tugu Obor yang terletak di kelurahan Mabu'un kecamatan Murung Pudak terlihat sedang dilakukan perawatan. Perawatan monumen...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Anang Pinta Korpri Tabalong Pangkas Pelayanan Ruwet, Berbelit-belit dan Menyulitkan Rakyat

Korpri harus menjadi Pionir dalam berinovasi TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani menginginkan anggota Korpri di Bumi Saraba Kawa bisa berinovasi di era...

Modus Jual-Beli Arisan Online, Warga Tamiyang Tanta Diringkus Polisi

Warga desa Lumbang Kecamatan Muara Uya alami kerugian hingga Rp 173 juta TANJUNG, kontrasonline.com – Perempuan berinisial FM (23) warga desa Tamiyang kecamatan Tanta harus...

Sabet Prestasi Nasional, PAI Tabalong Kembali Bawa Nama Harum Bumi Sarabakawa

TANJUNG, kontrasonline.com - Dewan Pengurus Cabang Perhimpunan Anggrek Indonesia (DPC PAI) kabupaten Tabalong kembali membawa nama harum Bumi Sarabakawa. Kali ini perkumpulan pencinta anggrek tersebut...

Tim KAN Asesmen Laboratorium DLH Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Tim Assesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan asesmen di UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong. Asesmen yang dilakukan tim...

Monumen Lain Bisa Dibersihkan Vertical Rescue

TANJUNG, kontrasonline.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong mengapresiasi pembersihan yang dilaksanakan oleh Vertical Rescue di Monumen Tanjung Puri, Sabtu (26/11). Plt Kepala Bidang Tata...
error: Maaf, Content is protected !!