Rabu, Februari 1, 2023

Penanaman Pohon di Objek Wisata, KPH Tabalong Tawarkan Bibit Gratis

TANJUNG, kontrasonline.com – Penanaman puluhan pohon oleh Duta Pariwisata bersama Pokdarwis Wisata Danau Tanjung Puri mendapat dukungan dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tabalong.

Selain memberikan bantuan bibit pohon, KPH Tabalong juga turut andil ikut melakukan penanaman di wisata yang terletak di desa Kasiau.

Kasi Perlindungan Hutan (Linhut) KPH Tabalong, Aris Setiawan bersama anggotanya terlihat ikut menanam sejumlah bibit pohon di area lokasi penanaman, , Minggu (21/8).

Aris menuturkan setidaknya ada ratusan batang pohon yang pihaknya bantu untuk kegiatan penanaman Duta Pariwisata Tabalong.

“Ada 300 batang pohon yang kami beri, diantaranya Johar 100 batang, Mahoni 50 batang, Spathodea 50 batang, Tanjung 50 batang serta Trembesi 50 batang. Semuanya tanaman peneduh” tuturnya kepada kontrasonline.com.

Pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh rekan-rekan Duta Pariwisata Tabalong serta Pokdarwis Danau Tanjung Puri.

“Kami sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, hal in sejalan dengan program Gubernur Kalimantan Selatan yang tertuang dalam Perda nomor 7 tahun 2018 tentang revolusi hijau, yang mana mewajibkan semua stekholder baik swasta, pemerintah daerah maupun masyarakat untuk senantiasa menghijaukan bumi Kalimantan Selatan” paparnya.

Ia menyampaikan bagi yang ingin meminta bibit gratis bisa datang ke kantor KPH Tabalong.

“Syaratnya cukup mudah, kalau perorangan atau pribadi syaratnya cuma fotokopi KTP dan akan mendapatkan 25 batang dan untuk komunitas atau kelompok cukup berupa surat permohonan” ujar Aris.

Sementara itu, Perwakilan Disporapar Tabalong, Rusmiati juga mengapresiasi Pokdarwis serta Duta Pariwisata yang sudah mengupayakan untuk penanaman pohon di Danau Tanjung Puri.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada KPH Tabalong dan PT Adaro Indonesia yang sudah membantu bibit” ucapnya.

Rusmiati mengatakan penanaman pohon kali merupakan kegiatan yang ketiga kalinya dilaksanakan di lokasi wisata Danau Tanjung Puri.

“Pertama dengan Bupati serta sejumlah komunitas, kedua oleh mahasiswa UGM dan kegiatan ini yang ketiga. Lokasi ini memang cukup luas, jadi memang penanaman tidak cukup sekali berikut juga perawatannya” katanya.

Ia pun mewakili Disporapar Tabalong berharap bibit pohon yang ditanam bisa berkembang dengan baik.

“Harapannya ketika sudah dilakukan penanaman ini mudah-mudahan tanaman ini dapat dirawat hingga tumbuh berkembang, sehingga menjadikan Tanjung Puri ini benar-benar hijau dan teduh untuk tempat berwisata serta akan menarik minat wisatawan lebih tinggi lagi” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Dua hari Bamasung, Punguti 2,9 Ton Sampah di Sungai Tabalong

Komunitas Haing Barami Sabet Juara 1 Pengumpul Sampah Terbanyak TANJUNG, kontrasonline.com - Kegiatan Balarut Maharagu Sungai (Bamasung) ke 4 resmi berakhir, Minggu (25/12) kemarin. Peserta yang...

Lepas Bamasung 4, Kalak BPBD Tabalong Ajak Jaga Sungai

TANJUNG, kontrasonline.com - Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Tabalong, Zahirsyah Munawar menginginkan masyarakat yang berada di bantaran sungai bisa ikut berpartisipasi untuk merawat lingkungan sungai...

Bamasung 4 Digelar, Puluhan Pelanting Berlomba Menjadi Terbaik

TANJUNG, kontrasonline.com - Puluhan lanting diterjunkan ke sungai Tabalong, Minggu (24/12). Lanting yang berisi empat orang tersebut akan menyisiri sungai Tabalong dari kelurahan Sulingan hingga...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Berdalih Faktor Ekonomi, Ogok dan Tinghuy Jajakan Ribuan Obat Terlarang di Muara Uya

TANJUNG, kontrasonline.com - Kapolres Tabalong, AKBP Anib Bastian menyebut tersangka inisial RM alias Ogok (25) dan JW alias Tinghuy (20) mengaku menjual ribuan obat...

Sangadji Digantikan Teman Masa Kecilnya

TANJUNG, kontrasonline.com - Wajah berseri dengan seulas senyum nampak menghiasi wajah "Srikandi Tabalong" yang terpilih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Tabalong. Usai seremoni dan prosesi pelantikan,...

Hj Hamida Sekda Perempuan Pertama di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Mendapatkan jabatan baru sebagai Sekretaris daerah (Sekda) dilingkup pemkab Tabalong sesuai surat keputusan  Bupati Tabalong Nomor 800.1.3.3/21/2023 tentang pengangkatan pejabat pimpinan...

Hj. Hamida Resmi Duduki Jabatan Sekda Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Terjawab sudah teka-teki siapa yang bakal mengisi kursi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabalong. Hj. Hamida Munawarah, ST, MT yang sebelumnya menjabat...

Anang Pinta Baznas Tabalong Berperan Tekan Angka Kemiskinan

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani menginginkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dapat berperan menekan angka kemiskinan di Bumi Sarabakawa. Hal itu Ia...
error: Maaf, Content is protected !!