Kamis, Agustus 11, 2022

Warga Garunggung Inginkan Jembatan “Antik” Diganti dengan Rangka Baja

TANJUNG, kontrasonline.com – Kondisi jembatan gantung yang ada di RT. 03 desa Garunggung sudah terbilang memprihatinkan.

Papan lantai ulin dan gelagar sudah mulai melapuk karena dimakan usia. Tali pengaman di empat sisi kiri-kanan jembatan juga sudah putus akibat tersangkut pohon yang hanyut saat air sungai meluap.

Tak ingin sampai menimbulkan korban, puluhan warga Garunggung melakukan gotong-royong secara mandiri memperbaiki jembatan.

Tokoh masyarakat sekaligus pambakal tuha, Abdul Wahab menuturkan jembatan gantung yang mereka perbaiki ini dibangun tahun 1991.

“Dibangunnya tahun 1991, era Bupati Dandung. Artinya usianya sudah 30 an tahun” terangnya pada kontrasonline.com, kemarin.

Abdul Wahab mengatakan sejak dibangun hingga sekarang jembatan dengan panjang sekitar 100 meter ini baru dua kali disentuh perbaikan.

Pada hal, sambungnya, peran jembatan ini sangat vital bagi warga Garunggung bahkan warga desa sekitarnya.

“Hampir 90 persen warga kami melewati jembatan ini untuk pergi ke kebun karet ataupun sawah. Bahkan warga dari Kasiau dan Kalahang juga ada melewati jembatan ini untuk pergi ke kebun” bebernya.

Kepala desa tahun 1977 sampai 2001 ini mengatakan jembatan ini memilik peran yang sangat penting untuk perekonomian warga

“Ada seratusan hektar kebun karet dan belasan hektar sawah milik warga yang untuk mencapainya harus lewat jembatan gantung ini. Dalam satu minggu setidaknya lebih dari 10 ton karet yang diangkut warga melalui akses ini” ungkapnya.

“Kalau sampai rusak parah, aktifitas perekonomian kami akan terganggu” imbuhnya.

Ia berharap agar pemerintah daerah lewat dinas PUPR  bisa membuatkan jembatan gantung yang sifatnya permanen.

“Supaya lebih tahan lama kami mohon supaya dibuatkan jembatan rangka baja seperti yang ada di Pangkalan Hikun” ujarnya.

Keinginan tersebut diangguki banyak warga.

“Sadang dah dibaikikan jembatan antik ngini, kayapa kada disambat antik mun lawas banar sudah kada dibaiki (saatnya sudah diperbaiki jembatan tua ini, bagaimana tidak disebut antik kalau sudah lama tidak pernah ada perbaikan)” celetuk seorang warga yang disambut senyum lebar warga lainnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Azhar.

“Kalau bisa jembatan ulin ini diganti dengan yang rangka baja, pembangunannya ditinggikan lagi dari yang sekarang agar tidak ada kayu yang nyangkut saat sungai meluap” pintanya sambil memasang papan ulin.

“Untuk perbaikan jembatan swdaya masyarakat hari ini insyaallah sore ini juga selesai” sambungnya.

Sementara itu, kepala desa Garunggung, Mahyudin mengatakan usulan perbaikan atau penggantian jembatan gantung ini sejak beberapa tahun lalu sudah disampaikan lewat Musrenbang Desa dan Kecamatan.

“Bahkan untuk Musrenbang Desa tahun 2021 lalu kami malah hanya memasukkan satu usulan yakni penggantian jembatan ulin ini menjadi jembatan rangka baja” tandasnya.

Ia menambahkan jembatan tersebut juga menghubungkan desa Garunggung dengan desa Kasiau Raya dan desa Kasiau.

“Desa Kasiau juga memasukkan usulan jembatan ini dalam musrenbang. Lewat jembatan ini jarak ke Kasiau hanya sekitar 7 km” ujarnya.

Mahyudin juga menyampaikan pihak desa tidak bisa menganggarkan biaya perbaikan atau perawatan jembatan tersebut.

“Jembatan tersebut milik pemda, kami di desa tidak bisa menganggarkan karena bukan kewenangan kami, itu kewenangannya pemda” timpalnya.

Sama seperti warganya, Mahyudin juga berharap agar jembatan ulin ini bisa segera diganti dengan rangka baja.

“Kalau disetujui, jembatan rangka baja akan dibangun di RT. 02 karena pada pemerintahan daerah sebelumnya dilokasi tersebut sudah direncanakan untuk dibangun jembatan permanen. Warga sudah sepakat dan pemilik lahan disekitarnya juga siap untuk dibebaskan” pungkasnya.

Satu gulung tali pengaman, 7 gelagar ulin, 20 keping papan ulin dan 20 keping papan kayu biasa yang dihabiskan warga untuk memperbaiki jembatan.

Terpisah, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Tabalong, Sunengsi saat dihubungi via WhatsApp mengatakan pihaknya akan segera ke lokasi.

“Iya, nanti kami cek, untuk perencanaannya nanti kami coba diusahakan di anggaran perubahan” jawabnya. (Boel)

Artikel terkait

Bumdes Maju Jaya Sabet Juara 1 Terbaik Kalsel

TANJUNG, kontrasonline.com - Untuk ke sekian kalinya prestasi kembali diraih oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Jaya desa Padang Panjang kecamatan Tanta. Kali ini...

Aktifitas Warga Desa Garunggung Kembali Normal Lewati Jembatan Gantung

120 Keping Papan Ulin untuk Ganti Lantai Jembatan Gantung TANJUNG, kontrasonline.com - Merespon perbaikan jembatan gantung kayu ulin di RT. 03 Desa Garunggung yang...

Kades Kasiau Berharap Warganya Menerima Manfaat Dari Desa Bersinar

TANJUNG, kontrasonline.com - Dicanangkannya  desa Kasiau menjadi salah satu dari Desa Bersih dari narkoba (Bersinar) oleh BNNK Tabalong mendapat sambutan positif dari Kepala Desa...

1 KOMENTAR

  1. Jar siapa lahan di rt 2 gasan maolah . Jembatan gantung rangka baja ada kantut babanyu Mun manajak dilahan kami parai kecuali jembatan beton supaya Trak bisa lewat bisa
    Kenapa di sebut jembatan antik
    Di karenakan kada sudah dapat Ulin lagi bila lantai patah ini di susupi pakai kayu lamah pemdesnya payah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Wakil Bupati Tabalong Lantik 3 Kepala Desa PAW

TANJUNG, kontrasonline.com - Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi melantik tiga orang pengganti antar waktu (PAW) kepala desa, Kamis (11/8). PAW kepala desa ini dilakukan untuk...

Kecelakaan Di Tugu Obor, Dua Korban Dibawa Ke RSUD HBK

Dalam minggu ini sudah terjadi tiga kali kecelakaan TANJUNG, kontrasonline.com - Kecelakaan lalu lintas di kawasan monumen Tanjung Puri atau Tugu Obor kelurahan Mabu'un kecamatan...

Berikut Kriteria Penilaian Lomba Pos Kamling di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Dalam pelaksanaan lomba Pos Kamling ada sejumlah kategori yang harus diperhatikan bagi peserta yang ikut berpartisipasi. Kasatpol-PP dan Damkar Tabalong, Abdul Halim...

Noor Farida Minta Fasilitas Olah Raga di Selatan Tabalong Diperhatikan

TANJUNG, kontrasonline.com - Fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang masih dianggap minim khususnya di wilayah Selatan Bumi Saraba Kawa mendapat sorotan anggota DPRD Tabalong. Hj....

Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran di Lahan Kosong Desa Karangan Putih

TANJUNG, kontrasonline.com – Kebakaran lahan terjadi di desa Karangan Putih RT 06 kecamatan Kelua pada Selasa (9/8) siang kemarin.  Lahan milik warga setempat yang terbakar...
error: Maaf, Content is protected !!