Kamis, Agustus 11, 2022

Dana Desa Bisa Buat Berdayakan Masyarakat Anti Narkoba

TANJUNG, kontrasonline.com – Wakil Bupati H. Mawardi menyambut baik dan mengapresiasi dicanangkannya desa bersih dari narkoba (Bersinar) oleh Badan Nasional Narkotika (BNN) kabupaten Tabalong.

“Satu hal yang menurut saya menjadi agak spesial, yaitu kegiatan penanganan narkoba   dalam wujud desa Bersinar ini nantinya sangat bermanfaat dalam penanganan, pencegahan dan pemberantasan peredaran narkoba di daerah Bumi Sarabakawa” ucapnya saat memberi sambutan, Kamis (28/7) di depan kantor desa Kasiau.

Mawardi mengatakan penyalahgunaan dan peredaran narkoba merupakan permasalahan serius yang tidak hanya dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Tabalong, tetapi juga dihadapi oleh seluruh bangsa dan negara Indonesia.

“Hampir setiap hari kita melihat melalui media cetak maupun media elektronik ada pemakai, pengedar, bahkan pabrik besar pembuat narkoba yang ditangkap dan disegel oleh aparat, tapi kenyataannya penyebaran dan peredaran narkoba seperti tak kunjung usai” bebernya.

 Meskipun pemerintah telah berupaya memberikan efek jera melalui penerapan hukuman yang berat bagi penyalahgunaan narkoba, baik pengedar maupun pemakainya, namun hal tersebut terasa belum optimal sambungnya.

“Terkait Pencanangan Desa Bersinar ini bentuk kesadaran kita akan bahaya narkoba yang sangat merusak bahkan mematikan, masyarakat pun kita gandeng untuk bersama-sama peduli” ujarnya.

“Di Tabalong sendiri Alhamdulillah sudah terdapat dua desa yang dicanangkan sebagai Desa Bersinar yakni Desa Kasiau, Desa Seradang, Kelurahaan Mabu’un, Kelurahan Hikun dan Kelurahan Pembataan” sambungnya.

Orang nomor dua di bumi Saraba Kawa  ini juga berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial belaka.

“Upaya memberantas dan pencegahan narkoba bukan hanya kerja BNN maupun polisi yang turun tangan, tapi juga masyarakat, kades, lurah serta camat termasuk tokoh masyarakat dan pemuka agama pun harus turun tangan” tandasnya.

Ia menegaskan ancaman narkoba sangat serius sehingga perlu keterlibatan semua pihak dalam menangkal masuknya narkoba ke kampung- kampung.

“Selama ini, bandar luar yang banyak “main” di daerah kita, nantinya kita adakan pembinaan masyarakat, pencegahan dan kita bangun jaringan informasi terhadap masyarakat disemua desa di Tabalong” imbuhnya.

Amanat dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), dana desa juga bisa digunakan untuk pencegahan narkoba melalui pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

 “Dana desa bisa kita diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan salah satunya adalah bagaimana memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan bahaya dari narkoba, bagaimana menguatkan pranata keluarga, sosial, agar mereka mengatakan say no to narkoba” jelasnya.

Menurutnya, ini merupakan salah satu langkah yang sangat taktis, dimana proteksi yang paling efektif adalah di tingkat perdesaan.

“Perdesaan tidak boleh diintervensi oleh narkoba. Dengan penguatan modal sosial yang ada di perdesaan harusnya mampu menanggulangi serta mampu membersihkan seluruh potensi yang menyebabkan pengaruh dari luar untuk membawa narkoba ke desa-desa” pungkasnya. (Boel)

Artikel terkait

Bumdes Maju Jaya Sabet Juara 1 Terbaik Kalsel

TANJUNG, kontrasonline.com - Untuk ke sekian kalinya prestasi kembali diraih oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Jaya desa Padang Panjang kecamatan Tanta. Kali ini...

Aktifitas Warga Desa Garunggung Kembali Normal Lewati Jembatan Gantung

120 Keping Papan Ulin untuk Ganti Lantai Jembatan Gantung TANJUNG, kontrasonline.com - Merespon perbaikan jembatan gantung kayu ulin di RT. 03 Desa Garunggung yang...

Warga Garunggung Inginkan Jembatan “Antik” Diganti dengan Rangka Baja

TANJUNG, kontrasonline.com - Kondisi jembatan gantung yang ada di RT. 03 desa Garunggung sudah terbilang memprihatinkan. Papan lantai ulin dan gelagar sudah mulai melapuk karena...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Wakil Bupati Tabalong Lantik 3 Kepala Desa PAW

TANJUNG, kontrasonline.com - Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi melantik tiga orang pengganti antar waktu (PAW) kepala desa, Kamis (11/8). PAW kepala desa ini dilakukan untuk...

Kecelakaan Di Tugu Obor, Dua Korban Dibawa Ke RSUD HBK

Dalam minggu ini sudah terjadi tiga kali kecelakaan TANJUNG, kontrasonline.com - Kecelakaan lalu lintas di kawasan monumen Tanjung Puri atau Tugu Obor kelurahan Mabu'un kecamatan...

Berikut Kriteria Penilaian Lomba Pos Kamling di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Dalam pelaksanaan lomba Pos Kamling ada sejumlah kategori yang harus diperhatikan bagi peserta yang ikut berpartisipasi. Kasatpol-PP dan Damkar Tabalong, Abdul Halim...

Noor Farida Minta Fasilitas Olah Raga di Selatan Tabalong Diperhatikan

TANJUNG, kontrasonline.com - Fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang masih dianggap minim khususnya di wilayah Selatan Bumi Saraba Kawa mendapat sorotan anggota DPRD Tabalong. Hj....

Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran di Lahan Kosong Desa Karangan Putih

TANJUNG, kontrasonline.com – Kebakaran lahan terjadi di desa Karangan Putih RT 06 kecamatan Kelua pada Selasa (9/8) siang kemarin.  Lahan milik warga setempat yang terbakar...
error: Maaf, Content is protected !!