Kamis, Agustus 11, 2022

DKPPTPH Tabalong Gelar Lomba Memasak Serba Ikan

TANJUNG, kontrasonline.com – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura bersama dengan TP PKK Kabupaten Tabalong menggelar lomba memasak serba ikan.

Kegiatan yang bertempat di Pendopo Bersinar itupun disambut meriah puluhan ibu-ibu dari Tim Penggerak PKK se kecamatan, Rabu (29/6).

Dalam acara tersebut, Ketua TP Kabupaten Tabalong, Hj Syarifah Syifa secara resmi langsung membuka lomba memasak serba ikan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabalong, H Muhammad Mugeni menyampaikan lomba masak serba ikan ini adalah agenda tahunan pihaknya.

“Kegiatan ini hasil kerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong yang berkelanjutan lomba ke tingkat provinsi Kalsel hingga ke tingkat Nasional.” jelasnya.

Mugeni membeberkan lomba tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta untuk memasak menu berbahan baku ikan. 

“Memperkenalkan inovasi menu masakan dan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas, menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi, serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan, serta membudayakan makan ikan” bebernya.

Selain itu untuk mendukung pemanfaatan sumberdaya ikan yang berkedaulatan dan berkelanjutan untuk kesejahteraan dan meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI) Kabupaten Tabalong. 

“Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antara Tim Penggerak PKK Kabupaten dengan Tim Penggerak PKK Kecamatan” tuturnya.

Diketahui, ada tiga kategori menu yang diperlombakan pada masak serba ikan tingkat Kabupaten Tabalong ini, yaitu menu keluarga, menu balita dan menu kudapan atau snak.

“Masakan mereka dinilai oleh TP PKK Kabupaten Tabalong, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura serta Chef Aston Tanjung City Hotel, Ahli Gizi dari Dinas Kesehatan serta ahli Tata Boga pada SMKN 1 Tanjung” ucapnya.

Pada lomba tersebut keluar sebagai juara untuk menu keluarga yaitu juara 1 Kecamatan Tanjung, juara II Kecamatan Bintang Ara, juara III Kecamatan Kelua dan Juara Harapan dari Kecamatan Banua Lawas.

Sementara untuk menu kudapan, Juara I diraih Kecamatan Upau, Juara II Kecamatan Muara Harus, Juara III Kecamatan Muara Uya dan Juara Harapan direbut Kecamatan Murung Pudak.

Sedangkan menu balita keluar sebagai Juara I Kecamatan Pugaan, Juara II Kecamatan Jaro, Juara III Kecamatan Haruai dan Juara Harapan dari Kecamatan Tanta sementara itu keluar sebagai Juara Favorit Kecamatan Tanjung. (Can)

Artikel terkait

Berikut Kriteria Penilaian Lomba Pos Kamling di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Dalam pelaksanaan lomba Pos Kamling ada sejumlah kategori yang harus diperhatikan bagi peserta yang ikut berpartisipasi. Kasatpol-PP dan Damkar Tabalong, Abdul Halim...

Kompetisi Berakhir, Ini Pemenang Utuh Diyang Tanjung 2022

TANJUNG, kontrasonline.com - Grand Final pemilihan Utuh Diyang Tanjung telah selesai.Setelah melewati sejumlah tahapan penilaian akhirnya dewan juri memutuskan pemenang kompetisi bergengsi tersebut. Utuh Diyang...

12 Pasangan Rebutkan Predikat Utuh Diyang Tanjung 2022

TANJUNG, kontrasonline.com - 12 pasangan berlaga dibabak grand final Utuh Diyang Tanjung yang dilaksanakan di Pendopo Bersinar, Selasa (9/8). Para peserta yang terpilih melalui berbagai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Berikut Kriteria Penilaian Lomba Pos Kamling di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Dalam pelaksanaan lomba Pos Kamling ada sejumlah kategori yang harus diperhatikan bagi peserta yang ikut berpartisipasi. Kasatpol-PP dan Damkar Tabalong, Abdul Halim...

Noor Farida Minta Fasilitas Olah Raga di Selatan Tabalong Diperhatikan

TANJUNG, kontrasonline.com - Fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang masih dianggap minim khususnya di wilayah Selatan Bumi Saraba Kawa mendapat sorotan anggota DPRD Tabalong. Hj....

Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran di Lahan Kosong Desa Karangan Putih

TANJUNG, kontrasonline.com – Kebakaran lahan terjadi di desa Karangan Putih RT 06 kecamatan Kelua pada Selasa (9/8) siang kemarin.  Lahan milik warga setempat yang terbakar...

Meriahkan HUT RI ke 77, Satpol-PP dan Damkar Tabalong Gelar Lomba Pos Kamling

TANJUNG, kontrasonline.com – Memperingati HUT Republik Indonesia ke 77 tahun ini banyak lomba-lomba yang akan digelar baik oleh masyarakat maupun organisasi dan instansi pemerintah. Di...

DPRD Tabalong Sepakati Perubahan KUA PPAS Tahun 2022 dan KUA PPAS Tahun 2023

TANJUNG, kontrasonline.com - Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Tabalong telah sepakati Perubahan KUA PPAS Tahun 2022 dan KUA PPAS...
error: Maaf, Content is protected !!