Kamis, Agustus 11, 2022

Bupati : Sertifikat Jikamaka dan BLK Menjadi Pertimbangan dalam Dunia Kerja

TANJUNG, kontrasonline.com – Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani mengapresiasi Jikamaka yang terus menggelar pelatihan kerja dan kewirausahaan di Bumi Sarabakawa.

Hal itu Ia sampaikan saat membuka Program Kecakapan Kerja dan Program Kecakapan Wirausaha di gedung Sarabakawa, Kamis (30/6).

“Ini adalah pelatihan terbesar yang pernah dilakukan sejak pandemi Covid-19, oleh sebab itu pemerintah kabupaten Tabalong wajib hukumnya memberikan apresiasi kepada Jikamaka karena terus menerus menggelorakan irama pelatihan kerja dan kewirausahaan” ujarnya.

Anang menyebutkan Jikamaka mempunyai andil dalam mensukseskan program prioritas pembangunan Tabalong yaitu mencetak wirausaha baru dan tenaga terampil.

“Pada tahun 2019 sampai 2024 target kita menciptakan 10 ribu orang wirausaha baru dan tenaga terampil, tapi pada 31 Desember 2021 tadi itu realisasinya sudah 13.500 orang. Dan jujur saja sebagian besar itu sumbangsih Jikamaka” sebutnya.

Terkait perkembangan Tabalong kedepan menyambut IKN, Ia ingin anak muda bisa membela diri dengan keterampilan agar bisa bersaing.

“Jangan sampai orang Tabalong jadi penonton di daerah sendiri, kita semua harus jadi pemain. Sekitar 4 tahun lalu orang mengikuti pelatihan ini untuk mengisi waktu saja tetapi sekarang tidak, karena kalau ingin menjadi pemain kita harus memiliki nilai lebih salah satu caranya mengikuti pelatihan” ujarnya.

Ia menerangkan ketika ada sertifikat pelatihan dari Jikamaka atau BLK pasti akan menjadi pertimbangan dalam dunia kerja.

“Dan bisa bersaing dengan alumni pelatihan lainnya. Saya percaya pelatihan itu penting bagi kalian, pendidikan boleh tinggi tapi kalau tidak ada keterampilan cukup susah bersaing di dunia kerja” terangnya.

“Melalui pelatihan dari Jikamaka, BLK ataupun lainnya kita bisa menjawab lulusannya bisa sukses. Kita tidak lagi bergantung dengan sektor tambang tetapi kita ubah menciptakan wirausaha sebanyak-banyaknya terlebih IKN sudah dipastikan di kabupaten Penajam Paser Utara” timpal orang nomor satu di Bumi Sarabakawa itu.

Anang juga menyampaikan semakin banyak pihaknya menyiapkan tenaga terampil dan wirausaha maka Tabalong semakin siap menjadi daerah penyangga IKN.

“Kita sudah dijalan yang benar baik dalam mengembangkan UMKM dan meningkatkan kualitas tenaga kerja kita. Saya menitipkan masa depan Tabalong dengan kalian, siapkan diri sebaik-baiknya untuk berkarya untuk Tabalong yang kita cintai” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Berikut Kriteria Penilaian Lomba Pos Kamling di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Dalam pelaksanaan lomba Pos Kamling ada sejumlah kategori yang harus diperhatikan bagi peserta yang ikut berpartisipasi. Kasatpol-PP dan Damkar Tabalong, Abdul Halim...

Kompetisi Berakhir, Ini Pemenang Utuh Diyang Tanjung 2022

TANJUNG, kontrasonline.com - Grand Final pemilihan Utuh Diyang Tanjung telah selesai.Setelah melewati sejumlah tahapan penilaian akhirnya dewan juri memutuskan pemenang kompetisi bergengsi tersebut. Utuh Diyang...

12 Pasangan Rebutkan Predikat Utuh Diyang Tanjung 2022

TANJUNG, kontrasonline.com - 12 pasangan berlaga dibabak grand final Utuh Diyang Tanjung yang dilaksanakan di Pendopo Bersinar, Selasa (9/8). Para peserta yang terpilih melalui berbagai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Berikut Kriteria Penilaian Lomba Pos Kamling di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Dalam pelaksanaan lomba Pos Kamling ada sejumlah kategori yang harus diperhatikan bagi peserta yang ikut berpartisipasi. Kasatpol-PP dan Damkar Tabalong, Abdul Halim...

Noor Farida Minta Fasilitas Olah Raga di Selatan Tabalong Diperhatikan

TANJUNG, kontrasonline.com - Fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang masih dianggap minim khususnya di wilayah Selatan Bumi Saraba Kawa mendapat sorotan anggota DPRD Tabalong. Hj....

Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran di Lahan Kosong Desa Karangan Putih

TANJUNG, kontrasonline.com – Kebakaran lahan terjadi di desa Karangan Putih RT 06 kecamatan Kelua pada Selasa (9/8) siang kemarin.  Lahan milik warga setempat yang terbakar...

Meriahkan HUT RI ke 77, Satpol-PP dan Damkar Tabalong Gelar Lomba Pos Kamling

TANJUNG, kontrasonline.com – Memperingati HUT Republik Indonesia ke 77 tahun ini banyak lomba-lomba yang akan digelar baik oleh masyarakat maupun organisasi dan instansi pemerintah. Di...

DPRD Tabalong Sepakati Perubahan KUA PPAS Tahun 2022 dan KUA PPAS Tahun 2023

TANJUNG, kontrasonline.com - Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Tabalong telah sepakati Perubahan KUA PPAS Tahun 2022 dan KUA PPAS...
error: Maaf, Content is protected !!