Sabtu, Juni 25, 2022

Desa Tanta Incar Juara Lomba Desa dan Karang Taruna Tingkat Provinsi

TANJUNG, kontrasonline.com – Desa Tanta kecamatan Tanta  mewakili Tabalong dalam lomba desa tingkat provinsi Kalimantan Selatan.

Kali ini, desa tersebut kedatangan tim penilai provinsi yang akan melakukan penilaian lapangan.

Desa Tanta kedatangan tim penilai provinsi yang akan melakukan penilaian lapangan dalam lomba desa tingkat provinsi Kalimantan Selatan.

Tim penilai yang dipimpin, Syaifullah langsung disambut Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani beserta jajarannya dan pemerintah desa Tanta di kantor desa setempat, Rabu (22/6).

Kepala Desa Tanta, Budi Irianto memberikan apresiasi kepada pemerintahan Tabalong yang telah melakukan pembinaan.

“Serta dukungan masyarakat sehingga kami dapat mengikuti lomba desa tingkat provinsi Kalsel” ujarnya saat menyampaikan sambutan.

Budi pun berharap desa Tanta bisa mendapatkan hasil terbaik dalam tersebut.

“Selama ini kami berjuang keras karena mengikuti dua lomba yaitu lomba desa tingkat provinsi dan lomba karang taruna tingkat provinsi, mudah-mudahan kita mendapatkan dobel winner” harapnya.

Ia mengatakan keinginan mendapatkan posisi terbaik tidaklah berlebihan karena desa Tanta sudah mencanangkan sebagai desa digital, mandiri dan banyak prestasi.

“Jadi tidak ada alasan kami menolak apabila ditunjuk mewakili provinsi lomba desa tingkat nasional” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani menuturkan kedatangan tim penilai provinsi Kalsel merupakan suatu kehormatan bagi pihaknya.

“Paling tidak kedatangan beliau-beliau ini memberikan harapan kepada Desa Tanta kalau tidak juara 1, 2, 3 atau 4, tetapi tradisi nomor 1 memang ada di Tanta oeh sebab itu harapan kades tadi bisa terkabul” tuturnya.

Ia beralasan desa yang berada di kecamatan Tanta memiliki tradisi juara karena diuntungkan berdekatan dengan jalan provinsi.

“Sehingga desa ini tumbuh dan berkembang dengan baik, masyarakat pun dinamis, apapun yang diprogramkan pemerintah desa asal bermanfaat bagi masyarakat pasti didukung warganya” ucapnya.

Ia juga menyampaikan kiprah Kades Tanta luar biasa gebrakannya setelah menjabat.

“Beberapa bulan menjabat, desa Tanta sudah mendapatkan penghargaan proklim dari kementerian LHK dan baru-baru tadi mereka mencanangkan diri sebagai desa digital dan penanganan Covid-19 terbaik di desa ini sehingga kelemahan desa lain di kecamatan Tanta bisa ditutupi oleh desa ini” katanya.

“Diluar lomba ini, saya meyakini bahwa anak muda saat diberi kesempatan untuk memimpin Insyaallah hasilnya lebih baik. Desa Tanta harus menjadi contoh untuk desa lain” timpal Anang.

Ketua Tim Penilai Provinsi Kalsel, Syaifullah mengatakan kedatangan pihaknya untuk melakukan klarifikasi lapangan.

“Apa yang sudah disampaikan pada kelengkapan administrasi dan paparan zoom meeting kami cocokan di lapangan, sehingga nanti diakumulasikan nilainya” katanya.

Syaifullah menyebutkan tim penilai akan melakukan penilaian disemua aspek perlombaan apakah sesuai.

“Penilaian ini tidak lepas dari tema desa kelurahan tangguh masyarakat ekonomi tumbuh, jadi ini kami nilai bagaimana peran kepala desa dalam kepimpinannya bisa survive di tengah Covid-19, artinya ekonomi masyarakat tumbuh dan bisa bertahan” sebutnya.

“Semoga desa Tanta dapat mewakili provinsi sebagaimana yang disampaikan Kades Tanta dan Bupati, karena semua desa yang masuk nominasi sama-sama baik” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Penguatan Sinyal Telepon Seluler Mampu Tingkatkan IDM di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Perkembangan indeks desa membangun (IDM) di Tabalong kini terus meningkat, terbaru sudah ada 13 desa yang berstatus mandiri. Peningkatan status tersebut bisa...

H. Erwan Galang Dukungan Taman Menanti Laburan Dalam Desa Wisata Nusantara

TANJUNG, kontrasonline.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tabalong, H Erwan meminta kerjasama seluruh SKPD untuk mendukung Taman Wisata Menanti Laburan desa...

Direktorat Intelkam Polda Kalsel Gelar Sosialisasi di Kambitin

TANJUNG, kontrasonline.com - Mengambil momen hari lahir Pancasila, Direktorat Intelkam Polda Kalsel menggelar Sosialisasi ke masyarakat desa Kambitin kecamatan Tanjung, Rabu (1/6). Kegiatan yang bertempat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Mampukah Bumdes Mart Berjaya dengan Pergantian Nama Menjadi Bersinar Mart?

TANJUNG, kontrasonline.com – Toko yang dikelola Badan Usaha Milik Desa  atau yang lebih sering disebut Bumdes Mart seluruh Tabalong rencannya akan diganti namanya menjadi...

Ferry Resmi Nahkodai Partai Demokrat Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Setelah cukup lama dinanti - nanti, akhirnya diketahui siapa yang menakhodai Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat kabupaten Tabalong. Sesuai Surat Keputusan...

Pembelajaran Tematik Di Era New Normal dengan Menerapkan Blended Learning

Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun kebelakang ini menyebabkan perubahan yang begitu besar khusunya di dunia Pendidikan. Dampak yang terjadi salah satunya...

Stok Hewan Qurban Masih Kurang, Disbunnak Tabalong Ambil Langkah Ini

TANJUNG, kontrasonline.com - Kabupaten Tabalong kini masih kekurangan stok hewan qurban jelang Idul Adha. Hal itu dibeberkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner...

Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SDN SINDURJAN pada Masa Pandemi

SDN Sindurjan Purworejo merupakan salah satu Sekolah Dasar yang mengalami dampak dari pandemi COVID-19. Meskipun pada tahun ajaran 2021/2022 COVID-19 sudah mereda namun SDN Sindurjan...
error: Maaf, Content is protected !!