Rabu, Februari 1, 2023

Nahkodai Bappeda Ir.H.Noor Rifani Bawa Tabalong Menjadi Kabupaten Inovatif

TANJUNG, kontrasonline.com – Muda, cerdas, energik dan inovatif, begitulah gambaran singkat dari sosok kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tabalong, Ir. H. Noor Rifani, SH, MT.

Semenjak kepemimpinannya di Bappeda, posisi Tabalong yang sebelumnya masuk kategori daerah kurang inovatif menjadi kabupaten dengan kategori inovatif.

Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Tabalong, Jelita Anggraini menuturkan saat H. Noor Rifani menjabat kepala Bappeda pada Agustus 2020 hingga sekarang, peringkat Bumi Saraba Kawa dibidang inovasi melompat drastis.

“Sebelumnya peringkat Tabalong berada diposisi 270 dari 416 kabupaten, yang berarti Tabalong masuk kategori kabupaten yang kurang inovatif. Namun semenjak Bappeda dipimpin pak Noor Rifani posisi Tabalong sudah berada diperingkat 40 dengan skor sementara 49,71 yang artinya Tabalong sudah masuk kategori kabupaten yang inovatif” bebernya pada kontrasonline.com, Jum’at (19/08), diruang kerjanya.

Jelita mengungkapkan, kepala Bappeda meminta semua pegawai diinstansinya untuk membuat gebrakan dan melakukan upgrate bagaimana inovasi di Tabalong bisa bangkit.

“Hal ini menjadi isu utama di Bappeda” ucap Jelita diikuti anggukan pegawai lainnya di bidang penelitian dan pengembangan yang turut menemaninya.

Berbagai upaya pembenahan di internal secara intens dilakukan termasuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh kementerian dalam negeri (Kemendagri).

“Bappeda mengirim perwakilan untuk mengikuti diklat Inovation Goverment Award (IGA) yang diselenggarakan Kemendagri” bebernya.

Ia mengatakan sesuai arahan kepala Bappeda pihaknya menginventarisir berbagai inovasi yang sudah dilakukan termasuk mengikuti Bimtek.

“Hasil Bimtek pertama masih belum optimal, peringkat Tabalong dari 270 baru naik ke posisi 193, kategorinya pun masih kurang inovatif” jelasnya.

Kemudian Bappeda melaksanakan Bimtek kedua yang langsung dipimpin oleh Balitbangpus dari Kemendagri secara virtual.

Dari Bimtek tersebut baru diketahui kenapa selama ini Tabalong posisinya masuk dalam kategori kurang inovatif.

“Ternyata inovasi – inovasi yang sudah dikerjakan tidak terinput ke sistem pendataan Kemendagri,  harusnya dilaporkan, aturannya begitu namun kita kurang memahami” timpalnya.

Ia pun mengakui selama ini ada kebingungan siapa (instansi) yang seharusnya menangani persoalan inovasi daerah.

“Kemudian ditetapkan bahwa yang menghandle inovasi IGA dari Kemendagri adalah Bappeda dan Sistem Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) ditangani oleh bagian Organisasi Tata Kelola (Ortal) di Setda, sekarang sudah jelas” ujarnya.

Kasubid Pembangunan, Inovasi dan Teknologi, Agus Salami menambahkan saat Ini Tabalong sudah berada diperingkat 40 dengan kategori kabupaten yag inovatif.

“Tabalong sekarang berada di peringkat 40, skornya 49,71, hanya perlu sekitar 11 poin lagi maka Tabalong akan masuk kategori kabupaten sangat Inovatif” ujarnya.

Skor 60 ke atas, maka kabupaten tersebut sudah masuk  kategorinya sangat inovatif.

Agus memaparkan banyak inovasi yang sudah Bappeda lakukan, diantaranya JELITA dan HITS Planning.

“Kalau Jendela Informasi dan Analisis Data Pembangunan (JELITA) diantaranya terkait dengan data perencanaan pembangunan dan kinerja, indikator Makro, kemampuan keuangan daerah termasuk kinerja perekonomian daerah, sedang Holistik, Integratif, Tematik dan Spasial (HITS) Planning  berbasis kewilayahan dengan memanfaatkan teknologi” bebernya.

HITS Planning sendiri merupakan inovasi baru yang masih dalam proses pengerjaan.

“Progressnya baru 30 atau 40 persen, target kami tahun ini harus selesai” tandasnya.

Jelita juga menegaskan Tabalong harus semakin membaik dalam persoalan inovasi ditiap tahunnya.

“Bahkan target besarnya di 2021 ini Tabalong masuk kedalam kategori sangat inovatif” timpalnya.

Baik Jelita maupun Agus optimis target tersebut bisa diraih.

“Kita optimis karena poin – poin penilaian sudah diketahui dan strategi untuk mendapatkannya pun sudah dipersiapkan” pungkas keduanya.(Boel)

Artikel terkait

Raih Juara 2 Dakwah Al-Qur’an, Amel Bawa Nama Harum Tabalong di MTQ Korpri VI Nasional

TANJUNG, kontrasonline.com - Perwakilan Korpri Tabalong meraih prestasi membanggakan di ajang MTQ Korpri Nasional VI di Padang Sumatera Barat. Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 6 sampai...

Mantan Bupati Tabalong Dandung Suchrowardi Tutup Usia

TANJUNG, kontrasonline.com - Mantan Bupati Tabalong, Dandung Suchrowardi dikabarkan tutup usia, Selasa (13/9). Kabar duka tersebut tersebar cepat di grup WhatsApp masyarakat Bumi Sarabakawa. Dari informasi...

Yuk, Mengenal Sosok Novelis Asal Banua Sarabakawa

TANJUNG, kontrasonline.com - Siapa sangka,  sosok perempuan kalem kelahiran kelurahan Sulingan kecamatan Murung Pudak ini memiliki talenta luar biasa. Di Bumi Saraba Kawa, mungkin dapat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Berdalih Faktor Ekonomi, Ogok dan Tinghuy Jajakan Ribuan Obat Terlarang di Muara Uya

TANJUNG, kontrasonline.com - Kapolres Tabalong, AKBP Anib Bastian menyebut tersangka inisial RM alias Ogok (25) dan JW alias Tinghuy (20) mengaku menjual ribuan obat...

Sangadji Digantikan Teman Masa Kecilnya

TANJUNG, kontrasonline.com - Wajah berseri dengan seulas senyum nampak menghiasi wajah "Srikandi Tabalong" yang terpilih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Tabalong. Usai seremoni dan prosesi pelantikan,...

Hj Hamida Sekda Perempuan Pertama di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Mendapatkan jabatan baru sebagai Sekretaris daerah (Sekda) dilingkup pemkab Tabalong sesuai surat keputusan  Bupati Tabalong Nomor 800.1.3.3/21/2023 tentang pengangkatan pejabat pimpinan...

Hj. Hamida Resmi Duduki Jabatan Sekda Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Terjawab sudah teka-teki siapa yang bakal mengisi kursi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabalong. Hj. Hamida Munawarah, ST, MT yang sebelumnya menjabat...

Anang Pinta Baznas Tabalong Berperan Tekan Angka Kemiskinan

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani menginginkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dapat berperan menekan angka kemiskinan di Bumi Sarabakawa. Hal itu Ia...
error: Maaf, Content is protected !!