Sabtu, Juni 25, 2022

16 Bentuk Pelanggaran Pilkada yang Harus ASN Hindari

TANJUNG,korankontras.net – Pilkada serentak sebentar lagi digelar, kalimantan Selatan akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur pada bulan desember nanti.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mulai mensosialisasikan aturan Pilkada agar pilkada berjalan tanpa kecurangan.

Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai aturannya tidak diperbolehkan berpolitik, mereka harus netral dalam setiap parhelatan pemilu, jika melanggar Bawaslu akan “menyemprit” ASN tanpa pandang bulu.

Agar tidak kena “semprit” karena dianggap tidak netral, Bawaslu mengirim surat himbauan kepada semua instansi dilingkungan Pemkab Tabalong.  

Ketua Bawaslu Tabalong,  Hirsan mengatakan  ada 16 kategori bentuk pelanggaran netralitas ASN yang di atur dalam surat tersebut.

“Kampanye atau sosialisasi di media sosial, menghadiri deklarasi pasangan bakal calon peserta Pilkada, melakukan foto bersama bakal calon dengan mengikuti simbol gerakan tangan yang mengindikasikan keberpihakan’ jelasnya.

keempat menjadi pembicara atau narasumber dalam kegiatan partai politik dan melakukan    pendekatan ke parpol dan masyarakat untuk memperoleh dukungan bakal calon juga dianggap sebagai pelanggaran.

 ASN yang  mendeklarasikan diri sebagai pasangan calon kepala daerah atau wakil kepala daerah tanpa cuti diluar tanggungan Negara juga sebagai pelanggaran yang harus dihindari.

“Ke tujuh memasang spanduk atau baliho yang mempromosikan dirinya atau orang lain sebagai bakal calon kepala daerah atau wakil kepala daerah, mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan bakal calon atau pasangan calon, ikut sebagai pelaksana sebelum dan sesudah kampanye, poin sembilan menjadi peserta kampanye dengan memakai atribut” terang Hirsan panjang lebar.

Mengikuti kampanye sebagai ASN, terangnya lagi dengan tidak mengambil cuti diluar tanggungan negara dan memberi dukungan kepada bakal calon dengan memberikan fotokopi KTP juga pelanggaran bagi ASN.

“Poin ke 13 ikut sebagai peserta kampanye dengan fasilitas Negara, menggunakan fasilitas Negara yang terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye, membuat keputusan yang dapat menguntungkan pasangan calon selama masa kampanye dan teeakhir menjadi anggota atau pengurus Parpol” ujar Hirsan lagi.

Hirsan berharap dengan surat himbauan seluruh ASN di Kabupaten Tabalong dapat  menjaga netralitas, soliditas dan jiwa korps dalam menyikapi situasi politik yang ada.

“Agar tidak terpengaruh untuk melakukan kegiatan yang mengarah pada keberpihakan atau ketidaknetralan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubemur Kalimantan Selatan” pungkasnya. (Can)

Petugas dari Bawaslu Tabalong Sosialisasikan Himbauan ASN netral di kantor Satpol PP setempat

Artikel terkait

Ferry Resmi Nahkodai Partai Demokrat Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Setelah cukup lama dinanti - nanti, akhirnya diketahui siapa yang menakhodai Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat kabupaten Tabalong. Sesuai Surat Keputusan...

Nama – Nama Bakal Calon Bupati Tabalong Masih Minim di Panggung Medsos dan Media Mainstream.

TANJUNG, kontrasonline.com – Nama nama bakal calon yang akan berlaga pada pemilihan kepala daerah Tabalong dinilai masih minim di-mention publik di media sosial. Minimnya nama...

Bawaslu Tabalong Kembali Sambangi Parpol

TANJUNG, kontrasonline.com - Bawaslu Tabalong kembali menyambangi partai politik di wilayahnya. Kedatangan pihaknya ke sejumlah partai politik dilakukan dalam rangka koordinasi untuk pengawasan Pemilu dan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Mampukah Bumdes Mart Berjaya dengan Pergantian Nama Menjadi Bersinar Mart?

TANJUNG, kontrasonline.com – Toko yang dikelola Badan Usaha Milik Desa  atau yang lebih sering disebut Bumdes Mart seluruh Tabalong rencannya akan diganti namanya menjadi...

Ferry Resmi Nahkodai Partai Demokrat Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Setelah cukup lama dinanti - nanti, akhirnya diketahui siapa yang menakhodai Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat kabupaten Tabalong. Sesuai Surat Keputusan...

Pembelajaran Tematik Di Era New Normal dengan Menerapkan Blended Learning

Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun kebelakang ini menyebabkan perubahan yang begitu besar khusunya di dunia Pendidikan. Dampak yang terjadi salah satunya...

Stok Hewan Qurban Masih Kurang, Disbunnak Tabalong Ambil Langkah Ini

TANJUNG, kontrasonline.com - Kabupaten Tabalong kini masih kekurangan stok hewan qurban jelang Idul Adha. Hal itu dibeberkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner...

Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SDN SINDURJAN pada Masa Pandemi

SDN Sindurjan Purworejo merupakan salah satu Sekolah Dasar yang mengalami dampak dari pandemi COVID-19. Meskipun pada tahun ajaran 2021/2022 COVID-19 sudah mereda namun SDN Sindurjan...
error: Maaf, Content is protected !!