Sabtu, Juni 25, 2022

PUPR Tabalong Launching 8 Aplikasi Online Berbasis Web

Pelayanan PUPR Menjadi Efesien dan Transparan, ada Survey Kepuasan Layanan

TANJUNG, korankontras.net – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tabalong terus mengembangkan peningkatan pelayanan berbasis teknologi informasi.

Delapan aplikasi online berbasis web pun dilaunching untuk memberi kemudahan pelayanan kepada masyarakat maupun konsumennya.

Delapan aplikasi yang dilaunching hari ini aplikasi Perizinan Online Tata Ruang (Petarung), Sistem Monitoring Jasa Konstruksi (Simonjakson), website Dinas PUPR Tabalong, buku tamu digital, aplikasi Survey Kepuasan Layanan, Sistem Informasi Manajemen Arsip Surat dan Dokumen (Simasmen), Sistem Informasi Manajemen Aset (Simaset) dan Simpeg (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian).

”Aplikasi Petarung untuk pelayanan perijinan rekomendasi tata ruang dengan aplikasi ini, pengajuan permohonan rekomendasi penataan ruang dapat dilakukan secara online, dimana segala persyaratan untuk mendapatkan rekomendasi disampaikan melalui aplikasi ini” terang Plt Kepala PUPR Tabalong, Noor Rifani saat memberikan sambutan di kantor PUPR setempat, Selasa (8/9).

Kemudian, Simonjakson untuk pengajuan permohonan rekomendasi Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK). “Pengajuan permohonan dapat langsung dilakukan secara mandiri oleh user tanpa harus datang ke kantor PUPR, dengan aplikasi ini pemohon dapat mengajukan sekaligus memonitor secara mandiri perkembangan permohonannya” terangnya lagi.

Ketiga ada website Dinas PUPR Tabalong berisi tentang informasi mengenai PUPR setempat secara umum, baik mengenai profil, struktur organisasi, visi dan misi serta tupoksi.

Selanjutnya, buku tamu digital digunakan untuk mencatat setiap tamu yang bekunjung dan ingin bertemu dengan pejabat ataupun staf.

“Setiap tamu diharuskan mengisi data melalui aplikasi ini, setiap pejabat dapat memonitor secara langsung jumlah dan rincian tamu yang berkunjung secara real time dan daftar tamu akan tercatat secara sistematis dan tertata dengan rapi” lanjut Kadis yang akrab disapa H.Fani itu.

Kelima aplikasi survey kepuasan layanan yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyambutan dan pelayanan yang diberikan oleh Dinas PUPR.

“Setiap tamu yang telah selesai mendapatkan pelayanan, diminta untuk meluangkan waktunya sejenak untuk memberikan penilaian atas pelayanan dan penyambutan yang mereka terima. Hasil dari survey direkap secara otomatis setiap bulan oleh aplikasi, sehingga dapat diketahui tingkat kepuasan masyarakat saat mendapatkan pelayanan dari kita” terangnya.

Ia menjelaskan apliaksi Simasmen untuk memberikan kemudahan dalam pengarsipan surat menyurat ataupun dokumen lainnya.

“Dengan aplikasi ini setiap surat baik surat masuk dan keluar akan tercatat, tertata dan terarsip sehingga mempermudah dan mempercepat pencarian terhadap dokumen atau surat tersebut jika suatu saat diperlukan kembali” jelas Noor Rifani.

Ketujuh ada Simaset, aplikasi ini bertujuan untuk membuat suatu database pencatatan asset yang rapi dan teratur.

“Ini digunakan sebagai aplikasi penunjang Simda-BMD, aplikasi ini akan dikelola oleh pejabat fungsional pengelola barang milik negara di Sekretariat Dinas PUPR” bebernya lagi.

Terakhir Fani menyampaikan ada aplikasi Simpeg ini mencatat seluruh data kepegawaian Dinas PUPR Tabalong. “Diharapkan aplikasi pelayanan ini membawa dampak yang positif bagi masyarakat maupun SKPD kita” harapnya.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani mengatakan apa yang dilakukan PUPR merupakan satu perkembangan menggembirakan.

“Pengembangan delapan aplikasi ini tidak sederhana, saat ini kita harus menerapkan IT secara maksimal dalam kehidupan kalau tidak menguasai IT kita akan ketinggalan” tuturnya.

Anang pun mengharapkan agar seluruh perangkat di Dinas PUPR Tabalong terus menerapkan dan mengembangkan IT.

“Pengembangan IT dapat memberikan efisiensi waktu dan menghindarkan dari korupsi dan delapan aplikasi ini adalah modal dasar persiapan untuk mengajukan dinas PUPR jadi zona integritas kalau dipandang harus ada apilaksi lagi silahkan dikembangkan” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Iseng Buka Situs Beasiswa, Ipeh Wujudkan Impiannya ke Jepang

TANJUNG, kontrasonline.com -  Keisengannya mencari beasiswa untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMA, ternyata membuat Nur Iftah Hayati Fil Arifa, siswi kelas X SMA Negeri...

Kerjasama Dengan BSSN, PN Tanjung Terapkan Tanda Tangan Elektronik Bagi Pengguna Layanan

TANJUNG, kontrasonline.com - Pengadilan Negeri (PN) Tanjung kembali membuat terobosan untuk mempermudah layanan ke masyarakat. Kali ini pihaknya bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara...

Innalillahi, Masjid di Salikung Dilalap Si Jago Merah

TANJUNG, kontrasonline.com - Masjid Nurul Yakin di desa Salikung kecamatan Muara Uya dinihari tadi terbakar, Rabu (1/6). Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik menghanguskan masjid...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Mampukah Bumdes Mart Berjaya dengan Pergantian Nama Menjadi Bersinar Mart?

TANJUNG, kontrasonline.com – Toko yang dikelola Badan Usaha Milik Desa  atau yang lebih sering disebut Bumdes Mart seluruh Tabalong rencannya akan diganti namanya menjadi...

Ferry Resmi Nahkodai Partai Demokrat Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Setelah cukup lama dinanti - nanti, akhirnya diketahui siapa yang menakhodai Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat kabupaten Tabalong. Sesuai Surat Keputusan...

Pembelajaran Tematik Di Era New Normal dengan Menerapkan Blended Learning

Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun kebelakang ini menyebabkan perubahan yang begitu besar khusunya di dunia Pendidikan. Dampak yang terjadi salah satunya...

Stok Hewan Qurban Masih Kurang, Disbunnak Tabalong Ambil Langkah Ini

TANJUNG, kontrasonline.com - Kabupaten Tabalong kini masih kekurangan stok hewan qurban jelang Idul Adha. Hal itu dibeberkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner...

Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SDN SINDURJAN pada Masa Pandemi

SDN Sindurjan Purworejo merupakan salah satu Sekolah Dasar yang mengalami dampak dari pandemi COVID-19. Meskipun pada tahun ajaran 2021/2022 COVID-19 sudah mereda namun SDN Sindurjan...
error: Maaf, Content is protected !!