Kamis, Agustus 11, 2022

Penegakan Perbup di Pasar Pamarangan Temukan 4 Pelanggar

TANJUNG, korankontras.net – Hari ke empat pelaksanaan penegakan Perbup no 26 di pasar-pasar mulai di patuhi sebagian para pedagang maupun pembeli.

Seperti salah satu pasar yang terletak di jalan Ahmad Yani yaitu pasar Pamarangan, nampak pedagang maupun pembeli dengan tertib menggunakan masker saat beraktifitas.

Dari pantauan korankontras.net, sekitar pukul 09.00 wita Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Tabalong bersama tiga pilar kecamatan Tanjung melaksanakan giat penegakan Perbup no 26 di pasar tersebut.

Personil gabungan mulai melakukan razia dengan menyisir dari luar pasar hingga ke dalam area pasar.

Dari hasil penegakan Perbup di pasar ini, hanya ada beberapa pedagang maupun pembeli yang belum menggunakan masker.

Plt. Kepala Satpol-PP Tabalong, Abdul Halim mengatakan setidaknya ada sekitar empat orang yang kedapatan tidak memakai masker.

“Tadi ada empat pelanggar yang sudah dimasukkan ke aplikasi wajib masker (Waker)” ucapnya kepada korankontras.net, usai giat pada Jum’at (4/9).

Itupun, kata Halim sebagian masyarakat yang beraktifitas di pasar Pamarangan cukup tinggi dalam mematuhi memakai masker.

“Ini akan menjadi kegiatan rutin, karena kita melihat situasi kondisi di lapangan Kalau misalnya masih banyak yang terdapat tidak memakai masker kegiatan akan berlanjut sampai masyarakat itu benar-benar memahami pentingnya memakai masker” ungkapnya.

Pada penegakan Perbup, pihaknya akan mengedepankan asas persuasif dan humanis.

“Kita memberikan teguran lisan, meminta yang bersangkutan membeli masker dan menyuruh pulang ke rumah apabila tidak bisa membeli masker” ujar Halim.

Kegiatan akan dievaluasi tiap minggunya. “Misalkan yang melakukan pelanggaran ini orang yang sama kita akan beri tindakan tegas, diharapkan dengan adanya operasi ini masyarakat akan lebih patuh lagi” tandasnya.

98 Persen Patuh Pakai Masker

Sementara, Camat Tanjung, Arianto menyampaikan tingkat kepatuhan masyarakat di pasar pamarangan ini relatif tinggi.

“Kalau persentase sekitar 98 persen patuh terhadap pemakaian masker, jadi mungkin hanya beberapa saja yang tidak memakai masker” tuturnya.

Kepatuhan masyarakat ini tidak terlepas dari sosialisasi yang telah mereka laksanakan.

“Setelah terbitnya Perbup itu secara reguler setiap minggu melaksanakan sosialisasi oleh tiga pilar kecamatan maupun desa” terang Arianto.

Terpisah, Kapolsek Tanjung, Ipda Dedy Indarto kegiatan kali ini berjalan dengan lancar.

“Ini kordinasi yang bagus antar satpol PP dan tiga pilar kecamatan maupun desa, Kita hanya membackup kegiatan ini untuk melaksanakan kebijakan” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Capaian Vaksinasi Booster di Masyarakat Baru 20 Persen, Nakes Tabalong Terima Booster Kedua

TANJUNG, kontrasonline.com - Vaksinasi booster kedua yang mulai dilaksanakan diberbagai daerah adalah langka untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang saat ini belum berakhir. Hal itu pula...

Nakes di Tabalong Mulai Terima Vaksin Booster Kedua

TANJUNG, kontrasonline.com - Sejak tanggal 29 Juli 2022 tadi tenaga kesehatan menerima dosis booster kedua. Hal tersebut dilaksanakan merujuk surat edaran Kementerian Kesehatan RI nomor...

Mulai Abai Prokes, Kasus Positif Covid 19 di Tabalong Meningkat Lagi

Capaian Vaksin Booster Hanya 20 Persen TANJUNG, kontrasonline.com - Kasus positif Covid-19 di Tabalong tunjukan cenderung peningkatan dari hari kehari. Data dari Satgas Covid-19 Tabalong hingga...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Wakil Bupati Tabalong Lantik 3 Kepala Desa PAW

TANJUNG, kontrasonline.com - Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi melantik tiga orang pengganti antar waktu (PAW) kepala desa, Kamis (11/8). PAW kepala desa ini dilakukan untuk...

Kecelakaan Di Tugu Obor, Dua Korban Dibawa Ke RSUD HBK

Dalam minggu ini sudah terjadi tiga kali kecelakaan TANJUNG, kontrasonline.com - Kecelakaan lalu lintas di kawasan monumen Tanjung Puri atau Tugu Obor kelurahan Mabu'un kecamatan...

Berikut Kriteria Penilaian Lomba Pos Kamling di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Dalam pelaksanaan lomba Pos Kamling ada sejumlah kategori yang harus diperhatikan bagi peserta yang ikut berpartisipasi. Kasatpol-PP dan Damkar Tabalong, Abdul Halim...

Noor Farida Minta Fasilitas Olah Raga di Selatan Tabalong Diperhatikan

TANJUNG, kontrasonline.com - Fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang masih dianggap minim khususnya di wilayah Selatan Bumi Saraba Kawa mendapat sorotan anggota DPRD Tabalong. Hj....

Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran di Lahan Kosong Desa Karangan Putih

TANJUNG, kontrasonline.com – Kebakaran lahan terjadi di desa Karangan Putih RT 06 kecamatan Kelua pada Selasa (9/8) siang kemarin.  Lahan milik warga setempat yang terbakar...
error: Maaf, Content is protected !!