Sabtu, Juni 25, 2022

Disporapar Tabalong Wacanakan Tebing Ampik Jadi Objek Wisata Terpadu Baru

TANJUNG, korankontras.net – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Tabalong merespon baik keberadaan potensi wisata petualangan baru “Tebing Ampik” yang beberapa waktu lalu ditemukan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) setempat di desa Garagata kecamatan Jaro.

Saat dikonfirmasi, Kabid Pariwisata Disporapar Tabalong, Lilis Marta Diana, Tebing Alam Gunung Batu Ampik memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis dan merupakan keterpaduan yang bagus dengan kegiatan olahraga panjat tebing sehingga sangat cocok jika di kembangkan sebagai wisata terpadu di Tabalong.

“Di mana ada hamparan pegunungan di depan tebing, siluet pepohonan dan bebatuan yang sejuk dan teduh di samping kanan tebing dengan gemercik air yang mengalir yang bisa di bikin spot selfi dengan bangunan joglo atau pendopo kecil untuk tempat istirahatnya” ucapnya, kemarin.

Dalam peninjauannya, Lilis menilai ada beberapa spot disekitar tebing yang bagus untuk dikembangkan.

“Di depan tebing juga ada batu besar yang dapat dibuat moment introduction dengan modifikasi sedemikian rupa sebagai penggugah minat untuk naik dan panjat. Sementara pada kiri dan kanan tebing dibuatkan tangga naik turunnya sehingga bagi yang ingin berswafoto di puncak tebing tidak mengganggu aktivitas para pemanjat” terangnya.

Saat ditanya tentang pengelolaan potensi wisata tersebut, Dirinya menuturkan bahwa hal tersebut belum dibicarakan. Namun, menurutnya dengan di kelola oleh masyarakat, oleh desa, pasti ke depan akan segera berkembang dengan pesat.

“Sebelum resmi di buka tempat tersebut sebagai objek wisata baru terpadu kita terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan KPH apakah itu masuk kawasan hutan ataukah tidak, demi menghindari permasalahan di kemudian hari” jelas Lilis.

Sementara itu, Sekretaris Disporapar Tabalong, Tumbur P Manalu, menjelaskan untuk dijadikan objek wisata baru tentunya banyak hal yang akan diperhatikan. Pihaknya masih akan berkoordinasi dengan instansi atau pihak terkait dahulu.

“Terkait dengan tebing tersebut, awalnya ini sudah di survei Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Tabalong melalui divisi panjat tebing alam,” katanya.

Spot di Tebing Ampik menurutnya sangat bagus dan menarik serta menjanjikan khususnya bagi rekan – rekan penggiat dan pencinta panjat tebing.

“Berdasarkan komunikasi yang kami lakukan dengan FPTI, ini akan dijadikan salah satu spot area latihan bagi para panjat tebing maupun atlet. Semacam variasi latihan kalau mereka akan mencari variasi latihan baru, mereka akan dicoba memanfaatkan spot tebing Ampik” ungkap Tumbur.

Selanjutnya ujar Tumbur, kedepan untuk pemanfaatan lokasi Tebing Ampik sebagai sarana lokasi panjat tebing tentu akan memperhatikan beberapa hal.

“Seperti segi keamanan bagi pemanjat juga memperhatikan perijinan atau berkoordinasi dengan warga setempat di RT desa Garagata” tandasnya.

Diketahui, hari Minggu (26/7) kemarin, Disporapar Tabalong bersama team Tabalong Exotic Borneo menyusuri lokasi tebing yang berada di Desa Garagata, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong tersebut. (Can)

Artikel terkait

Stok Hewan Qurban Masih Kurang, Disbunnak Tabalong Ambil Langkah Ini

TANJUNG, kontrasonline.com - Kabupaten Tabalong kini masih kekurangan stok hewan qurban jelang Idul Adha. Hal itu dibeberkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner...

Buruan Beli, Migor Curah Harga RP 14 Ribu Kembali Datang di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Masyarakat yang ingin membeli minyak goreng curah bisa kembali datang ke Bersinar Mart Tanjung. Pasalnya, pemerintah kabupaten Tabalong kembali mendatangkan minyak goreng...

Inflasi Tabalong Mengalami Gejolak, Bupati Pinta Stakeholder Berinovasi

TANJUNG, kontrasonline.com - Naiknya sejumlah bahan pokok di pasaran menjadi perhatian serius pemerintah kabupaten Tabalong. Pasalnya akibat kenaikan sejumlah bahan pokok tersebut menjadi penyumbang inflasi...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Mampukah Bumdes Mart Berjaya dengan Pergantian Nama Menjadi Bersinar Mart?

TANJUNG, kontrasonline.com – Toko yang dikelola Badan Usaha Milik Desa  atau yang lebih sering disebut Bumdes Mart seluruh Tabalong rencannya akan diganti namanya menjadi...

Ferry Resmi Nahkodai Partai Demokrat Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Setelah cukup lama dinanti - nanti, akhirnya diketahui siapa yang menakhodai Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat kabupaten Tabalong. Sesuai Surat Keputusan...

Pembelajaran Tematik Di Era New Normal dengan Menerapkan Blended Learning

Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun kebelakang ini menyebabkan perubahan yang begitu besar khusunya di dunia Pendidikan. Dampak yang terjadi salah satunya...

Stok Hewan Qurban Masih Kurang, Disbunnak Tabalong Ambil Langkah Ini

TANJUNG, kontrasonline.com - Kabupaten Tabalong kini masih kekurangan stok hewan qurban jelang Idul Adha. Hal itu dibeberkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner...

Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SDN SINDURJAN pada Masa Pandemi

SDN Sindurjan Purworejo merupakan salah satu Sekolah Dasar yang mengalami dampak dari pandemi COVID-19. Meskipun pada tahun ajaran 2021/2022 COVID-19 sudah mereda namun SDN Sindurjan...
error: Maaf, Content is protected !!