Disporapar Tabalong Wacanakan Tebing Ampik Jadi Objek Wisata Terpadu Baru

TANJUNG, korankontras.net – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Tabalong merespon baik keberadaan potensi wisata petualangan baru “Tebing Ampik” yang beberapa waktu lalu ditemukan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) setempat di desa Garagata kecamatan Jaro.

Saat dikonfirmasi, Kabid Pariwisata Disporapar Tabalong, Lilis Marta Diana, Tebing Alam Gunung Batu Ampik memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis dan merupakan keterpaduan yang bagus dengan kegiatan olahraga panjat tebing sehingga sangat cocok jika di kembangkan sebagai wisata terpadu di Tabalong.

“Di mana ada hamparan pegunungan di depan tebing, siluet pepohonan dan bebatuan yang sejuk dan teduh di samping kanan tebing dengan gemercik air yang mengalir yang bisa di bikin spot selfi dengan bangunan joglo atau pendopo kecil untuk tempat istirahatnya” ucapnya, kemarin.

Dalam peninjauannya, Lilis menilai ada beberapa spot disekitar tebing yang bagus untuk dikembangkan.

“Di depan tebing juga ada batu besar yang dapat dibuat moment introduction dengan modifikasi sedemikian rupa sebagai penggugah minat untuk naik dan panjat. Sementara pada kiri dan kanan tebing dibuatkan tangga naik turunnya sehingga bagi yang ingin berswafoto di puncak tebing tidak mengganggu aktivitas para pemanjat” terangnya.

Saat ditanya tentang pengelolaan potensi wisata tersebut, Dirinya menuturkan bahwa hal tersebut belum dibicarakan. Namun, menurutnya dengan di kelola oleh masyarakat, oleh desa, pasti ke depan akan segera berkembang dengan pesat.

“Sebelum resmi di buka tempat tersebut sebagai objek wisata baru terpadu kita terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan KPH apakah itu masuk kawasan hutan ataukah tidak, demi menghindari permasalahan di kemudian hari” jelas Lilis.

Sementara itu, Sekretaris Disporapar Tabalong, Tumbur P Manalu, menjelaskan untuk dijadikan objek wisata baru tentunya banyak hal yang akan diperhatikan. Pihaknya masih akan berkoordinasi dengan instansi atau pihak terkait dahulu.

“Terkait dengan tebing tersebut, awalnya ini sudah di survei Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Tabalong melalui divisi panjat tebing alam,” katanya.

Spot di Tebing Ampik menurutnya sangat bagus dan menarik serta menjanjikan khususnya bagi rekan – rekan penggiat dan pencinta panjat tebing.

“Berdasarkan komunikasi yang kami lakukan dengan FPTI, ini akan dijadikan salah satu spot area latihan bagi para panjat tebing maupun atlet. Semacam variasi latihan kalau mereka akan mencari variasi latihan baru, mereka akan dicoba memanfaatkan spot tebing Ampik” ungkap Tumbur.

Selanjutnya ujar Tumbur, kedepan untuk pemanfaatan lokasi Tebing Ampik sebagai sarana lokasi panjat tebing tentu akan memperhatikan beberapa hal.

“Seperti segi keamanan bagi pemanjat juga memperhatikan perijinan atau berkoordinasi dengan warga setempat di RT desa Garagata” tandasnya.

Diketahui, hari Minggu (26/7) kemarin, Disporapar Tabalong bersama team Tabalong Exotic Borneo menyusuri lokasi tebing yang berada di Desa Garagata, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong tersebut. (Can)

Artikel terkait

Penuhi Kebutuhan Hewan Kurban, Tabalong Datangkan dari Luar Pulau

TANJUNG, kontrasonline.com - Ketersediaan Sapi di kabupaten Tabalong menjelang hari raya Idul Adha dipastikan aman. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tabalong,...

Harga Bahan Pokok Melambung, Pasar Murah “Diserbu” Warga Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Sebagai salah satu Kabupaten pengukur Indeks Harga Konsumen (IHK) di Kalimantan Selatan, Tabalong menjadi langganan tempat menggelar pasar murah. Seperti hari ini...

Tabalong Terima DBH Rp 732 Miliar

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani meminta jajarannya untuk bersiap menyusun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan. "Sebentar lagi memasuki Bulan Lima, siap-siap...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Teken Kerjasama dengan PUPR, Kejari Tabalong Kawal Proyek Strategis Kabupaten

TANJUNG, kontrasonline.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) dengan Dinas Pekerjaan Rumah dan Penataan Ruang (PUPR) menekan kerjasama terkait program pengawalan proyek strategis kabupaten Tabalong. Kerjasama tersebut...

Polres Tabalong Ungkap Tiga Kasus Kriminal

TANJUNG, kontrasonline.com – Jajaran Polres Tabalong berhasil mengungkap tiga kasus kriminal di wilayah Bumi Saraba Kawa. Dari tiga kasus tersebut petugas kepolisian meringkus tiga orang...

Bupati Tabalong Akui Berat Operasikan Pasar Agribisnis

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani menyatakan berat mengoperasionalkan pasar Agribisnis di desa Kembang Kuning kecamatan Haruai. Hal itu Ia sampaikan saat penyerahan...

Warga Desa Uwie Jaga Tradisi Sedekah Bumi

TANJUNG, kontrasonline.com - Tradisi sedekah bumi yang dilaksanakan warga desa Uwie kecamatan Muara Uya menjadi salah satu acara tahunan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat...

Hipmi Tabalong Salurkan 15 Ribu Bibit Cabai Tiung Tanjung ke Masyarakat

TANJUNG, kontrasonline.com - 15 ribu bibit cabai tiung Tanjung dibagikan Hipmi Tabalong di wilayah Utara Bumi Saraba Kawa. Bibit tiung Tanjung dibagikan secara simbolis oleh...
error: Maaf, Content is protected !!