IGPA Tabalong Wadahnya Para “breeder”

“Total ada 23 orang penggemar ikan guppy di sini, mereka dari berbagai profesi ada yang pekerja swasta, TNI dan ASN”

Eko Sahadi

TANJUNG, korankontras.net – Ikan guppy memiliki keindahan sirip dan ekor yang begitu indah dan membuat banyak orang tertarik.

Tidak hanya untuk meraup keuntungan dari jual beli ikan hias air tawar tersebut, ikan satu ini juga bisa mempersatukan para penggemarnya.

Berangkat dari kesenangan akan ikan guppy, beberapa orang penggemar guppy atau sering disebut breeder membuat satu komunitas yaitu Indonesia Guppy Popularize Association (IGPA) Tabalong.

IGPA Tabalong merupakan wadah para breeder untuk berbagai ilmu dan pengalaman tentang ikan guppy.

Saat ditemui, Ketua IGPA Tabalong, Eko Sahadi mengatakan awal terbentuknya komunitas tersebut karena kesenangan dan kecintaan Ia dan teman-temannya terhadap ikan hias air tawar tersebut.

“Sekitar satu tahun lalu komunitas ini terbentuk pada bulan Juni 2019 silam, dengan kecintaan terhadap guppy akhirnya saya dan teman-teman memutuskan untuk membuat suatu wadah untuk berkumpul yaitu IGPA Tabalong” ucapnya kepada awak korankontras.net, Minggu (12/7).

Sampai saat ini, kata Eko ada sekitar puluhan breeder yang sudah bergabung dengan komunitas IGPA Tabalong. “Total ada 23 orang penggemar ikan guppy di sini, mereka dari berbagai profesi ada yang pekerja swasta, TNI dan ASN” katanya.

Terbentuknya komunitas ini, ujar dirinya bertujuan untuk memperkenalkan ikan guppy kepada masyarakat Bumi Sarabakawa.

“Selain untuk wadah berkumpul dan sharing penggemar guppy, komunitas ini tujuannya untuk memperkenalkan ikan guppy di masyarakat Tabalong” ujar Cakrockz sapaan akrabnya.

Pihaknya juga biasanya menjadwalkan pertemuan antar breeder atau kopdar satu kali dalam sebulan.

“Tapi biasanya waktunya fleksibel karena kita menyesuaikan teman-teman yang lain agar bisa kumpul semua” ujarnya lagi.

Setiap kali kopdar, selalu ada pembahasan tentang ikan guppy maupun perkembangan komunitas.

“Sharing pakan, kesehatan ikan, kualitas air dan trobel di ikan serta penyerapan aspirasi teman-teman untuk kemajuan komunitas ini” tutur pria 30 tahun tersebut.

Lebih jauh Cakrockz mengungkapkan komunitas IGPA Tabalong juga ingin menciptakan strain (jenis) baru hasil dari persilangan guppy yang berbeda.

“Dengan adanya ilmu tiap kali pertemuan, kita mulai persilangan ikan untuk temukan jenis baru” beber pria yang berprofesi sebagai karyawan swasta ini.

Baru tahun ini tutur Cakrockz, IGPA Tabalong diresmikan dan berada dibawah naungan IGPA Nasional.

“Komunitas kita sudah diresmikan oleh IGPA Nasional 27 Juni 2020” ujarnya.

Dan pihaknya kedepan berencana akan bekerjasama dengan instansi pemerintah seperti Dinas Perikanan ataupun perusahaan.

“Mungkin nanti kedepan kita akan bekerjasama dengan dinas terkait untuk bantuan farm (tempat ikan), pakan atau materi untuk kebutuhan kita membuat basecamp maupun kontes guppy nantinya” ungkap pria kelahiran tahun 1990 itu.

Komunitas IGPA Tabalong juga tidak menutup diri untuk masyarakat umum yang ingin bergabung.

“Kita membuka lebar buat warga Tabalong yang ingin bergabung walaupun belum mempunyai guppy bisa saja gabung asal orang itu mau mengembangkan guppy. Bagi yang ingin gabung bisa menghubungi saya di WA 085393841424” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Street Punk Tanjung Bagikan Takjil dan Makanan Gratis untuk Warga serta Pengguna Jalan

TANJUNG, kontrasonline.com - Berbagai elemen masyarakat berlomba-lomba berbagi keberkahan antar sesama di bulan suci ramadhan ini. Berbagi kebahagiaan ini bisa dengan berbagai cara, seperti yang...

“Bercukur Beramal” Cara Tabalong Barber Squad Bantu Yatim Piatu Dan Kaum Dhuafa

TANJUNG, kontrasonline.com - Di bulan suci Ramadhan umat Islam "berlomba-lomba" melakukan kebaikan salah satunya melalui amal perbuatan atau sedekah. Seperti yang dilakukan Tabalong Barber...

Peduli Sesama, Kamus dan Sanggar Senam Ersavika Bagi Bantuan Sembako ke LKSA di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Komunitas Kreativitas Anak Muda Sarabakawa (Kamus) Tabalong dan Sanggar Senam Ersavika bersama anggota serta pemerhati Senam Minggu Pagi Ceria (SMPC) mengadakan...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Warga Desa Uwie Jaga Tradisi Sedekah Bumi

TANJUNG, kontrasonline.com - Tradisi sedekah bumi yang dilaksanakan warga desa Uwie kecamatan Muara Uya menjadi salah satu acara tahunan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat...

Hipmi Tabalong Salurkan 15 Ribu Bibit Cabai Tiung Tanjung ke Masyarakat

TANJUNG, kontrasonline.com - 15 ribu bibit cabai tiung Tanjung dibagikan Hipmi Tabalong di wilayah Utara Bumi Saraba Kawa. Bibit tiung Tanjung dibagikan secara simbolis oleh...

Tabalong Minta Dukungan Kementan Promosikan Cabai Tiung Tanjung

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani yakin Tiung Tanjung menjadi Cabai pilihan di Indonesia. Hal itu ia ungkapkan usai pencanangan kampung benih Tiung...

Dua Residivis Narkotika Berulah, Polisi Tabalong Tangkap Kembali Para Pelaku

TANJUNG, kontrasonline.com - Petugas gabungan Polres Tabalong berhasil meringkus dua pria diduga terkait kepemilikan narkotika. Dua pria yang diamankan ini merupakan residivis dalam kasus yang...

Jalin Hubungan dengan Media, PT. Adaro Gelar Press Tour

SEMARANG, kontrasonline.com - PT Adaro Indonesia bersama mitra kerja menggelar press tour bersama awak media kabupaten Tabalong dan Barito Selatan ke kota Semarang Jawa...
error: Maaf, Content is protected !!