Senin, Januari 17, 2022

Pengunjung UPT Perpustakaan Muara Uya Terus Meningkat

Pengunjung Wajib Pakai Masker

TANJUNG,korankontras.net- Dalam kondisi social distancing akibat pandemi Covid-19, semua pelajar termasuk di Kabupaten Tabalong diharuskan belajar  rumah.

Meskipun demikian, mencari ilmu yang bersumber langsung dari buku masih tetap bisa dilakukan misalnya di Perpustakaan.

Seperti aktifitas di UPT. Perpustakaan Muara Uya yang beralamat di Jl. Bangkar RT.01 No.70 desa Muara Uya masih menjadi tempat favorit bagi warga sekitar.

Perpustakaan Muara Uya yang diresmikan pada tanggal 1 Desember 2014 oleh Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani ini menurut petugas sekaligus Pustakawan, Muhammad Syamsari  bahwa “gudang ilmu” itu bisa dikunjungi oleh siapa pun juga.

“Rata-rata kunjungan 40 hingga 56 orang tiap bulan” bebernya pada awak korankontras.net, rabu (6/5).

Meskipun ditengah pandemi covid-19 sekarang ini kunjungan masih banyak, namun di perpustakaan ini juga menjalankan aturan ketat protokol penanganan covid-19.

“Tentunya dengan memperhatikan protokol penanganan Covid-19, seperti tetap memakai masker dan menjaga jarak minimal satu meter dengan pengunjung lain” terangnya pada awak korankontras.net, Selasa (5/5).

Pria yang akrab disapa Syam ini menuturkan bahwa dari hingga bulan April 2020 jumlah anggota perpustaan tercatat sebanyak 288 Orang.

Koleksi buku yang tersedia sekitar 691 judul dan 1.158 eksemplar imbuhnya.

“Jenis bukunya mulai dari karya umum, filsafat, agama, ilmu sosial, fiksi dan sebagainya” ujarnya.

Menurut Syam, minat membaca masyarakat sebenarnya cukup lumayan, ini dibuktikan dengan grafik kunjungan yang selalu naik tiap bulannya meskipun tidak besar.

Effendi, salah seorang pelajar di Muara Uya mengatakan bahwa Ia dan temannya sudah beberapa kali mengunjungi perpustakaan ini.

“Saya memanfaatkan buku yang tersedia di UPT. Perpustakaan untuk dipinjam dan dibaca di rumah” ucapnya.

Saat ini, jelas Effendi, Ia lebih senang meminjam buku untuk dibawa pulang dan dibaca di rumah karena dirinya tak bisa berlama-lama di perpustakaan tersebut karena fasilitas yang kurang mendukung.

“Di ruangan perpus agak panas karena tidak ada kipas angin ataupun pendingin ruangan, jadi lebih baik bukunya dibawa pulang” ungkapnya.

Syam pun tak menampik keadaan ini. “Saya sudah mengajukan usulan penambahan alat pendukung perpustakaan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong seperti pendingin ruangan serta penambahan koleksi buku” ujarnya.

Ia berharap fasilitas pendukung dapat dipenuhi dalam waktu dekat sehingga bisa meningkatkan kenyamanan pengunjung.(boel/ytn)

Artikel terkait

Tak Ada Payung Hukum, Beasiswa dan Bantuan Skripsi Distop Pemkab Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – "Puasa beasiswa" bagi para mahasiswa asal Tabalong yang memiliki prestasi akademik tampaknya masih panjang, anggaran di APBD belum bisa digunakan...

KPH Tabalong Temukan Puluhan Kayu Ulin Tak Bertuan

TANJUNG, kontrasonline.com - Puluhan potong kayu tak bertuan ditemukan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tabalong sepanjang tahun 2021 tadi. Kasi Perlindungan Hutan KPH Tabalong, Zainal Abidin...

Pejabat Eselon III Ada Jadi Korban dari Kepemimpinan yang Efektif dan Tim Kerja Handal di SKPD Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Kepimpinan yang efektif dan membentuk tim kerja yang handal harus diterapkan di lingkungan instansi pemerintah Tabalong. Hal itu diungkapkan Bupati Tabalong, H...

tetap terhubung

8,590FansSuka
2,913PengikutMengikuti

Berita Terkini

2021 KPH Tabalong Evakuasi 9 Satwa

TANJUNG, kontrasonline.com - Mulai dari Burung Rangkong hingga ular jenis Sawa diamankan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tabalong. Satwa tersebut diamankan dengan beberapa hewan lainnya karena...

Ternyata gara-gara cemburu, Gadis Belia ini ceburkan diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - SR terbaring lemah di ruang IGD RSUD Badaruddin Kasim usai dirinya melakukan aksi nekat menceburkan diri ke sungai Tabalong. Sabtu (15/1). Diduga...

Geger, Gadis Belia Ceburkan Diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Warga kecamatan Murung Pudak di gegerkan dengan seorang perempuan menceburkan diri ke sungai Tabalong, Sabtu (15/1). Kejadian tersebut tepat terjadi di jembatan...

Masih Sisakan Api, Upbs Bara Kembali ke Lokasi Kebakaran

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak ternyata masih menyisakan api, Sabtu (15/1) pagi. Informasi itu diketahui setelah ada laporan pagi tadi yang...

Toko Pakan Ternak di Pembataan Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak yang terjadi pada Jum'at (14/1) malam mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah. Dari data yang diperoleh, kebakaran...