Senin, Januari 17, 2022

Belajar Dirumah Aja Bersama Radio Suara Tabalong FM

TANJUNG, korankontras.net – Dukung anjuran pemerintah tentang himbauan di rumah saja terkait dengan wabah Covid-19, Stasiun Radio milik pemerintah kabupaten Tabalong,  Suara Tabalong FM membuat program Saluran Radio Belajar Di Rumah (Saraba Dirumah).

Program Saraba Dirumah merupakan fasilitas belajar yang di sediakan untuk murid belajar walaupun libur sekolah.

Kepala Stasiun Radio Suara Tabalong, Abdul Halim menuturkan program tersebut sudah berlangsung sekitar dua minggu.

“Program Saraba Dirumah ini di mulai sejak 14 April lalu, program tersebut kita buat karena melihat situasi siswa yang harus belajar dirumah selama pandemi Covid-19,” ucapnya saat dihubungi via telepon, Minggu (26/4).

Lebih lanjut, Ia mengataka  program ini juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Tabalong serta pihak sekolah untuk jadi narasumber.

“Guru dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mengisi pelajaran setiap harinya saat siaran program tersebut.

Jadwalnya Senin sampai Kamis untuk SMP sedangkan hari Jum’at untuk murid SMA dan program ini dimulai dari pukul 10.00 wita” jelas Halim.

Tiap harinya ada dua mata pelajaran yang akan di siarkan di program Saraba Dirumah.

“Namun untuk hari Kamis itu hanya satu mata pelajaran dan satu mata pelajaran tiap harinya itu hanya satu jam” ujarnya.

Tambah Halim, ada tujuh mata pelajaran yang di siarkan yang dibagi dalam empat hari.

“Untuk hari Senin ada mata pelajaran IPA dan bahasa Inggris, Selasa IPS dan PPKN, Rabu ada bahasa Indonesia, pendidikan agama dan budi pekerti serta hari kamis mata pelajaran matematika” terangnya.

Sementara untuk hari Jum’atnya itu khusus mata pelajaran SMA. “Setiap minggunya mata pelajaran SMA ini berbeda-beda dan untuk narasumbernya juga bergantian dari beberapa sekolah” tandasnya.

Ia juga mengatakan rencanannya program ini akan dibagi beberapa tahap,  tahap pertamanya akan berlangsung sampai satu minggu sebelum lebaran.

“Dan tahap selanjutnya akan dibicarakan dan dikoordinasikan lagi. Harapannya bisa berlangsung terus saat pandemi Covid-19 ini” cetus Kepala Stasiun Radio Suara Tabalong tersebut.

Terpisah, Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP Disdik Tabalong, Drs Sutimbul, program Saraba Dirumah ini salah satu penunjang program belajar dirumah bagi anak-anak sekolah.

“Pembelajaran di rumah bagi murid-murid ini salah satunya lewat saluran radio, selain lewat televisi dan aplikasi WhatsApp” ujarnya.

Agar murid-murid ini dapat mengikuti program tersebut maka di dampingi oleh orang tua yang bersangkutan.

“Yang mengontrol muridnya ya orang tuanya sendiri, berdasarkan surat edaran Bupati, kepala sekolah membuat surat kepada orang tua murid agar dapat membimbing anaknya belajar dengan jadwal yang sudah diberikan” ungkapnya.

Sutimbul pun berharap dengan program ini dapat membantu para murid agar tetap bisa belajar di rumah.

“Dengan belajar di radio menjadikan salah satu alternatif untuk memudahkan anak-anak memahami pelajaran. Jangan sampai adanya wabah ini terabaikan dalam hal belajar” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Lima Inovasi Antarkan Tabalong Raih Innovative Government Award 2021

JAKARTA, kontrasonline.com - Setelah bersaing ketat dengan 417 Kabupaten, akhirnya Pemerintah Kabupaten Tabalong berhasil meraih predikat Kabupaten Terinovatif dalam Innovative Government Award (IGA) tahun...

Anang Ajak Bersama Bangun Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Keberhasilan dan pencapaian pembangunan yang di raih kabupaten Tabalong sampai dengan saat ini merupakan buah kerja keras dan kerja sama semua...

Ditengah Pandemi Capaian Tabalong Dalam Usia 56 Tahun

TANJUNG, kontrasonline.com - Meski sempat di warnai gerimis, peringatan HUT Tabalong ke 56 tetap berjalan lancar dan khidmad. Mengambil tema ”Masyarakat Sehat, Ekonomi Berkembang, Tabalong...

tetap terhubung

8,590FansSuka
2,913PengikutMengikuti

Berita Terkini

2021 KPH Tabalong Evakuasi 9 Satwa

TANJUNG, kontrasonline.com - Mulai dari Burung Rangkong hingga ular jenis Sawa diamankan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tabalong. Satwa tersebut diamankan dengan beberapa hewan lainnya karena...

Ternyata gara-gara cemburu, Gadis Belia ini ceburkan diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - SR terbaring lemah di ruang IGD RSUD Badaruddin Kasim usai dirinya melakukan aksi nekat menceburkan diri ke sungai Tabalong. Sabtu (15/1). Diduga...

Geger, Gadis Belia Ceburkan Diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Warga kecamatan Murung Pudak di gegerkan dengan seorang perempuan menceburkan diri ke sungai Tabalong, Sabtu (15/1). Kejadian tersebut tepat terjadi di jembatan...

Masih Sisakan Api, Upbs Bara Kembali ke Lokasi Kebakaran

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak ternyata masih menyisakan api, Sabtu (15/1) pagi. Informasi itu diketahui setelah ada laporan pagi tadi yang...

Toko Pakan Ternak di Pembataan Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak yang terjadi pada Jum'at (14/1) malam mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah. Dari data yang diperoleh, kebakaran...