Kamis, Agustus 11, 2022

Belajar Dirumah Aja Bersama Radio Suara Tabalong FM

TANJUNG, korankontras.net – Dukung anjuran pemerintah tentang himbauan di rumah saja terkait dengan wabah Covid-19, Stasiun Radio milik pemerintah kabupaten Tabalong,  Suara Tabalong FM membuat program Saluran Radio Belajar Di Rumah (Saraba Dirumah).

Program Saraba Dirumah merupakan fasilitas belajar yang di sediakan untuk murid belajar walaupun libur sekolah.

Kepala Stasiun Radio Suara Tabalong, Abdul Halim menuturkan program tersebut sudah berlangsung sekitar dua minggu.

“Program Saraba Dirumah ini di mulai sejak 14 April lalu, program tersebut kita buat karena melihat situasi siswa yang harus belajar dirumah selama pandemi Covid-19,” ucapnya saat dihubungi via telepon, Minggu (26/4).

Lebih lanjut, Ia mengataka  program ini juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Tabalong serta pihak sekolah untuk jadi narasumber.

“Guru dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mengisi pelajaran setiap harinya saat siaran program tersebut.

Jadwalnya Senin sampai Kamis untuk SMP sedangkan hari Jum’at untuk murid SMA dan program ini dimulai dari pukul 10.00 wita” jelas Halim.

Tiap harinya ada dua mata pelajaran yang akan di siarkan di program Saraba Dirumah.

“Namun untuk hari Kamis itu hanya satu mata pelajaran dan satu mata pelajaran tiap harinya itu hanya satu jam” ujarnya.

Tambah Halim, ada tujuh mata pelajaran yang di siarkan yang dibagi dalam empat hari.

“Untuk hari Senin ada mata pelajaran IPA dan bahasa Inggris, Selasa IPS dan PPKN, Rabu ada bahasa Indonesia, pendidikan agama dan budi pekerti serta hari kamis mata pelajaran matematika” terangnya.

Sementara untuk hari Jum’atnya itu khusus mata pelajaran SMA. “Setiap minggunya mata pelajaran SMA ini berbeda-beda dan untuk narasumbernya juga bergantian dari beberapa sekolah” tandasnya.

Ia juga mengatakan rencanannya program ini akan dibagi beberapa tahap,  tahap pertamanya akan berlangsung sampai satu minggu sebelum lebaran.

“Dan tahap selanjutnya akan dibicarakan dan dikoordinasikan lagi. Harapannya bisa berlangsung terus saat pandemi Covid-19 ini” cetus Kepala Stasiun Radio Suara Tabalong tersebut.

Terpisah, Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP Disdik Tabalong, Drs Sutimbul, program Saraba Dirumah ini salah satu penunjang program belajar dirumah bagi anak-anak sekolah.

“Pembelajaran di rumah bagi murid-murid ini salah satunya lewat saluran radio, selain lewat televisi dan aplikasi WhatsApp” ujarnya.

Agar murid-murid ini dapat mengikuti program tersebut maka di dampingi oleh orang tua yang bersangkutan.

“Yang mengontrol muridnya ya orang tuanya sendiri, berdasarkan surat edaran Bupati, kepala sekolah membuat surat kepada orang tua murid agar dapat membimbing anaknya belajar dengan jadwal yang sudah diberikan” ungkapnya.

Sutimbul pun berharap dengan program ini dapat membantu para murid agar tetap bisa belajar di rumah.

“Dengan belajar di radio menjadikan salah satu alternatif untuk memudahkan anak-anak memahami pelajaran. Jangan sampai adanya wabah ini terabaikan dalam hal belajar” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Wakil Bupati Tabalong Lantik 3 Kepala Desa PAW

TANJUNG, kontrasonline.com - Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi melantik tiga orang pengganti antar waktu (PAW) kepala desa, Kamis (11/8). PAW kepala desa ini dilakukan untuk...

Semarakkan HUT RI, Pemkab Tabalong Bagikan Bendera Merah Putih ke Masyarakat

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani secara simbolis menyerahkan bendera merah putih kepada seluruh Camat di wilayah Bumi Saraba Kawa. Penyerahan yang dilaksanakan...

Wabup Tabalong Lepas KKN II Mahasiswa STIT Syekh Nafis

TANJUNG, kontrasonline.com - Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi melepas tujuh puluh satu peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) II Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT)...

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Wakil Bupati Tabalong Lantik 3 Kepala Desa PAW

TANJUNG, kontrasonline.com - Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi melantik tiga orang pengganti antar waktu (PAW) kepala desa, Kamis (11/8). PAW kepala desa ini dilakukan untuk...

Kecelakaan Di Tugu Obor, Dua Korban Dibawa Ke RSUD HBK

Dalam minggu ini sudah terjadi tiga kali kecelakaan TANJUNG, kontrasonline.com - Kecelakaan lalu lintas di kawasan monumen Tanjung Puri atau Tugu Obor kelurahan Mabu'un kecamatan...

Berikut Kriteria Penilaian Lomba Pos Kamling di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Dalam pelaksanaan lomba Pos Kamling ada sejumlah kategori yang harus diperhatikan bagi peserta yang ikut berpartisipasi. Kasatpol-PP dan Damkar Tabalong, Abdul Halim...

Noor Farida Minta Fasilitas Olah Raga di Selatan Tabalong Diperhatikan

TANJUNG, kontrasonline.com - Fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang masih dianggap minim khususnya di wilayah Selatan Bumi Saraba Kawa mendapat sorotan anggota DPRD Tabalong. Hj....

Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran di Lahan Kosong Desa Karangan Putih

TANJUNG, kontrasonline.com – Kebakaran lahan terjadi di desa Karangan Putih RT 06 kecamatan Kelua pada Selasa (9/8) siang kemarin.  Lahan milik warga setempat yang terbakar...
error: Maaf, Content is protected !!