Kamis, Agustus 11, 2022

Ditengah Keterbatasan Internet, Desa Ini Dambakan Jadi Smart Desa

TANJUNG,KoranKontras.net- Desa Murung Karangan Kecamatan Muara Harus selama bertahun tahun mengalami kendala jaringan internet, sementera mereka mendambakan  desanya menjadi desa yang smart.

Keterbatasan jaringan internet yang memicu  pemerintahan desa Murung Karangan mengupayakan  jaringan internet bisa ada didesa mereka terutama di kantor desa.

Hendra Wahyudi, Kepala Urusan (KAUR) Keuangan desa Murung Karangan mengatakan jaringan internet kurang bagus didesanya menjadi keluhan warganya

“Kami juga sempat mengalami kesulitan untuk mengakses berbagai informasi guna menunjang pelayanan administrasi” ceritanya.

Untuk memecahkan persoalan ini, sambung Hendra, saat dilakukan musyawarah desa diusulkan pemasangan jaringan internet dengan prioritas utama kantor desa sebagai pusat pelayanan administrasi desa termasuk di kantor BUMdes, kemudian baru di tambah untuk kepentingan masyarakat.

“Alhamdulillah semuanya bersepakat dan mendukung program ini” jelasnya.

Dimulai  awal tahun  2019 yang lalu, mereka membeli peralatan dan perlengkapan internet, karena jangkauannya belum luas, pemanfaatannya pun masih terbatas.

 “Di kantor BUMDes bisa digunakan oleh sepuluh HP atau pun Laptop, di kantor desa bisa hingga 30 HP atau Laptop secara bersamaan.

“kalau lebih (penggunanya),jaringannya akan lelet” timpalnya.

Sedang di kantor desa karena berfungsi sebagai pusat layanan diminta kemampuan untuk mengakses intenet lebih besar. “biar tidak terganggu” imbuhnya.

AKSES INTERNET DIMANFAATKAN WARGA DAN PELAJAR

Salah seorang perangkat desa membeli Rooter (alat pembagi jaringan- red) secara pribadi yang ditempatkan dirumahnya namun aksesnya di buka untuk umum.

 “Passwordnya  di buka saja dan bisa dimanfaatkan secara cuma-cuma oleh warga” timpalnya.

Di titik ini jaringan internet bisa di akses secara optimal oleh 10 pengguna.

Saban hari tutur Hendra, sejak sore hingga malam banyak anak muda yang berkumpul sambil santai memafaatkan fasilitas ini di teras rumah warga  yang lokasinya masih bisa menjangkau jaringan.

“Kalau dijumlah saban harinya pengguna akses internet ini berkisar antara 20 sampai 30 an orang” ungkapnya.

Sayangnya, karena jaringannya masih ikut di Puskesmas yang berada di desa Pamarangan, pemanfaatannya tidak bisa optimal.

“Kalau jaringan yang di Puskesmas tersebut dimatikan otomatis akses internet di desa kami juga mati” bebernya.

Saat ada kegiatan di desa ataupun ada pekerjaan penting, pihak desa menghubungi petugas Diskominfo meminta agar jaringan internet jangan dimatikan sambungnya lagi.

“Kami sangat berharap ada bantuan dari Pemda agar bisa mandiri Internet tanpa tergantung pada akses yang ada di Puskesmas” harapnya.

Ia menilai banyak manfaat yang bisa diperoleh andai akses internet mudah dan bisa digunakan seluruh warga, seperti pola pikir masyarakat bisa berubah karena mudah mencari informasi secara digital sehingga wawasannya juga bisa bertambah luas ungkapnya.

Bahkan sambungnya lagi, anak muda usia sekolah pun bisa lebih mudah dalam mencari modul belajar maupun menyelesaikan tugas sekolah.

Pihak desa sendiri sudah merencanakan agar akses internet bisa dinikmati oleh warga satu kampung akunya.

“ke depan kami ingin agar fasilitas internet bisa dinikmati oleh seluruh warga, tentunya dengan dukungan pemerintah daerah juga” pungkasnya. (Boel)

Artikel terkait

Bumdes Maju Jaya Sabet Juara 1 Terbaik Kalsel

TANJUNG, kontrasonline.com - Untuk ke sekian kalinya prestasi kembali diraih oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Jaya desa Padang Panjang kecamatan Tanta. Kali ini...

Aktifitas Warga Desa Garunggung Kembali Normal Lewati Jembatan Gantung

120 Keping Papan Ulin untuk Ganti Lantai Jembatan Gantung TANJUNG, kontrasonline.com - Merespon perbaikan jembatan gantung kayu ulin di RT. 03 Desa Garunggung yang...

Warga Garunggung Inginkan Jembatan “Antik” Diganti dengan Rangka Baja

TANJUNG, kontrasonline.com - Kondisi jembatan gantung yang ada di RT. 03 desa Garunggung sudah terbilang memprihatinkan. Papan lantai ulin dan gelagar sudah mulai melapuk karena...

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Berikut Kriteria Penilaian Lomba Pos Kamling di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Dalam pelaksanaan lomba Pos Kamling ada sejumlah kategori yang harus diperhatikan bagi peserta yang ikut berpartisipasi. Kasatpol-PP dan Damkar Tabalong, Abdul Halim...

Noor Farida Minta Fasilitas Olah Raga di Selatan Tabalong Diperhatikan

TANJUNG, kontrasonline.com - Fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang masih dianggap minim khususnya di wilayah Selatan Bumi Saraba Kawa mendapat sorotan anggota DPRD Tabalong. Hj....

Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran di Lahan Kosong Desa Karangan Putih

TANJUNG, kontrasonline.com – Kebakaran lahan terjadi di desa Karangan Putih RT 06 kecamatan Kelua pada Selasa (9/8) siang kemarin.  Lahan milik warga setempat yang terbakar...

Meriahkan HUT RI ke 77, Satpol-PP dan Damkar Tabalong Gelar Lomba Pos Kamling

TANJUNG, kontrasonline.com – Memperingati HUT Republik Indonesia ke 77 tahun ini banyak lomba-lomba yang akan digelar baik oleh masyarakat maupun organisasi dan instansi pemerintah. Di...

DPRD Tabalong Sepakati Perubahan KUA PPAS Tahun 2022 dan KUA PPAS Tahun 2023

TANJUNG, kontrasonline.com - Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Tabalong telah sepakati Perubahan KUA PPAS Tahun 2022 dan KUA PPAS...
error: Maaf, Content is protected !!