Senin, Januari 17, 2022

Ditengah Keterbatasan Internet, Desa Ini Dambakan Jadi Smart Desa

TANJUNG,KoranKontras.net- Desa Murung Karangan Kecamatan Muara Harus selama bertahun tahun mengalami kendala jaringan internet, sementera mereka mendambakan  desanya menjadi desa yang smart.

Keterbatasan jaringan internet yang memicu  pemerintahan desa Murung Karangan mengupayakan  jaringan internet bisa ada didesa mereka terutama di kantor desa.

Hendra Wahyudi, Kepala Urusan (KAUR) Keuangan desa Murung Karangan mengatakan jaringan internet kurang bagus didesanya menjadi keluhan warganya

“Kami juga sempat mengalami kesulitan untuk mengakses berbagai informasi guna menunjang pelayanan administrasi” ceritanya.

Untuk memecahkan persoalan ini, sambung Hendra, saat dilakukan musyawarah desa diusulkan pemasangan jaringan internet dengan prioritas utama kantor desa sebagai pusat pelayanan administrasi desa termasuk di kantor BUMdes, kemudian baru di tambah untuk kepentingan masyarakat.

“Alhamdulillah semuanya bersepakat dan mendukung program ini” jelasnya.

Dimulai  awal tahun  2019 yang lalu, mereka membeli peralatan dan perlengkapan internet, karena jangkauannya belum luas, pemanfaatannya pun masih terbatas.

 “Di kantor BUMDes bisa digunakan oleh sepuluh HP atau pun Laptop, di kantor desa bisa hingga 30 HP atau Laptop secara bersamaan.

“kalau lebih (penggunanya),jaringannya akan lelet” timpalnya.

Sedang di kantor desa karena berfungsi sebagai pusat layanan diminta kemampuan untuk mengakses intenet lebih besar. “biar tidak terganggu” imbuhnya.

AKSES INTERNET DIMANFAATKAN WARGA DAN PELAJAR

Salah seorang perangkat desa membeli Rooter (alat pembagi jaringan- red) secara pribadi yang ditempatkan dirumahnya namun aksesnya di buka untuk umum.

 “Passwordnya  di buka saja dan bisa dimanfaatkan secara cuma-cuma oleh warga” timpalnya.

Di titik ini jaringan internet bisa di akses secara optimal oleh 10 pengguna.

Saban hari tutur Hendra, sejak sore hingga malam banyak anak muda yang berkumpul sambil santai memafaatkan fasilitas ini di teras rumah warga  yang lokasinya masih bisa menjangkau jaringan.

“Kalau dijumlah saban harinya pengguna akses internet ini berkisar antara 20 sampai 30 an orang” ungkapnya.

Sayangnya, karena jaringannya masih ikut di Puskesmas yang berada di desa Pamarangan, pemanfaatannya tidak bisa optimal.

“Kalau jaringan yang di Puskesmas tersebut dimatikan otomatis akses internet di desa kami juga mati” bebernya.

Saat ada kegiatan di desa ataupun ada pekerjaan penting, pihak desa menghubungi petugas Diskominfo meminta agar jaringan internet jangan dimatikan sambungnya lagi.

“Kami sangat berharap ada bantuan dari Pemda agar bisa mandiri Internet tanpa tergantung pada akses yang ada di Puskesmas” harapnya.

Ia menilai banyak manfaat yang bisa diperoleh andai akses internet mudah dan bisa digunakan seluruh warga, seperti pola pikir masyarakat bisa berubah karena mudah mencari informasi secara digital sehingga wawasannya juga bisa bertambah luas ungkapnya.

Bahkan sambungnya lagi, anak muda usia sekolah pun bisa lebih mudah dalam mencari modul belajar maupun menyelesaikan tugas sekolah.

Pihak desa sendiri sudah merencanakan agar akses internet bisa dinikmati oleh warga satu kampung akunya.

“ke depan kami ingin agar fasilitas internet bisa dinikmati oleh seluruh warga, tentunya dengan dukungan pemerintah daerah juga” pungkasnya. (Boel)

Artikel terkait

Menikmati Keindahan Riam Mesi di Desa Salikung

Tanjung, kontrasonline.com – Berada di ujung utara Kalimantan Selatan, Kabupaten Tabalong memiliki kekayaan berupa keindahan alam yang seperti tidak ada habis habisnya untuk dinikmati. Terutama...

Bupati Tabalong Pinta Ini Pada Pelantikan Kades

64 Kades Terpilih dilantik Bupati TANJUNG, kontrasonline.com – Jabatan kepala desa (kades) merupakan amanah dari Yang Maha Kuasa sekaligus kepercayaan dari masyarakat dan pimpinan. "Ketika jabatan...

Peran Desa Dibalik Capaian 70 Persen Vaksinasi di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Raihan vaksinasi Tabalong hingga diatas angka 70 persen tidak lepas dari peran aparat desa se Tabalong yang berjibaku agar target bisa...

tetap terhubung

8,590FansSuka
2,913PengikutMengikuti

Berita Terkini

2021 KPH Tabalong Evakuasi 9 Satwa

TANJUNG, kontrasonline.com - Mulai dari Burung Rangkong hingga ular jenis Sawa diamankan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tabalong. Satwa tersebut diamankan dengan beberapa hewan lainnya karena...

Ternyata gara-gara cemburu, Gadis Belia ini ceburkan diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - SR terbaring lemah di ruang IGD RSUD Badaruddin Kasim usai dirinya melakukan aksi nekat menceburkan diri ke sungai Tabalong. Sabtu (15/1). Diduga...

Geger, Gadis Belia Ceburkan Diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Warga kecamatan Murung Pudak di gegerkan dengan seorang perempuan menceburkan diri ke sungai Tabalong, Sabtu (15/1). Kejadian tersebut tepat terjadi di jembatan...

Masih Sisakan Api, Upbs Bara Kembali ke Lokasi Kebakaran

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak ternyata masih menyisakan api, Sabtu (15/1) pagi. Informasi itu diketahui setelah ada laporan pagi tadi yang...

Toko Pakan Ternak di Pembataan Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak yang terjadi pada Jum'at (14/1) malam mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah. Dari data yang diperoleh, kebakaran...