Rabu, Agustus 17, 2022

Tinjau Jembatan Hanyut, Komisi III Pinta Segera Diperbaiki

TANJUNG,KoranKontras.net- komisi III DPRD Tabalong kembali melakukan tinjauan ke daerah terdampak bencana banjir, kali ini di desa Hayup kecamatan Haruai pada Jum’at (28/02) pagi.

Ketua Komisi tiga, H.Supoyo menyampaikan bahwa kunjungan mereka merupakan tindak lanjut dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabalong tentang wilayah dan kerusakan atas dampak banjir yang lalu.

“Kita tindak lanjuti dan mantapkan sebelum dilakukan penanganan” terangnya pada koran kontras.

Supoyo juga mengatakan bahwa penanganan jembatan ulin yang menghubungkan desa Hayup dengan desa Ribang 2  hanyut terseret air  ketika banjir akan segera ditangani oleh BPBD dan dinas PUPR.

“Dilokasi kami sudah berbicara pada pihak BPBD dan PUPR agar jembatan penghubung tersebut segera dibangun, minimal bisa dilewati oleh warga untuk sementara, kasihan aktifitas mereka jadi terganggu” bebernya.

Ia juga meminta agar jembatan sementara yang akan dibuat bisa difungsikan sebelum Hari Raya yang tinggal beberapa waktu saja lagi.

“Kalau molor (pengerjaannya) maka banyak aktifitas termasuk aktifitas perekonomian warga yang akan terganggu” tandasnya.

 Terpisah, Plt.kepala pelaksana BPBD, Zakaria mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan usulan penanganan kerusakan akibat banjir lewat Dana Siap Pakai (DSP) pada BNPB Pusat.

“Selesai dinas PUPR membuatkan RAB nya, berkas akan langsung di kirim ke pusat” terangnya.

Terkait penanganan jembatan rusak di RT 01 Plajau, desa Hayup, Kepala seksi ((Kasi) preservasi jalan dan jembatan dinas PUPR Tabalong, Sunengse,ST, mengungkapkan bahwa Penanganan sementara akan dilakukan dinas PUPR sehingga aktifitas warga bisa normal kembali.

“Kayu ulin jembatan dulu yang masih bisa dimanfaatkan akan digunakan lagi untuk membangun jembatan baru sementara waktu sebelum dana DSP turun” jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa jembatan ulin pengganti sementara yang akan dibangun bisa dilewati oleh kendaraan roda empat.

Kepala desa Hayup, Suwito, didampingi beberapa orang warganya juga sangat berharap agar jalan penghubung desanya dengan desa Ribang dua bisa segera di bangun.

“Kasian anak-anak sekolah, susah lewat” timpalnya.

Bukan hanya itu, aktifitas lalu lalang warga hingga angkutan hasil pertanian juga terganggu celetuk salah seorang warga.

Sementara waktu, agar bisa melewati anak sungai yang memutus jalan, warga secara swadaya dibantu dinas terkait membuat jembatan kayu sederhana dengan lebar hampir satu meter agar bisa dilewati pejalan kaki dan kendaraan roda dua tutur Suwito lagi.

Di desa Hayup Sendiri ada dua jembatan yang rusak diterjang banjir, Jembatan ulin di RT.01 Plajau yang menghubungkan Hayup dengan desa Ribang dan di RT.08 Danau yang merupakan jalan tembus dari Hayup ke Muara Uya.

“Di Plajau yang parah, jembatannya hanyut sekitar 20 an meter” pungkasnya.(Boel)

Artikel terkait

DPRD Tabalong Sepakati Perubahan KUA PPAS Tahun 2022 dan KUA PPAS Tahun 2023

TANJUNG, kontrasonline.com - Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Tabalong telah sepakati Perubahan KUA PPAS Tahun 2022 dan KUA PPAS...

Serahkan Perubahan KUA PPAS Tahun 2022, Pemkab Tabalong Perkirakan APBD Capai Rp. 1,7 Triliun Lebih

TANJUNG, kontrasonline.com – Pemerintah Kabupaten Tabalong menyerahkan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2022 pada...

Berhentikan Karyawan Kontrak, Komisi I DPRD Tabalong Panggil Disnaker

TANJUNG, kontrasonline.com - Persoalan pemberhentian kerja seorang tenaga kontrak di Dinas tenaga kerja (Disnaker) Tabalong karena dianggap tidak disiplin berbuntut panjang. Menanggapi surat dari pelapor,...

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Sebelum Lomba Warga Desa Simpung Layung Gelar Upacara Bendera

TANJUNG, kontrasonline.com - Memeriahkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tidak hanya dilakukan masyarakat Tabalong di daerah perkotaan saja. Meski jauh dari pusat Kabupaten, warga...

Kemeriahan Peringatan HUT RI di Komplek SIP

TANJUNG, kontrasonline.com - Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 kali ini banyak dimeriahkan masyarakat dengan berbagai kegiatan. Di Tabalong, masyarakat di masing-masing daerah menggelar berbagai...

Ratusan Narapidana di Tabalong Terima Remisi HUT RI

TANJUNG, kontrasonline.com - Ratusan narapidana di Tabalong mendapatkan remisi saat peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia. Penyerahan surat remisi tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Tabalong, H...

Bupati Tabalong Pimpin Upacara HUT RI ke 77 di Halaman Pendopo

TANJUNG, kontrasonline.com - Upacara peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di kabupaten Tabalong yang dilaksanakan di halaman Pendopo Bersinar berjalan lancar. Peringatan kemerdekaan Indonesia yang sempat...

Pimpinan 3 Matra TNI Kumpul di Rumah KSAD usai Pidato Kenegaraan Presiden, Bahas Apa?

JAKARTA, kontrasonline.com - Tiga pimpinan matra TNI berkumpul di kediaman Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrahman usai mengikuti pidato kenegaraan Presiden...
error: Maaf, Content is protected !!