Sabtu, Juni 25, 2022

Utara Tabalong “dikepung” Banjir

TANJUNG,KoranKontras.net- Hujan yang mengguyur hampir seluruh wilayah kabupaten Tabalong sejak Rabu (05/02) dinihari hingga hari ini  membuat beberapa desa terendam banjir.

Camat Bintang Ara, Suriadi saat dihubungi via telepon menerangkan bahwa ada beberapa titik desa di wilayahnya yang terendam air.

“Wilayah yang terendam air ada di Mihul (desa Panaan), Misim, Mantuyup (desa Bintang Ara) dan saru titik di desa Usih” terangnya pada awak koran kontras, Rabu (05/02) malam.

Suriadi menyampaikan bahwa kedalaman air  bervariasi, dari 50 cm hingga lebih, sedang jumlah rumah warga yang terendam jumlah totalnya sekitar 20 an buah.

“Hingga saat ini, kedalaman air masih naik, mungkin jumlah rumah warga yang terendam akan terus bertambah” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa beberapa titik ruas jalan terputus dan tidak bisa dilewati karena kedalaman air dan derasnya arus.

Hal senada juga diungkapkan oleh Camat Haruai, Arianto. Ia menyampaikan bahwa beberapa Rukun Tetangga (RT) di sejumlah desa juga dilanda banjir.

Di RT.01 desa Halong sekitar 101 KK terdiri dari 292 jiwa rumahnya terendam air hingga lebih dari satu meter.

“Air sungai masih bergerak naik, pagi tadi akses jalannya masih bisa dilewati sekarang sudah tidak bisa” paparnya.

Demikian juga di salah satu titik di RT.01 desa Suput, akses jalan juga tidak bisa dilewati karena air dijalan makin tinggi dan arusnya deras.

Sedang di wilayah desa Hayup, kondisi air sudah mulai surut namun jembatan ulin di Pelajau dan Danau terputus akibat terjangan air.

“Jembatan di  Pelajau putus total sedang di Danau putus sebagian dan kami sudah mengkoordinasikannya dengan dinas PUPR” beber Arianto.

Wilayah desa Marindi juga sempat kebanjiran sebentar, namun tak berselang lama dan hanya sekitar satu jam air sudah surut imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa dinas BPBD kabupaten Tabalong sejak pagi sudah turun kelapangan melakukan pemantauan serta menyediakan perahu karet.

Arianto menambahkan bahwa menurut keterangan warganya sudah sekitar 10 tahun desa mereka tidak pernah terendam air separah ini.

” ini banjir terparah dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir ini” ucapnya.

“Untuk desa Halong, bersama instansi terkait kami mendirikan dapur umum yang bertempat di kantor desa” pungkasnya. (Boel).

Artikel terkait

Suasana Haru Iringi Keberangkatan Jamaah Haji Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Ratusan jamaah calon haji Tabalong mulai berangkat menuju asrama haji Banjarmasin. Keberangkatan rombongan tersebut langsung dilepas Bupati Tabalong, H Mawardi di Pendopo...

Ratusan Personil Gabungan Akan Amankan Keberangkatan CJH Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Sejumlah petugas akan dikerahkan untuk mengatur keberangkatan para calon jamaah haji Tabalong, Sabtu (11/6) besok. "Personil yang dilibatkan banyak, dari kepolisian ada...

Data WLK Tenaga Kerja Tabalong 12.955 Orang

TANJUNG, kontrasonline.com - Hingga saat ini, jumlah tenaga kerja lokal Tabalong yang bekerja diperusahaan tambang masih menjadi tanda tanya. Kepala bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan...

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Mampukah Bumdes Mart Berjaya dengan Pergantian Nama Menjadi Bersinar Mart?

TANJUNG, kontrasonline.com – Toko yang dikelola Badan Usaha Milik Desa  atau yang lebih sering disebut Bumdes Mart seluruh Tabalong rencannya akan diganti namanya menjadi...

Ferry Resmi Nahkodai Partai Demokrat Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Setelah cukup lama dinanti - nanti, akhirnya diketahui siapa yang menakhodai Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat kabupaten Tabalong. Sesuai Surat Keputusan...

Pembelajaran Tematik Di Era New Normal dengan Menerapkan Blended Learning

Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun kebelakang ini menyebabkan perubahan yang begitu besar khusunya di dunia Pendidikan. Dampak yang terjadi salah satunya...

Stok Hewan Qurban Masih Kurang, Disbunnak Tabalong Ambil Langkah Ini

TANJUNG, kontrasonline.com - Kabupaten Tabalong kini masih kekurangan stok hewan qurban jelang Idul Adha. Hal itu dibeberkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner...

Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SDN SINDURJAN pada Masa Pandemi

SDN Sindurjan Purworejo merupakan salah satu Sekolah Dasar yang mengalami dampak dari pandemi COVID-19. Meskipun pada tahun ajaran 2021/2022 COVID-19 sudah mereda namun SDN Sindurjan...
error: Maaf, Content is protected !!