Sabtu, Juni 25, 2022

Air Sungai Jaing Bak “kopi susu”

DLH : Akan Panggil Pihak Terkait

TANJUNG,KoranKontras.net- Bahriansyah ( 32 ) terkejut ketika hendak mandi pagi di sungai Jaing desa Masukau, melihat air sungai yang biasa jernih berubah keruh  seperti kopi susu.

“Pas mau mandi pagi tadi sekitar pukul delapan lewat, saya terkejut air sudah berwarna putih pekat kecoklatan”  ungkapnya pada korankontras,net senin (27/1).

Berubahnya air sungai jaing sebenarnya menurut Bahriansyah bukan sekali ini saja terjadi tapi seingatnya sudah beberapa kali dan ini yang pertama di tahun 2020.

Ia mengungkapkan lagi bahwa kejadian ini sama persis saat beberapa tahun lalu, dimana perubahan warna air menyebabkan banyak ikan karamba milik warga yang mati.

“Tahun 2019 yang lalu juga ada kejadian, cuman tingkat kekeruhan air tidak separah sekarang” bebernya.

Bahriansyah pun membantah bahwa perubahan warna air sungai Jaing karena faktor hujan di daerah hulu.

“Kalau akibat lunturan tanah karena hujan, warna air tidak seperti ini” tandasnya.

Ia menduga keruhnya air sungai Jaing akibat aktivitas pertambangan batu bara dihulu sungai.

Bahriansyah berharap pemerintah daerah lewat instansi terkait bisa turun kelapangan untuk melihat kondisi secara langsung.

Senada, warga desa Masukau lainnya menambahkan bahwa kejadian seperti ini sudah yang kesekian kalinya dan selalu terulang.

” bukan masalah kandungan airnya mencemari atau tidak, tapi ini sudah berupa tindak kelalaian karena sering terulang” timpalnya.

Hingga saat ini, air sungai Jaing masih dimanfaatkan sebagian warga desa untuk keperluan mandi dan mencuci.

Bahkan, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, aliran sungai Jaing di dekat muara menjadi kunjungan objek wisata sungai.

“Sebagian warga ada yang langsung mandi dan mencuci ke sungai, sebagian lagi menyedotnya” terang Bahriansyah.

Dugaan keruhnya sungai Jaing berasal dari penampungan pengolahan air tambang milik PT. Adaro ditanggapi  Djoko Soesilo,  CRM Departement Head  PT Adaro Indonesia.

“saat ini sedang kita cross check, mengingat treatment di  SP yang terdapat di hulu aliran sungai kualitas air dalam keadaan normal” jelasnya.

Pihaknya juga menurunkan team ke lapangan, apapun yang bisa mereka  perbantukan akan mereka lakukan  termasuk mengambil sampel air di badan sungai.

“Hal yang penting adalah apa yang bisa dikontribusikan agar sumber masalah yang dikeluhkan dapat diatasi, sehingga semuanya dapat normal kembali” pungkas Djoko.

Sementara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabalong  langsung turun kelapangan ketika menerima laporan dari warga tentang kondisi sungai Jaing.

Kepala DLH Tabalong, Rowi Rawatianice mengatakan pihaknya sudah turun kelapangan dan mengambil sample air sungai Jaing.

“kita akan segera panggil siapa saja yang terkait seperti kades, kecamatan, perusahaan dan SKPD yang terkait” terangnya. (boel)

Artikel terkait

Pemeliharaan Tanaman Median Jalan Poros Ir. PHM Noor Pembataan

TANJUNG, kontrasonine.com - Sejumlah petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong terlihat sedang melakukan pemeliharaan tanaman median di jalan poros Ir. PHM Noor kelurahan...

Presdir Adaro: Pasca Tambang Adaro Jadi Role Model Tambang Lain

PARINGIN, kontrasonline.com - Jajaran Board of Director PT Adaro Indonesia, dipimpin Presiden Direktur Adaro, Priyadi, menyambangi area studi dan pengembangan projek pasca tambang pada...

Sambut IKN, Bupati Tabalong Pinta Galakan Kembali “Jum’at Bersih”

TANJUNG, kontrasonline.com – Tabalong terlihat serius dalam menyambut Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani meminta seluruh SKPD di...

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Mampukah Bumdes Mart Berjaya dengan Pergantian Nama Menjadi Bersinar Mart?

TANJUNG, kontrasonline.com – Toko yang dikelola Badan Usaha Milik Desa  atau yang lebih sering disebut Bumdes Mart seluruh Tabalong rencannya akan diganti namanya menjadi...

Ferry Resmi Nahkodai Partai Demokrat Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Setelah cukup lama dinanti - nanti, akhirnya diketahui siapa yang menakhodai Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat kabupaten Tabalong. Sesuai Surat Keputusan...

Pembelajaran Tematik Di Era New Normal dengan Menerapkan Blended Learning

Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun kebelakang ini menyebabkan perubahan yang begitu besar khusunya di dunia Pendidikan. Dampak yang terjadi salah satunya...

Stok Hewan Qurban Masih Kurang, Disbunnak Tabalong Ambil Langkah Ini

TANJUNG, kontrasonline.com - Kabupaten Tabalong kini masih kekurangan stok hewan qurban jelang Idul Adha. Hal itu dibeberkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner...

Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SDN SINDURJAN pada Masa Pandemi

SDN Sindurjan Purworejo merupakan salah satu Sekolah Dasar yang mengalami dampak dari pandemi COVID-19. Meskipun pada tahun ajaran 2021/2022 COVID-19 sudah mereda namun SDN Sindurjan...
error: Maaf, Content is protected !!