Senin, Januari 17, 2022

Cara LDII Tabalong Bangun Kemandirian Generusnya

TANJUNG,korankontras.net – Kegiatan Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kabupaten Tabalong bukan melulu soal kajian Al Qur’an dan Hadits, organisasi keagamaan ini juga konsisten membangun kemandirian untuk generasi mudanya.

Melalui Penggerak Pembina Generus (PPG) yang dibentuk LDII, pembinaan generasi penerus dari usia “caberawit”  atau usia dini hingga usia remaja mereka lakukan secara berkesinambungan.

Salah satu program kegiatan PPG Tabalong memberikan pelatihan kemandirian bagi generasi mudanya.

Ketua PPG Tabalong, H. Tutut Pintarta menjelaskan tentang tiga target pembinaan generus yang memiliki kefahaman agama, berahlakhul karimah dan mandiri.

“usia cabe rawit dalam kurikulum pembelajarannya kita masukan bagaimana mereka bisa mandiri terhadap dirinya sendiri sesuai dengan ajaran Islam” jelasnya.

Memasuki usia pra remaja, generus sudah mulai diberi pelatihan keterampilan seperti mengolah aneka kuliner, handycraft, beternak, design grafis dan lainnya.

“yang usianya remaja dan muda/mudi mereka kita ajak untuk praktek langsung dilapangan, berjualan hasil olahannya” ujarnya lagi.

Secara periodik pihaknya juga menggelar bazar khusus generus, biasanya berbarengan dengan pengajian umum LDII sebulan sekali di tingkat DPD maupun PC dan PAC.

“seperti hari ini semua generus dari PC dan PAC menggelar aneka produk olahannya” ujar Tutut sambil menunjukan bazar generus di halaman Masjid Baitul Muchlisin Laburan desa Padang Panjang, minggu (15/12).

Bukan hanya aneka kuliner yang mereka jual, ada aneka bunga, pot dan baju. Dagangan digelar di stand yang disediakan berupa meja panjang dan msing masing stand ada banner yang berisi keterangan dagangannya.

Menariknya banner bukan dari percetakan melainkan tulisan tangan sesuai dengan kreativitas generusnya, ada yang ditulis di karton , papan tulis hitam kesannya seperti dekorasi cafe cafe sehingga menarik pengunjung.

“kami ingin generus memiliki kemandirian sehingga tidak menggantungkan hidupnya pada orang tuanya atau orang lain dan harapannya mereka bisa mejadi pengusaha dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi yang lainnya” pungkas Tutut.

Memperkuat program kemandirian generus, LDII Tabalong juga memiliki program usaha bersama di pengurus cabang maupun pengurus anak cabang yang dikelola pengurus bersama warganya.

 Suprasngko, HS,  ketua LDII Tabalong mengatakan program usaha bersama itu untuk memberdayakan generus di tingkat PC dan PAC selain memberikan pelatihan kemandirian juga memperbanyak kegiatan positif bagi generasi muda.

“usahanya sederha saja seperti beternak atau berkebun dilingkungannya sesuai dengan potensinya” terangnya.

Ia berharap apa yang dilakukan oleh warga LDII mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan (rel)

Artikel terkait

Tak Ada Payung Hukum, Beasiswa dan Bantuan Skripsi Distop Pemkab Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – "Puasa beasiswa" bagi para mahasiswa asal Tabalong yang memiliki prestasi akademik tampaknya masih panjang, anggaran di APBD belum bisa digunakan...

KPH Tabalong Temukan Puluhan Kayu Ulin Tak Bertuan

TANJUNG, kontrasonline.com - Puluhan potong kayu tak bertuan ditemukan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tabalong sepanjang tahun 2021 tadi. Kasi Perlindungan Hutan KPH Tabalong, Zainal Abidin...

Pejabat Eselon III Ada Jadi Korban dari Kepemimpinan yang Efektif dan Tim Kerja Handal di SKPD Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Kepimpinan yang efektif dan membentuk tim kerja yang handal harus diterapkan di lingkungan instansi pemerintah Tabalong. Hal itu diungkapkan Bupati Tabalong, H...

tetap terhubung

8,590FansSuka
2,913PengikutMengikuti

Berita Terkini

2021 KPH Tabalong Evakuasi 9 Satwa

TANJUNG, kontrasonline.com - Mulai dari Burung Rangkong hingga ular jenis Sawa diamankan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tabalong. Satwa tersebut diamankan dengan beberapa hewan lainnya karena...

Ternyata gara-gara cemburu, Gadis Belia ini ceburkan diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - SR terbaring lemah di ruang IGD RSUD Badaruddin Kasim usai dirinya melakukan aksi nekat menceburkan diri ke sungai Tabalong. Sabtu (15/1). Diduga...

Geger, Gadis Belia Ceburkan Diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Warga kecamatan Murung Pudak di gegerkan dengan seorang perempuan menceburkan diri ke sungai Tabalong, Sabtu (15/1). Kejadian tersebut tepat terjadi di jembatan...

Masih Sisakan Api, Upbs Bara Kembali ke Lokasi Kebakaran

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak ternyata masih menyisakan api, Sabtu (15/1) pagi. Informasi itu diketahui setelah ada laporan pagi tadi yang...

Toko Pakan Ternak di Pembataan Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak yang terjadi pada Jum'at (14/1) malam mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah. Dari data yang diperoleh, kebakaran...