Senin, Januari 17, 2022

“Pariwisata Berbasis Masyarakat” Adaro Diskusi Dengan Penggiat Wisata

TANJUNG, korankontras.net – Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pariwisata, PT. Adaro Indonesia menggelar diskusi publik dengan tema “Pariwisata Berbasis Masyarakat” di Cafe Kopi Meratus Mabu’un, Minggu malam (21/10).

Section Head Community Relation PT Adaro Indonesia, Fejarianor mengatakan kegiatan ini untuk memberikan informasi bagaimana pentingnya peran masyarakat dalam kegiatan pariwisata.

“Bagaimana keterlibatan masyarakat di dalam kegiatan pariwisata, kemandiriannya kemudian tujuan hakikatnya apa yang bisa dirasakan masyarakat dari kegiatan pariwisata yang dibangun tersebut” ucapnya saat diwawancarai awak korankontras.

Ia juga menyampaikan begitu pentingnya melibatkan semakin banyak orang dalam kegiatan yang di laksanakan.

“Kesepakatan apa yang akan menjadi tujuan yang dilakukan, kemudian ada proses yang harus dijalani dan yang sangat penting yakni untuk mengukur beberapa sisi efek yang dihasilkan oleh kegiatan yang kita lakukan tersebut” terangnya.

Dari tahun 2010 PT Adaro Indonesia sudah memperhatikan potensi dalam bidang pariwisata di Tabalong.

“Pariwisata bisa menjadi unggulan untuk meningkatkan perekonomian kita bersama, selain bentuk pendanaan kita juga sudah melakukan pendampingan serta perluasan wawasan bagi penggiat atau komunitas pariwisata tersebut” beber Fejarianor.

Ia juga menambahkan sejak 2018 PT Adaro Indonesia sudah melaksanakan perluasan wawasan terhadap penggiat atau komunitas pariwisata di Bumi Sarabakawa.

“Beberapa orang kita pilih untuk magang ikut berpartisipasi di festival pariwisata di daerah luar pulau, mereka ikut menjadi panitia di event tersebut mempelajari bagaimana cara mengemas festival tersebut, sosialisasinya, publikasinya serta bagaimana membangun kekuatan bersama” jelasnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tabalong, Tumbur P Manulu menyambut baik dengan diadakannya diskusi bersama penggiat atau komunitas pariwisata.

“Kegiatan ini mencari ide – ide dan gagasan kedepannya bagaimana pengembangan pariwisata khususnya di daerah kita Kabupaten Tabalong semakin maju” tuturnya.

Ia sangat optimis pariwisata di Kabupaten Tabalong akan berkembang.

“Kalau dikatakan optimis, kita optimis 100 persen karena kita memiliki segala unsur tentang pengembangan pariwisata” tandas Tumbur.

Untuk pengembangan pariwisata berbasis masyarakat ini pihaknya sudah mempunyai konsep dan sudah diterapkan di Kabupaten Tabalong.

“Cuman untuk pemberdayaan dan implementasi saja yang perlu kita kembangkan lagi” ujarnya.

Tumbur berharap dengan adanya kegiatan diskusi publik ini dapat menimbulkan ide – ide dan gagasan dari para penggiat atau komunitas pariwisata.

“Ide – ide dan gagasan tersebut nantinya akan kita kembangkan sesuai dengan kultur budaya yang ada di Bumi Sarabakawa ini” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Pengajian Majelis Taklim Nurul Anwar Desa Kambitin Ditambah

TANJUNG, korntrasonline.com – Jadwal pengajian Majelis Taklim Nurul Anwar Kambitin ditambah dari satu kali sebulan, sekarang menjadi dua kali dalam sebulan. Penambahan jadwal pengajian itu...

Pria Asal Desa Hayup Ini Juarai Lomba Kreasi Bonsai

TANJUNG, kontrasonline.com - Ruswanto meraih juara 1 dalam lomba kreasi bonsai yang dilaksanakan di halaman Stadion Pembataan, Minggu (12/12). Warga desa Hayup kecamatan Haruai itu...

PPBI Pamerkan 100 jenis Bonsai di Stadion Pembataan

TANJUNG, kontrasonline.com - Kurang lebih 100 jenis bonsai tersusun rapi pada gelaran Pameran Bonsai di halaman Stadion Pembataan. Pameran yang dilaksankan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai...

tetap terhubung

8,590FansSuka
2,913PengikutMengikuti

Berita Terkini

2021 KPH Tabalong Evakuasi 9 Satwa

TANJUNG, kontrasonline.com - Mulai dari Burung Rangkong hingga ular jenis Sawa diamankan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tabalong. Satwa tersebut diamankan dengan beberapa hewan lainnya karena...

Ternyata gara-gara cemburu, Gadis Belia ini ceburkan diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - SR terbaring lemah di ruang IGD RSUD Badaruddin Kasim usai dirinya melakukan aksi nekat menceburkan diri ke sungai Tabalong. Sabtu (15/1). Diduga...

Geger, Gadis Belia Ceburkan Diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Warga kecamatan Murung Pudak di gegerkan dengan seorang perempuan menceburkan diri ke sungai Tabalong, Sabtu (15/1). Kejadian tersebut tepat terjadi di jembatan...

Masih Sisakan Api, Upbs Bara Kembali ke Lokasi Kebakaran

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak ternyata masih menyisakan api, Sabtu (15/1) pagi. Informasi itu diketahui setelah ada laporan pagi tadi yang...

Toko Pakan Ternak di Pembataan Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak yang terjadi pada Jum'at (14/1) malam mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah. Dari data yang diperoleh, kebakaran...