“Pariwisata Berbasis Masyarakat” Adaro Diskusi Dengan Penggiat Wisata

TANJUNG, korankontras.net – Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pariwisata, PT. Adaro Indonesia menggelar diskusi publik dengan tema “Pariwisata Berbasis Masyarakat” di Cafe Kopi Meratus Mabu’un, Minggu malam (21/10).

Section Head Community Relation PT Adaro Indonesia, Fejarianor mengatakan kegiatan ini untuk memberikan informasi bagaimana pentingnya peran masyarakat dalam kegiatan pariwisata.

“Bagaimana keterlibatan masyarakat di dalam kegiatan pariwisata, kemandiriannya kemudian tujuan hakikatnya apa yang bisa dirasakan masyarakat dari kegiatan pariwisata yang dibangun tersebut” ucapnya saat diwawancarai awak korankontras.

Ia juga menyampaikan begitu pentingnya melibatkan semakin banyak orang dalam kegiatan yang di laksanakan.

“Kesepakatan apa yang akan menjadi tujuan yang dilakukan, kemudian ada proses yang harus dijalani dan yang sangat penting yakni untuk mengukur beberapa sisi efek yang dihasilkan oleh kegiatan yang kita lakukan tersebut” terangnya.

Dari tahun 2010 PT Adaro Indonesia sudah memperhatikan potensi dalam bidang pariwisata di Tabalong.

“Pariwisata bisa menjadi unggulan untuk meningkatkan perekonomian kita bersama, selain bentuk pendanaan kita juga sudah melakukan pendampingan serta perluasan wawasan bagi penggiat atau komunitas pariwisata tersebut” beber Fejarianor.

Ia juga menambahkan sejak 2018 PT Adaro Indonesia sudah melaksanakan perluasan wawasan terhadap penggiat atau komunitas pariwisata di Bumi Sarabakawa.

“Beberapa orang kita pilih untuk magang ikut berpartisipasi di festival pariwisata di daerah luar pulau, mereka ikut menjadi panitia di event tersebut mempelajari bagaimana cara mengemas festival tersebut, sosialisasinya, publikasinya serta bagaimana membangun kekuatan bersama” jelasnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tabalong, Tumbur P Manulu menyambut baik dengan diadakannya diskusi bersama penggiat atau komunitas pariwisata.

“Kegiatan ini mencari ide – ide dan gagasan kedepannya bagaimana pengembangan pariwisata khususnya di daerah kita Kabupaten Tabalong semakin maju” tuturnya.

Ia sangat optimis pariwisata di Kabupaten Tabalong akan berkembang.

“Kalau dikatakan optimis, kita optimis 100 persen karena kita memiliki segala unsur tentang pengembangan pariwisata” tandas Tumbur.

Untuk pengembangan pariwisata berbasis masyarakat ini pihaknya sudah mempunyai konsep dan sudah diterapkan di Kabupaten Tabalong.

“Cuman untuk pemberdayaan dan implementasi saja yang perlu kita kembangkan lagi” ujarnya.

Tumbur berharap dengan adanya kegiatan diskusi publik ini dapat menimbulkan ide – ide dan gagasan dari para penggiat atau komunitas pariwisata.

“Ide – ide dan gagasan tersebut nantinya akan kita kembangkan sesuai dengan kultur budaya yang ada di Bumi Sarabakawa ini” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Street Punk Tanjung Bagikan Takjil dan Makanan Gratis untuk Warga serta Pengguna Jalan

TANJUNG, kontrasonline.com - Berbagai elemen masyarakat berlomba-lomba berbagi keberkahan antar sesama di bulan suci ramadhan ini. Berbagi kebahagiaan ini bisa dengan berbagai cara, seperti yang...

“Bercukur Beramal” Cara Tabalong Barber Squad Bantu Yatim Piatu Dan Kaum Dhuafa

TANJUNG, kontrasonline.com - Di bulan suci Ramadhan umat Islam "berlomba-lomba" melakukan kebaikan salah satunya melalui amal perbuatan atau sedekah. Seperti yang dilakukan Tabalong Barber...

Peduli Sesama, Kamus dan Sanggar Senam Ersavika Bagi Bantuan Sembako ke LKSA di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Komunitas Kreativitas Anak Muda Sarabakawa (Kamus) Tabalong dan Sanggar Senam Ersavika bersama anggota serta pemerhati Senam Minggu Pagi Ceria (SMPC) mengadakan...

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Ikuti Penas KTNA, Bupati Tabalong : Jangan Sekedar Berpartisipasi

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani mengingatkan kontingen yang mengikuti Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI 2023 di kota...

Teken Kerjasama dengan PUPR, Kejari Tabalong Kawal Proyek Strategis Kabupaten

TANJUNG, kontrasonline.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) dengan Dinas Pekerjaan Rumah dan Penataan Ruang (PUPR) menekan kerjasama terkait program pengawalan proyek strategis kabupaten Tabalong. Kerjasama tersebut...

Polres Tabalong Ungkap Tiga Kasus Kriminal

TANJUNG, kontrasonline.com – Jajaran Polres Tabalong berhasil mengungkap tiga kasus kriminal di wilayah Bumi Saraba Kawa. Dari tiga kasus tersebut petugas kepolisian meringkus tiga orang...

Bupati Tabalong Akui Berat Operasikan Pasar Agribisnis

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani menyatakan berat mengoperasionalkan pasar Agribisnis di desa Kembang Kuning kecamatan Haruai. Hal itu Ia sampaikan saat penyerahan...

Warga Desa Uwie Jaga Tradisi Sedekah Bumi

TANJUNG, kontrasonline.com - Tradisi sedekah bumi yang dilaksanakan warga desa Uwie kecamatan Muara Uya menjadi salah satu acara tahunan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat...
error: Maaf, Content is protected !!