Dinsos Salurkan Bantuan Rehab RUTILAHU 102 unit

TANJUNG, korankontras.net – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Sosial terus berupaya menyalurkan bantuan sosial terhadap masyarakat yang kurang mampu di daerahnya.

Jenis bantuan yang diberikan berupa Usaha Ekonomi Produktif Produktif (UEP), kelompok usaha bersama (KUBE), rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni, dan sarana prasarana lingkungan penanganan fakir miskin.

“Bantuan yang disalurkan adalah Kube Perkotaan diberikan kepada 30 penerima dan Kube Fakir Miskin 40 penerima, sedangkan untuk penerima Kube mendapatkan dana Rp 20 juta tiap yang digunakan untuk mengembangkan usaha” ucap Plt Kepala Dinas Sosial Tabalong Yuhani di Pendopo Bersinar Pembataan, Kamis (26/9).

Bantuan lain yang diserahkan adalah Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) sebannyak 102 penerima, tiap penerima mendapatkan bantuan Rp 15 juta untuk memperbaiki tempat tinggal.

“Kemudian bantuan dari Kementerian Sosial yang diberikan juga untuk Sarana Prasarana yang diberikan ke Desa Bilas Kecamatan Upau sebesar Rp 50 juta” terangnya.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan yang bersumber APBD 2019 berupa bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang diberikan kepada 25 penerima.

“Bantuan ini untuk memudahkan operasional Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) diberikan sepeda motor sebanyak 12 unit yang diberikan ditiap kecamatan” bebernya.

Ia mengharapkan bantuan yang bersumber dari APBN ini bisa mengembangkan usaha milik warga sehingga membantu meningkatkan pendapatan.

Sementara itu Penanganan Fakir Miskin wilayah II Kemensos RI, I Wayan Wirawan mengatakan program dari Pemerintah Pusat bisa sampai ke masyarakat sesuai dengan yang diharapkan.

“Program untuk warga kurang mampu ini diharapkan bisa mengentaskan kemiskinan dan menjadi wujud dari kepedulian Pemerintah kepada masyarakat” jelasnya.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Tabalong dinilai sangat bagus, karena Tabalong mengeluarkan dana daerah untuk menambah dana bantuan dari pusat. “Karena tidak pernah terjadi di daerah lain” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa bantuan dari pusat itu tergantung dari sinergi program yang sama dari daerah.

“Kita akan selalu mengupayakan bantuan ke daerah tersebut selama daerah itu bisa sharing program yang sama melalui dana APBD Kabupaten, artinya ada kepedulian pimpinan daerah kepada masyarakatnya ini suatu yang luar biasa di Tabalong” tegasnya.

Ia juga mengatakan tahun depan Kemensos RI akan menambah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang sebelumnya 110 ribu menjadi 150 ribu rupiah.

“Meskipun kabupaten Tabalong juga memberikan ataupun menambah bantuan melalui dana APBD, Kemensos tidak akan mengurangi bantuan tersebut, malah tahun 2020 akan kita tambah 40 ribu rupiah menjadi 150 ribu rupiah” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Lepas 442 Jemaah Haji, Anang : Ini Bukti Kesejahteraan Warga Tabalong Meningkat

TANJUNG, kontrasonline.com - Ratusan jamaah calon haji kabupaten Tabalong resmi dilepas keberangkatannya. Rombongan jamaah ini langsung dilepas Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani dan sejumlah unsur...

Pemkab Tabalong Dukung Persiapan Pelepasan Jamaah Haji

TANJUNG, kontrasonline.com - Pelepasan jamaah haji kabupaten Tabalong akan dilaksanakan di gedung Sarabakawa pada 29 Mei nanti. Sejumlah persiapan terus dilakukan oleh pemerintah daerah untuk...

Pengembangan Karier, 370 ASN Tabalong Ikuti Assesment

TANJUNG, kontrasonline.com - Ratusan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah kabupaten Tabalong mengikuti kegiatan Assesment atau Penilaian Kompetensi. Kegiatan ini dibuka langsung Sekda Tabalong,...

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Dua Residivis Narkotika Berulah, Polisi Tabalong Tangkap Kembali Para Pelaku

TANJUNG, kontrasonline.com - Petugas gabungan Polres Tabalong berhasil meringkus dua pria diduga terkait kepemilikan narkotika. Dua pria yang diamankan ini merupakan residivis dalam kasus yang...

Jalin Hubungan dengan Media, PT. Adaro Gelar Press Tour

SEMARANG, kontrasonline.com - PT Adaro Indonesia bersama mitra kerja menggelar press tour bersama awak media kabupaten Tabalong dan Barito Selatan ke kota Semarang Jawa...

Curi Kotak Amal dan Sepeda Motor, Pria Asal Kalteng Dibekuk Polisi Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Satreskrim Polres Tabalong meringkus seorang pria berinisial IN (29) usai diduga melakukan sejumlah pencurian di wilayah Bumi Saraba Kawa. Pria yang merupakan...

Desa Ampukung Wakili Tabalong Program P2K2

Camat Kelua Beri Dukungan Penuh TANJUNG, kontrasonline.com - Desa Ampukung kecamatan Kelua akan mewakili kabupaten Tabalong ke tingkat provinsi Kalsel dalam program Pelaksana Peningkatan Kualitas...

Dorong Minat Baca Anak Sejak Dini, Dispersip Tabalong Gandeng UPT Perpustakaan Muara Uya Kunjungi TK An-Nur

TANJUNG, kontrasonline.com - Menjadikan masyarakat Tabalong cerdas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tabalong gencar mendorong agar minat membaca dimulai sejak usia dini. Mengandeng UPT...
error: Maaf, Content is protected !!