Rabu, Agustus 17, 2022

Dinsos Salurkan Bantuan Rehab RUTILAHU 102 unit

TANJUNG, korankontras.net – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Sosial terus berupaya menyalurkan bantuan sosial terhadap masyarakat yang kurang mampu di daerahnya.

Jenis bantuan yang diberikan berupa Usaha Ekonomi Produktif Produktif (UEP), kelompok usaha bersama (KUBE), rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni, dan sarana prasarana lingkungan penanganan fakir miskin.

“Bantuan yang disalurkan adalah Kube Perkotaan diberikan kepada 30 penerima dan Kube Fakir Miskin 40 penerima, sedangkan untuk penerima Kube mendapatkan dana Rp 20 juta tiap yang digunakan untuk mengembangkan usaha” ucap Plt Kepala Dinas Sosial Tabalong Yuhani di Pendopo Bersinar Pembataan, Kamis (26/9).

Bantuan lain yang diserahkan adalah Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) sebannyak 102 penerima, tiap penerima mendapatkan bantuan Rp 15 juta untuk memperbaiki tempat tinggal.

“Kemudian bantuan dari Kementerian Sosial yang diberikan juga untuk Sarana Prasarana yang diberikan ke Desa Bilas Kecamatan Upau sebesar Rp 50 juta” terangnya.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan yang bersumber APBD 2019 berupa bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang diberikan kepada 25 penerima.

“Bantuan ini untuk memudahkan operasional Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) diberikan sepeda motor sebanyak 12 unit yang diberikan ditiap kecamatan” bebernya.

Ia mengharapkan bantuan yang bersumber dari APBN ini bisa mengembangkan usaha milik warga sehingga membantu meningkatkan pendapatan.

Sementara itu Penanganan Fakir Miskin wilayah II Kemensos RI, I Wayan Wirawan mengatakan program dari Pemerintah Pusat bisa sampai ke masyarakat sesuai dengan yang diharapkan.

“Program untuk warga kurang mampu ini diharapkan bisa mengentaskan kemiskinan dan menjadi wujud dari kepedulian Pemerintah kepada masyarakat” jelasnya.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Tabalong dinilai sangat bagus, karena Tabalong mengeluarkan dana daerah untuk menambah dana bantuan dari pusat. “Karena tidak pernah terjadi di daerah lain” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa bantuan dari pusat itu tergantung dari sinergi program yang sama dari daerah.

“Kita akan selalu mengupayakan bantuan ke daerah tersebut selama daerah itu bisa sharing program yang sama melalui dana APBD Kabupaten, artinya ada kepedulian pimpinan daerah kepada masyarakatnya ini suatu yang luar biasa di Tabalong” tegasnya.

Ia juga mengatakan tahun depan Kemensos RI akan menambah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang sebelumnya 110 ribu menjadi 150 ribu rupiah.

“Meskipun kabupaten Tabalong juga memberikan ataupun menambah bantuan melalui dana APBD, Kemensos tidak akan mengurangi bantuan tersebut, malah tahun 2020 akan kita tambah 40 ribu rupiah menjadi 150 ribu rupiah” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Wakil Bupati Tabalong Lantik 3 Kepala Desa PAW

TANJUNG, kontrasonline.com - Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi melantik tiga orang pengganti antar waktu (PAW) kepala desa, Kamis (11/8). PAW kepala desa ini dilakukan untuk...

Semarakkan HUT RI, Pemkab Tabalong Bagikan Bendera Merah Putih ke Masyarakat

TANJUNG, kontrasonline.com - Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani secara simbolis menyerahkan bendera merah putih kepada seluruh Camat di wilayah Bumi Saraba Kawa. Penyerahan yang dilaksanakan...

Wabup Tabalong Lepas KKN II Mahasiswa STIT Syekh Nafis

TANJUNG, kontrasonline.com - Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi melepas tujuh puluh satu peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) II Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT)...

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Kemeriahan Peringatan HUT RI di Komplek SIP

TANJUNG, kontrasonline.com - Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 kali ini banyak dimeriahkan masyarakat dengan berbagai kegiatan. Di Tabalong, masyarakat di masing-masing daerah menggelar berbagai...

Ratusan Narapidana di Tabalong Terima Remisi HUT RI

TANJUNG, kontrasonline.com - Ratusan narapidana di Tabalong mendapatkan remisi saat peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia. Penyerahan surat remisi tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Tabalong, H...

Bupati Tabalong Pimpin Upacara HUT RI ke 77 di Halaman Pendopo

TANJUNG, kontrasonline.com - Upacara peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di kabupaten Tabalong yang dilaksanakan di halaman Pendopo Bersinar berjalan lancar. Peringatan kemerdekaan Indonesia yang sempat...

Pimpinan 3 Matra TNI Kumpul di Rumah KSAD usai Pidato Kenegaraan Presiden, Bahas Apa?

JAKARTA, kontrasonline.com - Tiga pimpinan matra TNI berkumpul di kediaman Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrahman usai mengikuti pidato kenegaraan Presiden...

Semarak Pawai Obor di Tabalong Jelang HUT RI ke 77

TANJUNG, kontrasonline.com - Ratusan siswa terlihat antusias mengikuti upacara Taptu atau pawai obor di Tabalong. Kegiatan tersebut diikuti siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan SMA/sederajat...
error: Maaf, Content is protected !!