Kamis, Agustus 11, 2022

Ratusan Warga Desa Manduin Demo Angkutan Tambang PT Adaro

Debu, Bising dan Getarannya Mengganggu Warga Desa

TANJUNG,KoranKontras.net- Setelah sekian lama “menahan diri,” akhirnya, lebih dari seratus orang warga desa Manduin kecamatan Muara Harus turun Demo ke jalan operasional milik PT.Adaro Indonesia yang melintasi desa mereka.

Mereka baik laki-laki maupun  perempuan warga desa Manduin  turun ke jalan dan menutup akses perlintasan perusahaan tambang batu bara ini selasa pagi (17/09).

Rafi’i, salah warga desa Manduin RT.03 yang ikut aksi memaparkan bahwa warga demo menuntut pihak perusahaan agar memberi kompensasi atas dampak yang selama ini dirasakan warga akibat dari aktifitas angkutan Batu Bara.

“Warga menuntut kompensasi atas debu, bising dan getaran yang ditimbulkan oleh angkutan perusahaan” ungkapnya saat ditemui awak koran kontras usai  melakukan aksi demo.

Pria paruh baya ini menceritakan bagaimana terganggunya warga atas debu, bising dan getaran akibat angkutan batu bara yang beroperasi siang dan malam.

“Apalagi rumah kami yang tidak sampai 50 meter dari jalan perusahaan, debu, bising dan sangat terasa getarannya” timpal Nova, salah satu warga RT. 03 yang rumahnya dekat jalan tambang.

“Seandainya rumah kami dari beton, mungkin sudah retak-retak, belum lagi masalah debunya” keluhnya lagi.

Rafi’i menyampaikan bahwa demo yang dimulai sekitar pukul 09.00 wita pagi hingga pukul 11.00 wita itu di ikuti oleh perwakilan warga dari seluruh desa khususnya warga dari RT 03 yang menjadi tempat perlintasan angkutan.

“Kami meminta kompensasi di bayarkan kembali seperti belasan tahun lalu, apa alasan perusahaan menghentikannya” bebernya.

Pria 57 tahun ini mengungkapkan bahwa sejak jalan PT. Adaro yang melintasi desa mereka di operasikan, warga sekitar mendapat uang kompensasi sekitar Rp 400.000 per kepala keluarga (KK) dan hal ini berlangsung sekitar dua sampai tiga tahun.

“Ini sekitar 15 tahun yang lalu, namun setelah itu hingga sekarang warga tidak pernah lagi menerima pembayaran kompensasi, apa alasannya” ucapnya.

Rafi’i juga mengatakan bahwa warga hampir tidak pernah menerima bantuan apa pun dari perusahaan kecuali satu ekor sapi qurban saat Hari Raya Idul Adha.

“Seingat saya itu saja bantuan yang warga terima” ujarnya sambil diangguki oleh beberapa warga lainnya.

Tuntuan mereka pada perusahaan berupa uang kompensasi sebesar Rp 3 Juta per KK dan pada Rabu depan akan diadakan lagi pertemuan dengan warga bertempat di kantor desa.

Sementara korankontras.net  belum menerima tanggapan dari PT Adaro karena pihak humas yang dihubungi sedang off.

” coba saya tanyakan dulu, sekarang saya sedang off” ujar Kadarisman melalui sambungan telepon selulernya (boel)

Artikel terkait

Jembatan Gantung Desa Telaga Itar Ambruk Dihantam Trailer Angkut Alat Berat

TANJUNG, kontrasonline.com - Sebuah Trailer pengangkut alat berat menabrak tali pancang jembatan di desa Telaga Itar RT 2 kecamatan Kelua hingga putus, Kamis (4/8). Akibat...

Mawardi Sambut Kedatangan Jamaah Haji Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Kedatangan Jamaah Haji di Bumi Sarabakawa langsung disambut Wakil Bupati Tabalong, H. Mawardi. Ratusan jamaah haji ini tiba sekitar pukul 18.00 wita...

Mobil Travel Dari Puruk Cahu Tercebur ke Sungai Tabalong, 1 Orang Belum Ditemukan

TANJUNG, kontrasonline.com - Mobil travel jenis Avanza dikabarkan "terjun bebas" ke sungai Tabalong di desa Pugaan kecamatan Pugaan. Dari informasi yang berhasil dihimpun, mobil travel...

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Wakil Bupati Tabalong Lantik 3 Kepala Desa PAW

TANJUNG, kontrasonline.com - Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi melantik tiga orang pengganti antar waktu (PAW) kepala desa, Kamis (11/8). PAW kepala desa ini dilakukan untuk...

Kecelakaan Di Tugu Obor, Dua Korban Dibawa Ke RSUD HBK

Dalam minggu ini sudah terjadi tiga kali kecelakaan TANJUNG, kontrasonline.com - Kecelakaan lalu lintas di kawasan monumen Tanjung Puri atau Tugu Obor kelurahan Mabu'un kecamatan...

Berikut Kriteria Penilaian Lomba Pos Kamling di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Dalam pelaksanaan lomba Pos Kamling ada sejumlah kategori yang harus diperhatikan bagi peserta yang ikut berpartisipasi. Kasatpol-PP dan Damkar Tabalong, Abdul Halim...

Noor Farida Minta Fasilitas Olah Raga di Selatan Tabalong Diperhatikan

TANJUNG, kontrasonline.com - Fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang masih dianggap minim khususnya di wilayah Selatan Bumi Saraba Kawa mendapat sorotan anggota DPRD Tabalong. Hj....

Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran di Lahan Kosong Desa Karangan Putih

TANJUNG, kontrasonline.com – Kebakaran lahan terjadi di desa Karangan Putih RT 06 kecamatan Kelua pada Selasa (9/8) siang kemarin.  Lahan milik warga setempat yang terbakar...
error: Maaf, Content is protected !!