Senin, Januari 17, 2022

Mahasiswa UGM Bantu Wujudkan Danau TPI Jadi Kawasan Ekowisata

Tanam Jeruk dan Kalangkala

TANJUNG, korankontras.net – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UGM Yogyakarta bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat melaksanakan Deklarasi Hijau Untuk mewujudkan Danau Tanjung Puri (TPI) Indah menjadi Kawasan Ekowisata.

“Hari ini meliputi dua kegiatan yakni pemaparan road map dan site plan kepada Pokdarwis juga beberapa instansi, lalu berikutnya penanaman bibit jeruk dan kalangkala dan penandatanganan deklarasi hijau” ucap Koordinator Pelaksana, Teresa Widi Werdiningsih saat diwawancarai korankontras di Danau Tanjung Puri Indah, Sabtu (10/8).

Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membentuk Tanjung Puri Indah sebagai kawasan ekowisata dalam jangka tiga tahun kedepan.

“Harapannya terjadi kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah setempat untuk bisa sama – sama menjaga Tanjung Puri Indah ini” harap mahasiswi jurusan Mikrobiologi Pertanian UGM Yogyakarta.

Pihaknya juga sudah mengedukasi warga dan Pokdarwis setempat agar kawasan ekowisata dalam tiga tahun kedepan ini akan terwujud.

“Bentuk edukasinya menuju pertanian organik jadi nanti penggunaan dan perawatan tanaman organik mereka bisa lakukan sendiri, jadi setelah kita pulang KKN ini kolaborasi kita tidak terhenti sampai di sini tapi ada yang melanjutkan dari warga dan Pokdarwis setempat” bebernya lagi.

Untuk penanaman pohon sendiri perempuan berkacamata yang akrab disapa Tere ini  mengatakan ada sekitar 50 bibit jeruk dari Dinas Pertanian dan 15 bibit kalangkala dari Adaro Land.

“Kenapa kita memilih tanaman ini karena kalau kalangkala merupakan tanaman endemik dari Kalimantan terus untuk jeruk ini lebih mudah perawatannya” jelasnya.

Tere menjelaskan bahwa Danau Tanjung Puri Indah ini mempunyai potensi wisata yang sangat besar.

“Cuma kurang perhatian saja dari warga setempat jadi istilahnya kurang berkembang, namun nantinya diharapkan ada peremajaan yang tujuannya untuk membuat lebih asri dan menarik minat masyarakat untuk berkunjung” tandasnya.

Sementara itu Kabid Pariwisata Disporapar Kabupaten Tabalong, Lilis Marta Diana menyambut baik adanya kegiatan deklarasi hijau yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UGM Yogyakarta.

“Kegiatan ini sangat positif dan teman – teman Pokdarwis sangat termotivasi untuk bersama – sama menjalankan apa yang sudah di rencanakan oleh mereka termasuk site plannya sudah di buat terkhusus untuk tanaman buah dan hias” tuturnya.

Perawatan tanaman sendiri, Ia menambahkan mahasiswa KKN UGM Yogyakarta sudah berkomitmen bersama Pokdarwis untuk meneruskan kelanjutan dari penanaman ini termasuk memeliharanya.

Lilis menjelaskan terkait pengembangan wisata Tanjung Puri Indah, Pemerintah Kabupaten Tabalong sudah ada wacana akan melakukan pembangunan ditahun 2019 ini dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Namun ini tidak semua wilayah Tanjung Puri Indah dapat diakomodir pengembangannya, tetapi ada yang sudah masuk dan kita buatkan Detail Engineering Design (DED) jadi tinggal pelaksanaannya saja lagi” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Ratusan Ribu Bibit Dibagikan KPH Tabalong Selama 2021

TANJUNG, kontrasonline.com - Sepanjang tahun 2021 tadi Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) kabupaten Tabalong membagikan ratusan ribu bibit pohon ke masyarakat. Bibit pohon dari berbagai jenis...

Bupati Pimpin Penanaman 100 Pohon Tabubuya di Mabu’un

TANJUNG, kontrasonline.com - 100 bibit pohon Tabubuya ditanam disepanjang median jalan Ahmad Yani kelurahan Mabu'un kecamatan Murung Pudak, Jum'at (17/12). Penanaman tersebut langsung dipimpin Bupati...

Bamasung Angkat Satu Ton Sampah dari Sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Satu ton sampah berhasil dibersihkan peserta dalam event Balarut Maharagu Sungai (Bamasung) 3, Minggu (28/11). Selama dua hari, para peserta berlomba-lomba mengumpulkan...

tetap terhubung

8,590FansSuka
2,913PengikutMengikuti

Berita Terkini

2021 KPH Tabalong Evakuasi 9 Satwa

TANJUNG, kontrasonline.com - Mulai dari Burung Rangkong hingga ular jenis Sawa diamankan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tabalong. Satwa tersebut diamankan dengan beberapa hewan lainnya karena...

Ternyata gara-gara cemburu, Gadis Belia ini ceburkan diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - SR terbaring lemah di ruang IGD RSUD Badaruddin Kasim usai dirinya melakukan aksi nekat menceburkan diri ke sungai Tabalong. Sabtu (15/1). Diduga...

Geger, Gadis Belia Ceburkan Diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Warga kecamatan Murung Pudak di gegerkan dengan seorang perempuan menceburkan diri ke sungai Tabalong, Sabtu (15/1). Kejadian tersebut tepat terjadi di jembatan...

Masih Sisakan Api, Upbs Bara Kembali ke Lokasi Kebakaran

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak ternyata masih menyisakan api, Sabtu (15/1) pagi. Informasi itu diketahui setelah ada laporan pagi tadi yang...

Toko Pakan Ternak di Pembataan Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak yang terjadi pada Jum'at (14/1) malam mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah. Dari data yang diperoleh, kebakaran...