Mahasiswa UGM Bantu Wujudkan Danau TPI Jadi Kawasan Ekowisata

Tanam Jeruk dan Kalangkala

TANJUNG, korankontras.net – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UGM Yogyakarta bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat melaksanakan Deklarasi Hijau Untuk mewujudkan Danau Tanjung Puri (TPI) Indah menjadi Kawasan Ekowisata.

“Hari ini meliputi dua kegiatan yakni pemaparan road map dan site plan kepada Pokdarwis juga beberapa instansi, lalu berikutnya penanaman bibit jeruk dan kalangkala dan penandatanganan deklarasi hijau” ucap Koordinator Pelaksana, Teresa Widi Werdiningsih saat diwawancarai korankontras di Danau Tanjung Puri Indah, Sabtu (10/8).

Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membentuk Tanjung Puri Indah sebagai kawasan ekowisata dalam jangka tiga tahun kedepan.

“Harapannya terjadi kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah setempat untuk bisa sama – sama menjaga Tanjung Puri Indah ini” harap mahasiswi jurusan Mikrobiologi Pertanian UGM Yogyakarta.

Pihaknya juga sudah mengedukasi warga dan Pokdarwis setempat agar kawasan ekowisata dalam tiga tahun kedepan ini akan terwujud.

“Bentuk edukasinya menuju pertanian organik jadi nanti penggunaan dan perawatan tanaman organik mereka bisa lakukan sendiri, jadi setelah kita pulang KKN ini kolaborasi kita tidak terhenti sampai di sini tapi ada yang melanjutkan dari warga dan Pokdarwis setempat” bebernya lagi.

Untuk penanaman pohon sendiri perempuan berkacamata yang akrab disapa Tere ini  mengatakan ada sekitar 50 bibit jeruk dari Dinas Pertanian dan 15 bibit kalangkala dari Adaro Land.

“Kenapa kita memilih tanaman ini karena kalau kalangkala merupakan tanaman endemik dari Kalimantan terus untuk jeruk ini lebih mudah perawatannya” jelasnya.

Tere menjelaskan bahwa Danau Tanjung Puri Indah ini mempunyai potensi wisata yang sangat besar.

“Cuma kurang perhatian saja dari warga setempat jadi istilahnya kurang berkembang, namun nantinya diharapkan ada peremajaan yang tujuannya untuk membuat lebih asri dan menarik minat masyarakat untuk berkunjung” tandasnya.

Sementara itu Kabid Pariwisata Disporapar Kabupaten Tabalong, Lilis Marta Diana menyambut baik adanya kegiatan deklarasi hijau yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UGM Yogyakarta.

“Kegiatan ini sangat positif dan teman – teman Pokdarwis sangat termotivasi untuk bersama – sama menjalankan apa yang sudah di rencanakan oleh mereka termasuk site plannya sudah di buat terkhusus untuk tanaman buah dan hias” tuturnya.

Perawatan tanaman sendiri, Ia menambahkan mahasiswa KKN UGM Yogyakarta sudah berkomitmen bersama Pokdarwis untuk meneruskan kelanjutan dari penanaman ini termasuk memeliharanya.

Lilis menjelaskan terkait pengembangan wisata Tanjung Puri Indah, Pemerintah Kabupaten Tabalong sudah ada wacana akan melakukan pembangunan ditahun 2019 ini dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Namun ini tidak semua wilayah Tanjung Puri Indah dapat diakomodir pengembangannya, tetapi ada yang sudah masuk dan kita buatkan Detail Engineering Design (DED) jadi tinggal pelaksanaannya saja lagi” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

KPH Tabalong Amankan Lima Satwa Liar

TANJUNG, kontrasonline.com - Tak hanya fokus pada penanganan Karhutla, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tabalong gencar menangani satwa liar di wilayahnya. Terbaru, pihaknya mengamankan owa dan...

KPH Tabalong Temukan Ratusan Titik Api Sejak Bulan Januari

TANJUNG, kontrasonline.com - Ada 156 titik hotspot yang ditemukan KPH Tabalong rentan Januari hingga September 2023. Dari ratusan titik tersebut, ada puluhan hotspot yang berada...

Tekan Karhutla, Tabalong Berikan Bantuan Pangan Pada Warga yang Buka Lahan untuk Hidup

TANJUNG, kontrasonline.com - Kesiapsiagaan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Tabalong terus dimatangkan. Selain saran prasarana, tiga pilar kabupaten Tabalong memutuskan membuat sebuah...

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Pendaftaran Putra Putri Pariwisata Tabalong Dibuka, Ini Syaratnya

TANJUNG, kontrasonline.com - Memiliki wawasan tentang kepariwisataan menjadi salah satu syarat peserta yang ingin mendaftar menjadi putra putri Pariwisata Tabalong 2023. Kepala Dinas Disporapar Tabalong,...

Alfamart dan Indomaret Belum Ajukan Izin Usaha di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Kabar tentang  Ritel Modern yang "katanya" ingin berinvestasi di Tabalong belum terbukti hingga kini.  Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu...

PUPR Tabalong Benahi Infrastruktur Jalan Bertahap

TANJUNG, kontrasonline.com - Guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tabalong terus menggenjot pengaspalan maupun...

2 Parpol Ditegur Bawaslu Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Bawaslu Tabalong menemukan beberapa spanduk maupun baliho bakal calon Legislatif partai politik yang mengandung unsur ajakan. Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian...

Bakucau Iwak, Panen Ikan Ala Tradisional di Ampukung Kelua

TANJUNG, kontrasonline.com - Bertempat di persawahan desa Ampukung, jajaran Forkopimca Kelua melakukan panen ikan. Panen dengan tema "Bakucau Iwak" itu turut diikuti masyarakat dan tamu...
error: Maaf, konten dilindungi !!