Senin, Januari 17, 2022

HIPMI Tabalong Beri Resep Omset Miliaran Pada 113 UKM

TANJUNG, korankontras.net – 113 pengusaha kecil dan menengah  mengikuti Workshop Upgrade Bisnis yang di gelar oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Tabalong bersama PT. Saptaindra Sejati (PT. SIS) bertempat di Wisma Tamu Bersinar, sabtu (27/7).

Kegiatan workshop upgrade bisnis kali ini mengusung tema “Resep Usaha Kecil Omset Miliaran”.

“Ini merupakan yang kedua kalinya untuk tahun lalu kita melaksanakan kegiatan serupa, tapi tema yang berbeda tahun lalu temanya tentang kemasan” ucap Ketua HIPMI Tabalong, Genta Pramadhona saat ditemui korankontras.

Untuk tujuan dari kegiatan ini, ia mengatakan sesuai dengan temanya yaitu resep usaha kecil omset miliaran.

“Kita ingin UMKM dan pengusaha – pengusaha muda di Kabupaten Tabalong ini untuk bisa menaikkan level usahanya dan omsetnya bisa meningkat lagi” terangnya.

Peserta sendiri tidak cuma berasal dari Kabupaten Tabalong tetapi Kabupaten tetangga juga ikut berpartisipasi.

Peserta Juga Datang Dari Luar Daerah

“Total ada 113 peserta yang mengikuti kegiatan ini, untuk peserta awalnya kita menargetkan hanya di Tabalong tapi karena antusias yang luar biasa, peserta ada yang dari Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Balangan namun mayoritas peserta masih banyak di Kabupaten Tabalong” ucapnya.

Ia juga menambahkan untuk jumlah peserta mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Betul ada peningkatan saya kira sekitar 50%, karena mereka melihat materi dan narasumbernya yang hadir pada hari ini itu cocok dengan usaha mereka” tuturnya.

Untuk kegiatan kali ini pihaknya juga mendatangkan beberapa narasumber untuk berbagi pengetahuan dan ilmu kepada para peserta.

“Kita melihat di Kabupaten Tabalong ini banyak usaha – usaha yang bergelut di bidang usaha makanan ringan jadi kita mendatangkan owner dari kerupuk Mr. Acan, kemudian owner Galuh Puteri Sasirangan dan Konveksi karena ternyata banyak juga di Kabupaten Tabalong ini yang bergerak dibidang fashion dan konveksi” jelas Genta.

Genta berharap kepada para peserta sesuai dengan tema “Resep Usaha Kecil Omset Miliaran”, bisnisnya bisa meningkat dan omsetnya bisa lebih bertambah lagi.

“Tapi yang terpenting adalah ilmu yang mereka dapatkan karena kesuksesan itu yang bisa di contoh yakni polanya” tegasnya.

Rubah Pola Pikir

Sementara itu Asisten II Ekonomi dan Pembangunan, Hamidah Munawarah membacakan sambutan Bupati Tabalong mengatakan menyambut baik dan mengapresiasi langkah cerdas yang dilakukan Hipmi Tabalong yaitu membina, mendidik dan mendorong para wirausahawan kecil dan menengah untuk menjadi wirausaha yang handal.

“Ini merupakan terobosan penting yang saya nilai positif, karena lahirnya niat dan kompeten yang kuat untuk mendorong wirausaha di Kabupaten Tabalong untuk membuka sekaligus memanfaatkan peluang usaha yang sesungguhnya masih sangat terbuka di Bumi Sarabakawa ini” tandasnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan agar dapat meningkatkan rasa percaya diri para peserta dalam upaya memanfaatkan peluang usaha secara mandiri.

“Kedepan masyarakat Bumi Sarabakawa ini mampu merubah pola pikirnya yaitu dapat membangun pola pikir enterpreunership dengan menumbuh kembangkan jiwa usaha yang mampu menciptakan peluang kerja bagi dirinya maupun masyarakat lainnya” pungkasnya. (Can)

Artikel terkait

Soft Launching Pasar Agribisnis Kembang Kuning, Mulai Transaksi Siang Hari

TANJUNG, kontrasonline.com - Kegiatan berjualan di Pasar Agribisnis di desa Kembang Kuning kecamatan Haruai hari ini dimulai. Mulainya kegiatan jual beli ini di tandai dengan...

Rampung Dikerjakan, Pasar Agribisnis Akan Diresmikan Saat HUT Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Pasar Agribisnis yang digadang-gadang sebagai penunjang perdagangan hortikultura untuk Ibukota Negara baru di Penajam serta ketersediaan di "Bumi Sarabakawa" kini telah...

Baru Beroperasi, Pasar Hewan Jaro Mulai Ramai

Tak hanya dari desa sekitar, pedagang ternak dari Ribang juga ikut meramaikan pasar hewan jaro TANJUNG, kontrasonline.com - Sejak diresmikan pada 09 Oktober 2021 ...

tetap terhubung

8,590FansSuka
2,913PengikutMengikuti

Berita Terkini

2021 KPH Tabalong Evakuasi 9 Satwa

TANJUNG, kontrasonline.com - Mulai dari Burung Rangkong hingga ular jenis Sawa diamankan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tabalong. Satwa tersebut diamankan dengan beberapa hewan lainnya karena...

Ternyata gara-gara cemburu, Gadis Belia ini ceburkan diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - SR terbaring lemah di ruang IGD RSUD Badaruddin Kasim usai dirinya melakukan aksi nekat menceburkan diri ke sungai Tabalong. Sabtu (15/1). Diduga...

Geger, Gadis Belia Ceburkan Diri ke sungai Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com - Warga kecamatan Murung Pudak di gegerkan dengan seorang perempuan menceburkan diri ke sungai Tabalong, Sabtu (15/1). Kejadian tersebut tepat terjadi di jembatan...

Masih Sisakan Api, Upbs Bara Kembali ke Lokasi Kebakaran

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak ternyata masih menyisakan api, Sabtu (15/1) pagi. Informasi itu diketahui setelah ada laporan pagi tadi yang...

Toko Pakan Ternak di Pembataan Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

TANJUNG, kontrasonline.com - Kebakaran di sebuah toko pakan ternak yang terjadi pada Jum'at (14/1) malam mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah. Dari data yang diperoleh, kebakaran...