Kamis, Agustus 11, 2022

Enam Desa Protes “Tabat” Warga Desa Mahe Pasar

HARUAI,korankontras.net – Keberadaan “tabat” milik salah seorang warga desa Mahe Pasar di Riam Batu Rt 02  menuai protes dari warga enam desa sekitarnya.

Bahkan untuk menyelesaikan permasalahan Tabat atau tempat menangkap ikan yang dipasang dialiran sungai hulu Tabalong ini pun harus membuat anggota DPRD komisi 2 kabupaten Tabalong  “turun tangan”.

Keberadaan tempat untuk menjebak ikan  ini sebenarnya sudah ada sejak lama namun tetap dimanfaatkan hingga sekarang.

Kepala desa Mahe Pasar Murjani menerangkan bahwa keberatan itu berasal dari beberapa warga di enam desa di kecamatan Usih, Bintang Ara, Burum, Argo Mulyo dan Bumi Makmur khususnya warga dari desa Waling.

Mereka berpendapat, keberadaan tabat tersebut menghalangi ikan lewat di sungai yang melewati di wilayah desanya masing-masing untuk berkembang biak serta menyulitkan warga yang melintas di sungai menggunakan jukung.

“beberapa warga mengeluhkan pada saat musim kemarau, kalau debit  air sungai masih tinggi seperti sekarang tidak jadi persoalan”terang Murjani.

Hal ini dikarenakan ukuran tinggi tabat rendah dan hanya berfungsi saat musim kemarau saja dimana debit air sungai sudah mulai surut sambungnya lagi.

Warga yang komplain meminta pemilik tabat agar membuka dan memberi ruang agar ikan bisa lewat dan masuk kewilayah desanya.

Sebagian besar pemilik atau pemanfaat tabatpun tak berkeberatan untuk membukanya, namun masih ada pemanfaat tabat yang enggan membuka sebagian tabatnya.

Untuk di ketahui, satu tabat tersebut di kelola dan dimanfaatkan bersama oleh beberapa orang keluarga dari desa Mahe Pasar.

Musyawarah untuk menyelesaikan masalah ini  dilaksanakan pada Senin (08/04) bertempat di kantor desa Mahe Pasar yang di hadiri oleh perangkat  dari enam desa dan masing-masing desa membawa 2 orang wakil masyarakat.

Selain menghadirkan komisi 2 DPRD Tabalong Perundingan ini juga dihadiri oleh unsur Muspika kecamatan termasuk camat Haruai dan camat Bintang Ara.

Murjani optimis masalah ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan dan tak berbuntut panjang. “Hanya masalah kecil dan mis komunikasi saja”ungkapnya.(boel)

Artikel terkait

Kecelakaan Di Tugu Obor, Dua Korban Dibawa Ke RSUD HBK

Dalam minggu ini sudah terjadi tiga kali kecelakaan TANJUNG, kontrasonline.com - Kecelakaan lalu lintas di kawasan monumen Tanjung Puri atau Tugu Obor kelurahan Mabu'un kecamatan...

Meriahkan HUT RI ke 77, Satpol-PP dan Damkar Tabalong Gelar Lomba Pos Kamling

TANJUNG, kontrasonline.com – Memperingati HUT Republik Indonesia ke 77 tahun ini banyak lomba-lomba yang akan digelar baik oleh masyarakat maupun organisasi dan instansi pemerintah. Di...

Sumur Bor Mengeluarkan Gas Belum Ditutup

TANJUNG, kontrasonline.com - Semburan gas di pipa sumur bor milik warga di desa Jirak RT 3 kecamatan Pugaan saat ini belum dilakukan penutupan oleh...

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Wakil Bupati Tabalong Lantik 3 Kepala Desa PAW

TANJUNG, kontrasonline.com - Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi melantik tiga orang pengganti antar waktu (PAW) kepala desa, Kamis (11/8). PAW kepala desa ini dilakukan untuk...

Kecelakaan Di Tugu Obor, Dua Korban Dibawa Ke RSUD HBK

Dalam minggu ini sudah terjadi tiga kali kecelakaan TANJUNG, kontrasonline.com - Kecelakaan lalu lintas di kawasan monumen Tanjung Puri atau Tugu Obor kelurahan Mabu'un kecamatan...

Berikut Kriteria Penilaian Lomba Pos Kamling di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Dalam pelaksanaan lomba Pos Kamling ada sejumlah kategori yang harus diperhatikan bagi peserta yang ikut berpartisipasi. Kasatpol-PP dan Damkar Tabalong, Abdul Halim...

Noor Farida Minta Fasilitas Olah Raga di Selatan Tabalong Diperhatikan

TANJUNG, kontrasonline.com - Fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang masih dianggap minim khususnya di wilayah Selatan Bumi Saraba Kawa mendapat sorotan anggota DPRD Tabalong. Hj....

Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran di Lahan Kosong Desa Karangan Putih

TANJUNG, kontrasonline.com – Kebakaran lahan terjadi di desa Karangan Putih RT 06 kecamatan Kelua pada Selasa (9/8) siang kemarin.  Lahan milik warga setempat yang terbakar...
error: Maaf, Content is protected !!