Kamis, Agustus 11, 2022

Ada PKL, ayo benahi koperasi

ktr-kemenkop-300x172Menjadi tenaga penyuluh koperasi lapangan bukan cita-citanya tapi kecintaan terhadap koperasi membuatnya terjun sebagai penyuluh bergabung dengan dua orang yang juga terpilih sebagai penyuluh koperasi lapangan (PKL)

Suyatno, A.Md (31) setiap hari berangkat ke kantor  Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten  Tabalong dari rumahnya di desa Simpung Layung Kecamatan Muara Uya jika ditempuh dengan kendaraan roda dua memakan waktu satu jam.

Ia bersama dua orang rekannya, Hardi Pramana Putra, SE dan Rimta Sari, SE  selalu hadir ke kantor Disperindagkop untuk “ngantor” sebelum turun ke koperasi-koperasi yang ada di desa.

“ satu bulan minimal tiga koperasi yang harus kita datangi “ jelasnya.

Mereka mendatangi koperasi untuk mendata dan memberikan penyuluhan kepada pengurus dan anggotanya serta mendorong mereka agar semangat menghidupkan koperasi.

“terutama masalah rapat anggota tahunan yang terus kita dorong agar koperasi melaksanakannya karena RAT sebagai salah satu tolok ukur kesehatan sebuah koperasi” terang pria yang lebih senang di sapa Yatno itu.

Di Tabalong terangnya, ada 97 koperasi yang berbadan hukum, 65 koperasi tergolong aktif dan 32 koperasi tidak aktif.

Koperasi – koperasi yang tidak aktif ini menjadi sasaran utama dari tugas PKL, tidak peduli koperasi tersebut berada di pelosok Tabalong.

Suka duka menjadi tenaga penyuluh koperasi dirasakan mereka dari jarak tempuh yang jauh hingga tidak menemukan alamat koperasi. “koperasi di Jaro yang kita datangi selama ini adalah koperasi yang paling jauh, untungnya infrastruktur jalan yang baik , jarak jauh seperti tidak begitu terasa” ceritanya.

Tidak jarang juga mereka mendapat tanggapan sinis dari pengurus koperasi bahkan ada yang mengatakan tugas mereka hanya mendata saja tanpa memberikan bantuan modal.

“kami menganggap itu biasa saja karena wajar banyak yang belum mengerti kalau mereka sudah mengerti mereka tidak akan mengucapkan itu” terangnya.

Pernah juga Ia dan rekannya seharian tidak bertemu dengna koperasi padahal alamatnya tertulis jelas tapi dilapangan justru tidak ada yang tahu kalau ditempat mereka ada koperasi.

Kekompakan dan rasa kekeluargaan dari rekan PKL ini yang membuat mereka tetap semangat untuk melaksanakan tugasnya sehingga jarak dan rintangan di jalan tidak dirasa.

“syukurnya lagi Pemkab Tabalong melalui Disperindagkop memberikan perhatian dengan memberikan bantuan uang transport dalam bentuk SPPD” jelasnya dengan mata berbinar.

Bagi koperasi yang ingin mendapatkan penyuluhan bagaimana agar koperasinya sehat bisa menghubungi petugas PKL yang diutus oleh kementerian koperasi nah tunggu apa lagi ayo benahi koperasi kita “hubungi saja kita, kami ada di kantor Disperindagkop setiap hari kerja” ujarnya.

Ia berharap dapat terus melaksanakan tugasnya memberikan penyuluhan ke koperasi “ melihat koperasi kembali bergeliat sudah membuat kami senang dan bangga” ucapnya menutup cerita (na)

Artikel terkait

Kecelakaan Di Tugu Obor, Dua Korban Dibawa Ke RSUD HBK

Dalam minggu ini sudah terjadi tiga kali kecelakaan TANJUNG, kontrasonline.com - Kecelakaan lalu lintas di kawasan monumen Tanjung Puri atau Tugu Obor kelurahan Mabu'un kecamatan...

Meriahkan HUT RI ke 77, Satpol-PP dan Damkar Tabalong Gelar Lomba Pos Kamling

TANJUNG, kontrasonline.com – Memperingati HUT Republik Indonesia ke 77 tahun ini banyak lomba-lomba yang akan digelar baik oleh masyarakat maupun organisasi dan instansi pemerintah. Di...

Sumur Bor Mengeluarkan Gas Belum Ditutup

TANJUNG, kontrasonline.com - Semburan gas di pipa sumur bor milik warga di desa Jirak RT 3 kecamatan Pugaan saat ini belum dilakukan penutupan oleh...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

tetap terhubung

8,590FansSuka
3,370PengikutMengikuti

Berita Terkini

Wakil Bupati Tabalong Lantik 3 Kepala Desa PAW

TANJUNG, kontrasonline.com - Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi melantik tiga orang pengganti antar waktu (PAW) kepala desa, Kamis (11/8). PAW kepala desa ini dilakukan untuk...

Kecelakaan Di Tugu Obor, Dua Korban Dibawa Ke RSUD HBK

Dalam minggu ini sudah terjadi tiga kali kecelakaan TANJUNG, kontrasonline.com - Kecelakaan lalu lintas di kawasan monumen Tanjung Puri atau Tugu Obor kelurahan Mabu'un kecamatan...

Berikut Kriteria Penilaian Lomba Pos Kamling di Tabalong

TANJUNG, kontrasonline.com – Dalam pelaksanaan lomba Pos Kamling ada sejumlah kategori yang harus diperhatikan bagi peserta yang ikut berpartisipasi. Kasatpol-PP dan Damkar Tabalong, Abdul Halim...

Noor Farida Minta Fasilitas Olah Raga di Selatan Tabalong Diperhatikan

TANJUNG, kontrasonline.com - Fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang masih dianggap minim khususnya di wilayah Selatan Bumi Saraba Kawa mendapat sorotan anggota DPRD Tabalong. Hj....

Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran di Lahan Kosong Desa Karangan Putih

TANJUNG, kontrasonline.com – Kebakaran lahan terjadi di desa Karangan Putih RT 06 kecamatan Kelua pada Selasa (9/8) siang kemarin.  Lahan milik warga setempat yang terbakar...
error: Maaf, Content is protected !!